Selasa, 30 September 2014

Kumpulan Mutiara Salaf (27)

Apakah Sedekah Yang Paling Mulia?

Berkata Abu Darda - semoga Allah meridhai beliau- :

" Tidaklah seseorang itu bersedekah  dengan yang lebih mulia dibandingkan nasihat yang dia sampaikan kepada sekelompok orang, lalu sekelompok orang itu membubarkan diri. Dan Allah telah memberikan manfaat pada mereka dengan nasihatnya."

[Fatawa Ibnu Taimiyah, 14/212]

Alih bahasa: Abu Muhammad Hasan

افضل الصدقة، ماهي؟

قال أبو الدرداء رضي الله عنه :

"ما تصدق رجل بصدقة
أفضل من موعظة يعظ بها جماعة فيتفرقون وقد نفعهم الله بها"

[ فتاوى ابن تيمية (٢١٢/١٤) ]

WA Salafy Lintas Negara
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

HAYATUS SALAF

MEMERANGI HAWA NAFSU

قيل لجعفر المرتعش :
إن فلانا يمشي علی الماء . فقال: إن من مكنه الله من مخالفة هواه فهو أعظم من المشي علی الماء

Telah dikatakan kepada Ja'far al Murta'isy:
"Sesungguhnya Si fulan memiliki kemampuan untuk bisa berjalan di atas air."

Maka beliau berkata:
"Sesungguhnya barangsiapa yang diberikan oleh Allah kemampuan untuk menyelisihi hawa nafsunya maka itu lebih mena'jubkan daripada berjalan di atas air"

------------
Sumber,
Kitab Hayãtus Salaf bainal Qowli wal 'Amal
Penyusun: Ahmad bin Nashir at Thiyar
Pustaka: Dar Ibnil Jauziy

http://ktibat.com/showsubject-حياة_السلف_بين_القول_والعمل-1405.html
----------

Alih bahasa: Abu Dawud al Pasimiy

WA Salafy Lintas Negara
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Berkata al-Fudhail bin ‘Iyadh –rahimahullah—

مَنْ أَحَبَّ صَاحِبَ بِدْعَةٍ، أَحبَطَ اللهُ عَمَلَهُ، وَأَخْرَجَ نُوْرَ الإِسْلاَمِ مِنْ قَلْبِهِ، لاَ يَرْتَفِعُ لِصَاحِبِ بِدْعَةٍ إِلَى اللهِ عَمَلٌ، نَظَرُ المُؤْمِنِ إِلَى المُؤْمِنِ يَجلُو القَلْبَ، وَنَظَرُ الرَّجُلِ إِلَى صَاحِبِ بِدْعَةٍ يُورِثُ العَمَى، مَنْ جَلَسَ مَعَ صَاحِبِ بِدْعَةٍ لَمْ يُعْطَ الحِكْمَةَ

Barangsiapa yang mencintai ahli bid’ah, niscaya Allah gugurkan amalannya dan Allah keluarkan cahaya Islam dari dalam kalbunya. Sungguh tidak ada amalan ahli bid’ah yang naik menuju Allah. Perhatian seorang mukmin kepada mukmin lainnya membuat kalbu menjadi tinggi. Dan perhatian seseorang kepada ahli bid’ah mewariskan kebutaan. Siapa yang bermajlis dengan ahli bid’ah, tidak akan dikaruniai hikmah

Siyar A’laamin Nubala’

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

MUKMIN CINTA AL-HAK (KEBENARAN)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahmatullah ‘alaihi berkata, "Seorang mukmin, kalimat al-hak (kebenaran) membuatnya ridha baik mendukung maupun menggugatnya sementara kalimat batil membuatnya benci baik mendukung maupun menggugatnya karena Allah Tabaraka wa Ta'ala mencintai al-hak dan kejujuran serta membenci kedustaan dan kezhaliman.

Jika dikatakan kepadanya, ‘Al-Hak, kejujuran, dan keadilan yang Allah Ta'ala cintai, ia pun mencintainya walaupun menyelisihi hawa nafsunya. Karena hawanya (keinginannya) benar-benar mengikuti apa yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa'ala alihi wasallam.

Jika dikatakan kepadanya, ‘Kezhaliman dan kebatilan, Allah membencinya, dia pun membencinya walaupun sesuai dengan hawa nafsunya." [Majmu' Fatawa 10/600]

وَالْمُؤْمِنُ تُرْضِيهِ كَلِمَةُ الْحَقِّ لَهُ وَعَلَيْهِ، وَتُغْضِبُهُ كَلِمَةُ الْبَاطِلِ لَهُ وَعَلَيْهِ؛ لِأَنَّ اللَّهَ تَعَالَى يُحِبُّ الْحَقَّ وَالصِّدْقَ وَالْعَدْلَ وَيُبْغِضُ الْكَذِبَ وَالظُّلْمَ. فَإِذَا قِيلَ: الْحَقُّ وَالصِّدْقُ وَالْعَدْلُ الَّذِي يُحِبُّهُ اللَّهُ أُحِبُّهُ وَإِنْ كَانَ فِيهِ مُخَالَفَةُ هَوَاهُ. لِأَنَّ هَوَاهُ قَدْ صَارَ تَبَعًا لِمَا جَاءَ بِهِ الرَّسُولُ. وَإِذَا قِيلَ: الظُّلْمُ وَالْكَذِبُ فَاَللَّهُ يُبْغِضُهُ وَالْمُؤْمِنُ يُبْغِضُهُ وَلَوْ وَافَقَ هَوَاهُ.
مجموع الفتاوى:
(10/600)

Faedah dari : abu bakr jombang

WA thullab fyusy & SLN
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

قال الفضيل بن عياض رحمه الله :

إن لله عبادا
تحيا بهم البلاد
وهم أصحاب السنة .

[ الإبانة لابن بطة (١٧٥/١) ]

Al-Fudhail bin 'Iyadh berkata

Sesungguhnya Allah memiliki para hamba, sebuah negri akan makmur dengan sebab mereka. Merekalah ahlussunnah.

(Al-Ibanah karya Ibnu Battah:1/175)

قال علي رضي الله عنه :

الناس ثلاثة :
● عالم رباني
● ومتعلم على سبيل نجاة
○ وهمج رعاع غوغاء
أتباع كل ناعق
يميلون مع كل ريح .

[ الفقيه والمتفقه (1/94) ]

Ali bin Abi Thalib berkata

Manusia itu ada tiga
•Alim Rabbani
•Seorang yang mempelajari agama di atas jalan keselamatan.
•Seorang yang liar, rendahan, jelata, pengikut semua...., yang condong bersama setiap angin yang berhembus.

(Al-Faqih wal Mutafaqqih:1/94)

قال الخطيب البغدادي رحمه الله :

وكثرة المزاح والضحك :

■ تضع من القدر
■ وتزيل المروءة .

[ الجامع لأخلاق الراوي (1/156) ]

Al-Khatib al-Baghdadi --rahimahullah-- berkata

Banyak bercanda dan tertawa akan
•Merendahkan kedudukan
•dan menghilangkan kewibawaan.

(Al-Jami' Li Akhlaqir Rawi:1/156)

قال أبو الدرداء رضي الله عنه :

● كن عالما
● أو متعلما
● أو محبا
● أو متبعا

○ ولا تكن الخامس فتهلك .

قال الحسن :
الخامس المبتدع .

[ سنن البيهقي (277) ]

Abud Darda' --radhiyallahu 'anhu-- berkata

•Jadilah seorang alim
•Atau thalibul ilmi
•Atau yang mencintai ilmu, alim, dan thalibul ilmi
•Atau yang mengikuti mereka.
Dan janganlah menjadi yang kelima, karena engkau akan binasa.

Al-Hasan berkata, "Yang kelima adalah ahli bid'ah.
(Sunan al-Baihaqi:277)

قال عبد الله بن مسعود رضي الله عنه :

ليس العلم بكثرة الرواية

ولكن العلم :
الخشية .

[ صفة الصفوة (1/190) ]

Abdullah bin Mas'ud --radhiyallahu 'anhu-- berkata,

Bukanlah ilmu dengan banyaknya riwayat. Yang namanya ilmu adalah rasa takut kepada Allah.

(Sifatush Shafwah:1/190)

قال عمر بن عبد العزيز رحمه الله :

من عمل بغير علم :
كان ما يفسد
أكثر مما يصلح .

[ الزهد للإمام أحمد (506) ]

Umar bin Abdil Aziz berkata,

Barangsiapa yang beramal tanpa ilmu, niscaya yang ia rusak akan lebih banyak ketimbang yang diperbaiki.

(Az-Zuhd karya Imam Ahmad:506)

قال الله تعالى :

{ اتقوا الله حق تقاته }

قال ابن مسعود رضي الله عنه :

■ أن يطاع فلا يعصى
■ وأن يشكر فلا يُكفر
■ وأن يذكر فلا ينسى .

[ الرقاق لابن المبارك (273) ]

Allah berfirman
اتقوا الله حق تقاته
Bertakwalah kalian dengan sebenar-benarnya takwa

Ibnu Mas'ud --radhiyallahu 'anhu-- menafsirkan,

•Agar ditaati, bukan dimaksiati
•Agar disyukuri, bukan dikufuri
•Agar dingat-ingat, bukan dilupakan

(Ar-Riqaq karya Abdullah bin Mubarak:273)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

[Ibnu Syihab --rahimahullah-- berkata,

الزهد في الدنيا أن لا يغلب الحرام صبرك، ولا الحلال شكرك

Zuhud terhadap dunia adalah agar sebuah keharaman tidak mengalahkan kesabaranmu dan sebuah kehalalan tidak mengalahkan rasa syukurmu

Jami' Bayanil 'Ilmi Wa Fadhlihi 1/584.

WA Salafy Lintas Negara

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar