******
Silsilah Pendidikan Anak
MENDIKTEKAN ANAK-ANAK SEJAK KECIL
✍ Fadhilatus syaikh Al-'Allamah Sholeh Al-Fawzan -hafizhohulloh- :
❝ Adalah metode kaum Salaf yang shaleh: mereka mentalqin (membacakan dan mendiktekan) kepada anak-anak dari kecil, dan mereka ajarkan kepada anak-anak aqidah, fiqih hingga mereka tumbuh di atas pendidikan tersebut; karena anak kecil menghafal terhadap apa yang disampaikan kepadanya lebih banyak dari orang dewasa...
⏱ Dan demikianlah seharusnya bagi muslimin di keumuman waktu: agar mereka memberikan perhatian kepada anak-anak kecil mereka dan mentalqin anak-anak aqidah dan fiqih,
✋ berbeda dengan apa yang disebutkan oleh para praktisi pendidikan dari barat hari ini dalam ucapan mereka: "sesungguhnya anak-anak tidak boleh diberi pelajaran bagi mereka sedikitpun dari materi agama; karena mereka tidak akan dapat memikul beban tersebut,"
dan ini adalah TIPU MUSLIHAT untuk menjadikan anak-anak muslimin tumbuh berkembang di atas kebodohan terhadap agama mereka dan aqidah mereka, [maka hendaknya memperhatikan yang demikian]. ❞
——○●※●○——
Syarah Muqoddimah Ibnu Abi Zaid Al-Qoyrowani Al-Malikiy -rahimahullah-.
ــــــــ
تلقين الأولاد من الصغر
قال فضيلة الشيخ العلامة صالح الفوزان -حفظه الله تعالى-:
(كانت طريقة السلف الصالح: أنهم يلقنون الأولاد من الصِّغَر، ويعلمونهم العقيدة والفقه حتى ينشؤوا على ذلك؛ لأن الصغير أحفظ لما يلقى إليه أكثر من الكبير..
وهكذا ينبغي للمسلمين في عموم الأوقات: أن يعتنوا بصغارهم ويلقنوهم العقيدة والفقه
بخلاف ما يذكره التربويون الغربيون اليوم من قولهم: إن الصغار لا يُذْكَر لهم شيء من أمور الدين؛ لأنهم لا يتحملون ذلك، فهذه (مكيدة) لأجل أن ينشأ أبناء المسلمين على الجهل بدينهم وعقيدتهم، (فينبغي التنبه لهذا)
_________
المصدر:
شرح مقدمة ابن أبي زيد القيرواني المالكي -رحمه الله-
_________
للاشتراك في قناة:
☀️ملتقى البيضاء☀️
عبر برنامج (التيليجرام)، يُرجى الضغط على الرابط التالي:
goo.gl/a8rJ5G
----------------------
Dikutip dari:
https://telegram.me/MutiaraASK
● ● ● ● ● ●
Majmu’ah Tarbiyatul Aulad ll https://telegram.me/TarbiyatulAulad
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar