SILSILAH FAWAID MUHIMMAH
‼️HUKUM-HUKUM TERKAIT PENGGUNAAN AIR ZAMZAM
Berkata Asy Saikh Badr Al Anazi Rahimahullah: “Menggunakan air Zamzam Untuk Bersuci (Thoharah) terbagi menjadi dua keadaan:
✅A. Digunakan Untuk Menghilangkan Hadats, dan ini ada dua keadaaan:
1. Digunakan untuk berwudhu, hukumnya adalah Jaiz (boleh) oleh mayoritas ulama, berdasarkan Hadits Ali radhiyallahu ‘anhu, : “Nabi meminta, satu timba besar air zam zam, beliau minum darinya dan berwudhu” (HR. Al Fakihi* dalam Kitab Akhbaru Makkah, dan di Hasankan Syaikh Al Albany dalam Al Irwa’).
✅2. Digunakan untuk Mandi , pada permasalahan ini terdapat perbedaan pendapat ulama yang Shohih adalah Boleh, yang demikian adalah pendapat mayoritas para ulama, berdasarkan hadits abu Jamrah Adh Dhuba’i, beliau berkata: “Aku duduk di majlis Ibnu Abbas Radhyallahu ‘anhuma di Makkah, kemudian aku terserang penyakit panas”. Lalu Ibnu Abbas berkata kepadaku “Dinginkanlah panas tersebut dengan air zam zam, karena Rasulullahu Shollallahu ‘alaihi wa Sallam berkata: “Demam panas (Al Humma) berasal dari panasnya Neraka Jahannam, maka dinginkan panas tersebut dengan air zamzam” (HR. Al Bukhari 3261).
☑️Berkata Al Imam Ibnu Qudamah Rahimahullah,
“Tidaklah makruh mandi dan berwudhu dengan air zam zam, karena Air Zamzam adalah air bersuci sehingga jadilah seperti air-air yang lain dan pendapat lain adalah makruh, pendapat pertama adalah lebih utama.” (Al Mughni 1/29).
✏️Catt: *Al Fakihi adalah Abu Abdillah Muhammad bin ishaq Al Makki, Al Faqihi Lahir 217 H , wafat 275 H.
Sumber: https://Telegram.me/baderAlbder
Ditulis oleh : Ustadz Abu Khuzaimah Al Fadanji Hafizhahullah
(Padang 20 Rabiul Awwal 1437 H, 1 januari 2016)
_____________
حالات استعمال ماء زمزم في الطهارة
الحالة الأولى:
استعمال ماء زمزم في رفع الحدث.
وله حالتان:
•أولاهما: استعماله في الوضوء، وهذا جائز عند أكثر أهل العلم.
لحديث علي -رضي الله عنه-
أن النبي -ﷺ-:
«دعا بسجل من ماء زمزم ، فشرب منه وتوضأ»١.
•ثانيهما: استعماله في الغسل، وهذا فيه خلاف، والصحيح الجواز، وبه قال أكثر أهل العلم.
لحديث أبي جمرة الضبعي قال: كنت أُجالس ابن عباس-رضي الله عنه- بمكة فأخذتني الحمى فقال أبردها عنك بماء زمزم فإن رسول الله -ﷺ- قال:
«الحمى من فيح جهنم فأبردوها بالماء أو قال بماء زمزم»٢.
-قال الإمام ابن قدامة:
"ولا يكره الوضوء والغُسل بماء زمزم لأنه ماء طهور فأشبه سائر المياه، وعنه يكره ، والأول أولى"٣.اهـ
__________
Hashtag:
#hukum_air_zamzam
Posting:
Jum'at, 1 Jan 2016
Jam 12.00 WIB
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Publikasi :
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Link Access :
https://bit.ly/SilsilatusSholihinPadang
---------------------------
https://telegram.me/SilsilatusSholihin
====================
Ⓜ️Ma'had Silsilatus Sholihin Padang
====================
SILSILAH FAWAID MUHIMMAH
‼️HUKUM-HUKUM TERKAIT PENGGUNAAN AIR ZAMZAM (2)
Asy Syaikh Badr hafizhahullah menjelaskan, "Menggunakan air zamzam untuk bersuci, ada dua keadaan,
✅PERTAMA: Digunakan untuk mengangkat hadats, dan ini juga terbagi menjadi dua :
(1) digunakan untuk wudhu
(2) digunakan untuk mandi (penjelasan bisa dilihat pada bagian pertama artikel ini)
Asy Syaikh Badar mengatakan keadaan yang KEDUA dalam penggunaan Air Zamzam untuk bersuci adalah penggunaannya untuk menghilangkan najis.
Pada permasalahan ini terdapat khilaf / perbedaan pendapat diantara para ulama,
‼️Sebagian mengatakan : penggunaannya untuk menghilangkan najis adalah makruh, ini adalah pendapat dari madzhab Hanbali dan selainnya. Berkata Al Allamah Ibnu Dhouyan: ”tidaklah makruh penggunaan air zamzam kecuali dalam penggunaannya untuk menghilangkan kotoran, sebagai bentuk penghormatan padanya” (Manarus Sabil 7/26).
Sebagian mengatakan : penggunaannya untuk menghilangkan najis adalah boleh.
☑️Berkata Al Allamah Ibnu Baz: ”Air Zamzam adalah air yang mulia dan mempunyai barakah yang banyak, berdasarkan banyak hadits yang shohih” (Ahkamul Musafir: 6).
Dalam sebuah hadits riwayat Muslim, bahwa Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam, mengatakan, tentang air zamzam,: “Air Zamzam adalah air yang penuh berkah (kebaikan yang banyak, pen), dan merupakan minuman yang mengenyangkan” (HR. Muslim: 2473).
➡️Dan terdapat tambahan pada riwayat Abu Daud, dengan sanad yang bagus,: “Penyembuh bagi penyakit”.
Dan ini adalah hadits-hadits yang shohih yang menunjukkan tentang keutamaan air zamzam, yaitu minuman yang mengenyangkan seperti makanan, penyembuh dari penyakit, dan mempunyai barakah /kebaikan yang banyak.
MAKA YANG DISUNNAHKAN:
MEMINUM AIR ZAMZAM, SEPERTI NABI PERNAH MEMINUMNYA, DIPERBOLEHKAN WUDHU’ DENGAN AIR ZAMZAM, & JUGA ISTINJA’ (CEBOK), DEMIKIAN JUGA MANDI JANABAH, JIKA MEMANG DIBUTUHKAN.
Telah Shohih dari Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa dari antara jari jemari beliau keluar air yang akhirnya air tersebut digunakan oleh orang-orang untuk memenuhi kebutuhan mereka, seperti: minum, berwudhu’, mencuci pakaian, instinja’, yang demikian itu semuanya dilakukan.
Sumber : https://telegram.me/baderAlbder
Alih bahasa oleh : Ustadz Abu Khuzaimah Al Fadanji Hafizhahullah
(Padang 21 Rabi’ul Awwal 1437 H, 2 januari 2016)
_____________
الحالة الثانية:
استعمال ماء زمزم في إزالة النجاسة.
وهذا فيه خلاف بين أهل العلم
قيل يكره استعماله في إزالة النجاسة، وهو قول الحنابلة وغيرهم.
-قال العلامة ابن ضويان:
"ولا يكره ماء زمزم إلا في إزالة الخبث، تعظيماً له"٧.اهـ
-وقيل يجوز استعماله في إزالة النجاسة-
- قال العلامة ابن باز:
"ماء زمزم قد دلت الأحاديث الصحيحة على أنه ماء شريف مبارك"٨.
وقد ثبت في صحيح مسلم أن النبي -ﷺ- قال في زمزم:
«إنها مباركة إنها طعام طعم»
و زاد في رواية عن أبي داود بسند جيد: «وشفاء سقم»
فهذا الحديث الصحيح يدل على فضل ماء زمزم وأنه طعام طعم وشفا سقم وأنه مبارك.
والسنة: الشرب منه كما شرب النبي -ﷺ- منه.
و يجوز الوضوء منه والاستنجاء وكذلك الغسل من الجنابة اٍذا دعت الحاجة اٍلى ذلك.
وقد ثبت عنه -ﷺ- أنه نبع الماء من بين أصابعه: ثم أخذ الناس حاجتهم من هذا الماء
ليشربوا ويتوضأوا وليغسلوا ثيابهم وليستنجوا كل هذا واقع.اهـ
______________
Hashtag:
#hukum_air_zamzam2
Posting:
Sabtu, 2 Jan 2016
Jam 12.00 WIB
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Publikasi :
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Link Access :
https://bit.ly/SilsilatusSholihinPadang
---------------------------
https://telegram.me/SilsilatusSholihin
====================
Ⓜ️Ma'had Silsilatus Sholihin Padang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar