○●○●○●○
Silsilah Rudud (Bantahan)
——————————————————
BANTAHAN ATAS PERNYATAAN: BAHWA IBNU TAIMIYYAH MEMBOLEHKAN BID'AH MAULID.
——————————————————
Fadhilatus syaikh DR. Robi' bin Hadi Al-Madkholi hafizhohulloh:
『 Adapun ucapan -Syaikhul Islam- Ibnu Taimiyyah di dalam "Iqtidho As-Shiroth Al-Mustaqim" (¹):
❝ Apa yang dilakukan oleh sebagian manusia:
● boleh jadi karena menandingi kaum nashrani di dalam perayaan kelahiran nabi Isa -'alaihis salam-,
● dan boleh jadi karena cinta kepada Nabi ﷺ dan pengagungan kepadanya.
Dan Allah akan memberikan pahala kepada mereka atas kecintaannya dan ijtihadnya ini, bukan atas kebid'ahan orang yang menjadikan maulid Nabi ﷺ sebagai hari raya. ❞
▪️ Maka yang beliau maksudkan ialah PAHALA ATAS KECINTAAN, Allah akan memberikan pahala kepada mereka atas kecintaannya kepada Nabi ﷺ BUKAN ATAS AMALANNYA, ini akan meringankan permasalahan, karena mereka menilai bahwa ungkapan tersebut (bermakna) diberi pahala atas amalan (maulid),
▪️ sekarang orang-orang yang menukilkan dari Ibnu Taimiyyah menilai bahwa Allah akan memberikan pahala atas amalan (maulid) ini, kenapa?
Karena (amalan tersebut) muncul atas dasar kecintaan kepada Nabi ﷺ,
▪️ maka disini Syaikhul Islam menjelaskan bahwa Allah tidak akan menerima ini karena amalan mubtadi', dan terkadang Allah memberikan pahala bagi mereka atas kecintaannya,
▪️ akan tetapi sekalipun atas dasar kecintaan ini yang membangkitkan penyelisihannya kepada Nabi ﷺ maka mereka tidak akan diberi pahala atas penyelisihannya,
▪️ kecintaan mereka kepada Nabi ﷺ secara umum selain pada perayaan ini akan bermanfaat bagi mereka insya Allah,
▪️ akan tetapi kecintaan ini tidaklah disyariatkan yang mendorong mereka untuk selalu melakukan kebid'ahan ini, ini tidak membuat mereka diberi pahala karenanya dan tidak ada kemuliaan atasnya,
▪️ dan Syaikhul Islam telah menyebutkan di tempat lain bahwa puncak dari perkara tersebut bahwa yang jahil di kalangan mereka diberi udzur, dan merugi dengan amalan ini maka tidaklah diterima darinya.
● Dan setiap masing-masing orang dapat diambil ucapannya dan ditolak, yakni sekalipun Syaikhul Islam maka dimintakan dalil bagi ucapannya,
● setiap orang dimintakan dalil bagi ucapannya kecuali Rasulullah ﷺ,
● beliau sendiri Syaikhul Islam mengatakan bahwa:
❝ setiap orang tidak dapat dijadikan hujjah akan tetapi dimintakan hujjah baginya. ❞(²),
● maka setiap orang apabila dia datang kepadamu dengan membawa sebuah ucapan maka katakan kepadanya: mana dalilmu? Bawakan buktimu! Dan jika dia tidak memiliki bukti maka jangan ambil ucapannya, semoga Allah mengampuninya, dan memaafkan dia,
● dan kita doakan kebaikan baginya, akan tetapi -demi Allah- tidak boleh, haram untuk mengikutinya dalam kesalahan. [Selesai].
________
(¹) Halaman 294.
(²) Diantaranya ucapan beliau di dalam "Majmu' Al-Fatawa" (26/202): "tidak dibenarkan bagi seseorang berhujjah dengan ucapan seseorang di dalam permasalahan yang diperselisihkan, akan tetapi hujjah adalah nash (dalil Alquran Assunnah), ijma', dan dalil yang disimpulkan dari sumber-sumber tersebut, yang pendahulunya ditetapkan dengan dalil-dalil syar'iyyah, bukan dengan pendapat-pendapat sebagian ulama, karena pendapat-pendapat ulama dimintakan dalil baginya dengan dalil-dalil syar'iyyah, bukan dijadikan hujjah atas dalil-dalil syar'iyyah. [Selesai] 』
——○●※●○——
'Aunul Bari Bi Bayan Ma Tadhommanahu Syarh Assunnah Li Al-Imam Al-Barbahari, karya syaikh Robi' bin Hadi Al-Madkholi halaman 364-365.
——————————————————
❍ الرد على من قال بان أبن تيمية يجيز بدعة المولد ؟! ❍
■ قال الشيخ ربيع حفظه الله :
● وأمّا قول - شيخ الإسلام - ابن تيمية في اقتضاء الصراط المستقيم (1) :" ما يحدثه بعض الناس ـ إما مضاهاة للنصارى في ميلاد عيسى - عليه السلام -، وإما محبة للنبي - صلى الله عليه وسلم -، وتعظيماً. والله قد يثيبهم على هذه المحبة والاجتهاد، لا على البدع من اتخاذ مولد النبي - صلى الله عليه وسلم - عيداً"
● فيعني الثواب على المحبة، يثيبهم على محبة النبي - صلى الله عليه وسلم - لا على العمل، هذا يخفف من المشكلة، لأنهم يرون أنه يثاب على العمل،
● الآن الذين ينقلون عن ابن تيمية يرون أن الله يثيب على هذا العمل، لماذا؟
لأنه ناشئ على محبة النبي- صلى الله عليه وسلم -،
● فهنا يصرح شيخ الإسلام أن الله لا يقبل هذا لعمل المبتدع، وإنما قد يثيبهم على المحبة،
● لكن حتى على هذه المحبة التى بَعثت على مخالفة النبي- صلى الله عليه وسلم - لا يثابون عليها،
● حبهم للنبي- صلى الله عليه وسلم - عموما في غير هذه المناسبة ينفعهم إن شاء الله،
● لكن هذا الحب غير المشروع الذي دفعهم إلى ممارسة هذه البدع، هذا لا يثابون عليه ولا كرامة،
● وقد ذكر شيخ الإسلام في موضع آخر أن غاية ما فيه أن الجاهل فيهم يعذر، ويخسر هذا العمل فلا يقبل منه.
● وكل يؤخذ من قوله ويرد، يعني حتى لو كان شيخ الإسلام فإنه يحتج لقوله،
● كل الناس يحتج لهم إلا رسول الله عليه الصلاة والسلام،
● هو شيخ الإسلام نفسه يقول بأن الرجال ما يحتج بهم إنما يحتج لهم(2)،
● فالرجل إذا جاءك بكلام قل له: أين دليلك؟ هات برهانك؟ فإذا ماكان عنده برهان فلا يؤخذ بقوله، غفر الله له، وسامحه،
● وندعو له، لكن ـــــ والله ـــــ ما يجوز، حرام أن نتبعه في الخطأ.أهـ
____________
(1) ص 294 ـــــــ طبعة النة بتحقيق محمد حامد الفقي
(2) منها قوله في مجموع الفتاوي (26_202): ليس لأحد يحتج بقول أحد في مسائل
النزاع، وإنما الحجة: النص، والإجماع، ودليل مستنبط من ذلك، تقرر مقدماته بالأدلة
الشرعية، لا بأقوال بعض العلماء، فإن أقوال العلماء يحتج لها بالأدلة الشرعية، لا يحتج
بها على الأدلة الشرعية. أهـ
❒ المصدر كتاب :عون الباري ببيان ماتضمّنه شرح السنّة للإمام البربهاري للشيخ ربيع بن هادي عمير المدخلي ص 364 ـــــ365
● بتنسيق ➢ @fawaid1 ➣
----------------------
Broadcast by :
Channel MutiaraASK :
http://bit.do/mutiaraASK
Website ASK :
http://bit.do/webASK
BBM Mutiara Salaf :
Pin:54ABD49E | Channel:C001C7FFE
➥ #rudud #maulid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar