Sabtu, 09 November 2019

Nama-Nama Neraka

๐Ÿ’๐Ÿ“Nama-Nama Neraka

Neraka (anNaar) memiliki banyak sifat dan karakteristik. Karena itu ia memiliki banyak nama. Masing-masing nama menunjukkan Sifat atau karakteristik tertentu. Berikut ini adalah sebagian nama-nama Neraka dan contoh penyebutannya dalam alQuran atau hadits Nabi:

1. Jahannam (dari kata ‘juhmah’)  - demikian gelap keadaaannya, demikian dalam dasarnya.

ู‚ُู„ْ ู„ِู„َّุฐِูŠู†َ ูƒَูَุฑُูˆุง ุณَุชُุบْู„َุจُูˆู†َ ูˆَุชُุญْุดَุฑُูˆู†َ ุฅِู„َู‰ ุฌَู‡َู†َّู…َ ูˆَุจِุฆْุณَ ุงู„ْู…ِู‡َุงุฏُ

Katakanlah kepada orang-orang kafir: Kalian akan dikalahkan dan akan digiring bersama-sama menuju Jahannam, dan itu adalah seburuk-buruk tempat menetap (Q.S Ali Imran ayat 12)

Sedemikian dalamnya dasar Neraka (Jahannam), disebutkan dalam sebuah hadits:

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ู‡ُุฑَูŠْุฑَุฉَ ู‚َุงู„َ ูƒُู†َّุง ู…َุนَ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฅِุฐْ ุณَู…ِุนَ ูˆَุฌْุจَุฉً ูَู‚َุงู„َ ุงู„ู†َّุจِูŠُّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุชَุฏْุฑُูˆู†َ ู…َุง ู‡َุฐَุง ู‚َุงู„َ ู‚ُู„ْู†َุง ุงู„ู„َّู‡ُ ูˆَุฑَุณُูˆู„ُู‡ُ ุฃَุนْู„َู…ُ ู‚َุงู„َ ู‡َุฐَุง ุญَุฌَุฑٌ ุฑُู…ِูŠَ ุจِู‡ِ ูِูŠ ุงู„ู†َّุงุฑِ ู…ُู†ْุฐُ ุณَุจْุนِูŠู†َ ุฎَุฑِูŠูًุง ูَู‡ُูˆَ ูŠَู‡ْูˆِูŠ ูِูŠ ุงู„ู†َّุงุฑِ ุงู„ْุขู†َ ุญَุชَّู‰ ุงู†ْุชَู‡َู‰ ุฅِู„َู‰ ู‚َุนْุฑِู‡َุง 

Dari Abu Hurairah –semoga Allah meridhainya- ia berkata: Kami pernah bersama Rasulullah shollallahu alaihi wasallam ketika mendengar suara sesuatu yang jatuh. Nabi shollallahu alaihi wasallam bersabda: Apakah kalian tahu apa itu? Kami berkata: Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu. Nabi bersabda: Itu adalah batu yang dilemparkan ke Neraka sejak 70 tahun lalu ia terjatuh di Neraka hingga saat ini baru tiba di dasarnya (H.R Muslim)

2. al-Huthomah: yang menghancurkan

Salah satu nama Neraka adalah al-Huthomah, karena akan menghancurkan dan meluluhlantakkan setiap yang dilemparkan ke dalamnya.

ูƒَู„َّุง ู„َูŠُู†ْุจَุฐَู†َّ ูِูŠ ุงู„ْุญُุทَู…َุฉِ

Sekali-kali tidak, sungguh ia akan dilemparkan ke dalam al-Huthomah (Neraka yang menghancurkan)(Q.S al-Humazah ayat 4)

3. Jahiim : Api yang sangat besar 

ูˆَุฅِู†َّ ุงู„ْูُุฌَّุงุฑَ ู„َูِูŠ ุฌَุญِูŠู…ٍ

Dan sesungguhnya orang-orang fajir (banyak berbuat dosa) sungguh akan berada dalam Jahiim (Neraka yang apinya sangat besar)(Q.S al-Infithaar ayat 14)

4. Saqor: Api yang sangat panas

ูŠَูˆْู…َ ูŠُุณْุญَุจُูˆู†َ ูِูŠ ุงู„ู†َّุงุฑِ ุนَู„َู‰ ูˆُุฌُูˆู‡ِู‡ِู…ْ ุฐُูˆู‚ُูˆุง ู…َุณَّ ุณَู‚َุฑَ 

Pada hari saat mereka diseret bertumpu pada wajahnya menuju Neraka, (dikatakan kepada mereka) rasakanlah (adzab) Saqor (Neraka yang apinya sangat panas)(Q.S al-Qomar ayat 48)

Disebutkan dalam hadits tentang kadar panas api Neraka:

ู†َุงุฑُูƒُู…ْ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„َّุชِูŠ ูŠُูˆู‚ِุฏُ ุงุจْู†ُ ุขุฏَู…َ ุฌُุฒْุกٌ ู…ِู†ْ ุณَุจْุนِูŠู†َ ุฌُุฒْุกًุง ู…ِู†ْ ุญَุฑِّ ุฌَู‡َู†َّู…َ ู‚َุงู„ُูˆุง ูˆَุงู„ู„َّู‡ِ ุฅِู†ْ ูƒَุงู†َุชْ ู„َูƒَุงูِูŠَุฉً ูŠَุง ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ู‚َุงู„َ ูَุฅِู†َّู‡َุง ูُุถِّู„َุชْ ุนَู„َูŠْู‡َุง ุจِุชِุณْุนَุฉٍ ูˆَุณِุชِّูŠู†َ ุฌُุฒْุกًุง ูƒُู„ُّู‡َุง ู…ِุซْู„ُ ุญَุฑِّู‡َุง

Api kalian ini yang dinyalakan oleh Anak Adam adalah 1 dari 70 bagian panasnya (Neraka) Jahannam. Mereka (para Sahabat) berkata: Jika seperti itu, niscaya sudah cukup wahai Rasulullah (api dunia saja sudah sangat menyiksa, pent). Beliau bersabda: Sesungguhnya ditambahi enampuluh sembilan bagian, masing-masing seperti panasnya (H.R al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah) 

5. Ladzhoo : Api yang menyala-nyala 

ูƒَู„َّุง ุฅِู†َّู‡َุง ู„َุธَู‰

Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah Ladzhoo (Neraka yang apinya menyala-nyala)(Q.S al-Ma’aarij ayat 15)

6. Haawiyah : yang menukik jatuh, disebut demikian karena yang dimasukkan ke dalamnya dijatuhkan dari ketinggian hingga menukik jatuh.

ูˆَุฃَู…َّุง ู…َู†ْ ุฎَูَّุชْ ู…َูˆَุงุฒِูŠู†ُู‡ُ (8) ูَุฃُู…ُّู‡ُ ู‡َุงูˆِูŠَุฉٌ (9)

Adapun orang-orang yang ringan timbangan amal kebaikannya (lebih berat keburukannya), maka tempat kembalinya adalah Haawiyah (Neraka)(Q.S al-Qoori’ah ayat 8-9)

7. as-Sai’iir: Api yang dinyalakan

ูَุงุนْุชَุฑَูُูˆุง ุจِุฐَู†ْุจِู‡ِู…ْ ูَุณُุญْู‚ًุง ู„ِุฃَุตْุญَุงุจِ ุงู„ุณَّุนِูŠุฑِ 

Mereka pun mengakui dosa mereka, maka sungguh jauhlah (dari rahmat Allah) bagi penghuni as-Sa’iir (Neraka yang menyala-nyala)(Q.S al-Mulk ayat 11)

(dikutip dari buku "Surga yang Dirindukan Neraka yang Ditakutkan", Abu Utsman Kharisman, penerbit atTuqa Yogyakarta)

๐Ÿ’ก๐Ÿ’ก๐Ÿ“๐Ÿ“๐Ÿ’ก๐Ÿ’ก
WA al I'tishom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar