Senin, 02 April 2018

KEDUDUKAN ASY-SYAIKH AL-'ALLAMAH 'UBAID AL-JABIRY DAN PARA 'ULAMA SECARA UMUM

🔎 *KEDUDUKAN ASY-SYAIKH AL-'ALLAMAH 'UBAID AL-JABIRY DAN PARA 'ULAMA SECARA UMUM* ✒

🎙Oleh Al-'Allamah Doktor 'Abdullah bin 'Abdurrahim al-Bukhari -hafizhahullah wa ra'ahu wa saddadah-.

📄Pertanyaan,
Penanya berkata :

"Semoga Allah membaguskan anda, wahai syaikh kami, apa nasehat anda terhadap seseorang yang mencacat asy-Syaikh 'Ubaid -hafizhahullah- ?"

🔊Jawaban :

📌"Sungguh kami telah berbicara tentang hal ini beberapa kali. Dan hal ini tidaklah memudharatkan syaikh kami, orang-orang yang membicarakan tentang ahlul 'ilmi (orang-orang yang berilmu), baik asy-Syaikh 'Ubaid -hafizhahullah- maupun selain beliau dari kalangan 'ulama dan para syaikh sunnah yang murni maka tidaklah ia memudharatkan kecuali dirinya sendiri.

📖Tanpa diragukan lagi bahwa syaikh kami asy-Syaikh 'Ubaid adalah salah seorang dari kalangan para 'ulama. Semisal beliau dan selain beliau dari kalangan ahlul 'ilmi (orang-orang yang berilmu) yang terdahulu dan yang belakangan, orang-orang lama maupun yang sezaman itu bisa benar dan bisa salah. Dan kami tidak mensucikan beliau dari adanya salah sedangkan kebenaran lebih berhak untuk diikuti. Apabila terjadi pada beliau suatu kesalahan, maka prasangka pada beliau adalah bahwa syaikh tidaklah menyengaja untuk menyelisihi al-haq, tetapi hal itu bukan maksudnya beliau tidak salah, beliau salah seperti al-Imam Ahmad -rahimahullah- salah, sebagaimana al-Imam Asy-Syafi'i salah, dan sebagaimana selainnya dari para 'ulama yang mulia sebelum beliau salah.

📕Apabila kita mendalami terjadinya hal tersebut pada para imam terdahulu yang mulia, sebagaimana al-Imam Al-Bukhari, dan sungguh hal ini telah dijelaskan oleh Ibnu Abi Hatim di dalam (kitab) "Al-Jarhu wat Ta'dil" penjelasan tentang kesalahan al-Bukhari di dalam kitab "Tarikh" nya kemudian ini dicetak dan digabungkan dengan "At-Tarikhul Kabir" milik al-Imam Al-Bukhari -rahimahullah-, dicetak dan digabungkan bersamanya.

🖊Apabila yang seperti ini terjadi pada seorang 'alim yang mulia dan seorang imam yang memiliki kemampuan semisal al-Imam Al-Bukhari dan ini terdapat pada selainnya -rahmatullah 'alaihim jami'an-, maka persangkaan terhadap mereka adalah bahwa mereka tidaklah menyengaja untuk terjatuh pada kesalahan dan berijtihad (berpandangan dengan ilmu yang mencukupi untuk itu, _pent_) dalam mencocoki al-haq, dan terkadang mereka menyelisihi al-haq sehingga mereka salah ! Mereka berijtihad tetapi tidak menepati kebenaran.

🛡Hal ini apabila ditinjau dari keumuman, maka secara khusus apabila memang seperti itu, sesungguhnya asy-Syaikh ('Ubaid) termasuk 'ulama islam dan ahlus sunnah. Sehingga orang yang berkata tentang beliau, sungguh ia telah mengganggu dirinya sendiri. Asy-Syaikh bukanlah orang yang ma'sum dari kesalahan bukan pula orang yang jauh dari ketergelinciran ; karena beliau adalah manusia. Ucapan seperti ini diucapkan terhadap beliau begitu pula selain beliau dari para 'ulama sunnah terdahulu maupun belakangan.

💡Akan tetapi, tanpa diragukan lagi bahwa celaan-celaan yang dimanfaatkan oleh sebagian manusia karena sebuah kesalahan yang syaikh dan selain beliau terjatuh padanya dan di atas kesalahan itu mereka membangun istana-istana dan bangunan-bangunan bertingkat, mereka hanyalah menginginkan sesuatu yang terdapat pada diri mereka yang menunjukkan akan penyakit, kotoran, dan kerendahan. Sebagaimana orang yang melakukan itu terhadap Syaikhul Islam al-Imam 'Abdul 'Aziz bin 'Abdillah bin Baaz, berusaha mengintai sebagian kesalahan beliau. Atau sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian orang-orang yang sakit dan menyimpang terhadap Samahatul Imam asy-Syaikh al-'Allamah Muhammad al-'Utsaimin, atau sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian orang-orang yang sesat terhadap Samahatul Imam al-Muhaddits Al-Albany -rahimahullah-, dan seterusnya baarakallahu fiikum.

💐Orang terdahulu tidak selamat dari kejadian ini, maka bagaimana orang-orang setelah mereka selamat. Dan hanya kepada Allah tempat mengadu, na'am.

📚 Dipetik dari nasehat dan arahan Fadhilatusy Syaikh 'Abdullah al-Bukhari -hafizhahullah- untuk orang-orang tunisia, 15 Rabi'ul Awwal 1439 H.

💐💐💐〰〰〰〰💐💐💐

✍ - مكانة الشيخ العلامة عبيد الجابري حفظه الله، والدفاع عنه وعن سائر علماء الأمة أثابهم الله :

▪للعلامة الدكتور عبدالله بن عبدالرحيم البخاري - حفظه الله تعالى ورعاه وسدده - .

● الســـــــؤال :
يقول السائل أحسن الله إليكم شيخنا ما نصيحتكم في الذين يلمزون في الشيخ عبيد حفظه الله؟

● الجـــــــواب :
قد تكلمنا مرارا حول هذا و شيخنا لا يضرّه هذا و من تكلم في أهل العلم سواءً الشيخ عبيد حفظه الله أو غيره من علماء السُّنة المحضة و مشايخ السُّنة لا يضرّ إلا نفسه و لا شكّ أن شيخنا الشيخ عبيد عالم من العلماء يصيب و يخطئ مثله مثل غيره من أهل العلم السابقين و اللّاحقين من القُدامى و المُعاصرين و لا ننزّهه عن الخطأ و الحقّ أحقّ بالإتباع و إذا ما وقع في خطإ فالظنّ به حفظه الله أنه لا يتعمّد مخالفة الحق لكن لا يعني ذلك أنه لا يخطئ ، يخطئ كما أخطأ أحمد رحمه الله و كما أخطأ الشافعي وكما أخطأ غيره من العلماء قبله الأجِلّاء فإذا جوّزنا وقوع ذلك من أئمة أجِلّاء في من تقدّم كالبخاري و قد بيّن هذا بن أبي حاتم في الجرح و التعديل بيان خطأ البخاري في تاريخه ثم طُبع هذا و أُلحق بالتاريخ الكبير للبخاري رحمه الله مطبوع معه مُلحق به . فإذا كان هذا يقع من عالم جليل و إمام قدير كالإمام البخاري و هذا موجود في غيره رحمة الله عليهم جميعا فالظنّ بهم أنهم لا يتعمّدون وقوعهم في الخطأ و يجتهدون في إصابة الحقّ و لربما خالفوه فأخطؤا إجتهدوا و لم يُصيبوا فإذا كان هذا من حيث العموم و بالإختصاص فإذا كان كذلك أن الشيخ من علماء الإسلام و أهل السنة فالمتكلّم فيه قد آذى نفسه و الشيخ غير معصوم من الخطأ و لا بعيد عن الزلل لأنه بشر و هذا القول يقال فيه و يقال في غيره من علماء الإسلام سابقا و لاحقا لكن لا شك أن الطعونات التي يستغلها بعض الناس في خطإ وقع فيه الشيخ أو غيره و يبنون على ذلك القصور و العلالي إنما يريدون أشياء في نفوسهم تدلّ على مرض و قذارة و دناءة كمن يفعل ذلك مع شيخ الإسلام الإمام عبد العزيز بن عبد الله بن باز في من يقتنص بعض أخطائه أو كما يفعله بعض المرضى و الزائغين مع سماحة الإمام الشيخ العلامة محمد العثيمين أو كما يفعله بعض الضالين مع سماحة الإمام المحدِّث الألباني رحمه الله و هكذا بارك الله فيكم لم يسلم من هذا النيل من تقدّم فكيف يسلم من جاء بعدهم و إلى الله المشتكى ، نعم .

▪️مقتطف من الكلمة التوجيهية لفضيلة الشيخ الدكتور عبد الله البخاري حفظه الله لأهل تونس ١٥ربيع الأول ١٤٣٩ .

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

*WhatsApp SaLaM || Salafy Makassar*
_Mempererat Ukhuwah dengan Salam_

🔵 *Channel Telegram* https://t.me/salafymakassar

🖥  *Website* http://salafymakassar.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar