Jumat, 10 Januari 2020

Neraka Sangat Marah Kepada Orang yang Akan Dimasukkan Ke Dalamnya

๐Ÿ’๐Ÿ“Neraka Sangat Marah Kepada Orang yang Akan Dimasukkan Ke Dalamnya

Neraka adalah juga makhluk yang taat dan tunduk kepada Allah. Dia marah pada orang-orang yang dimurkai Allah.
Saat masih di jarak yang sangat jauh, Neraka melihat kepada orang-orang kafir dengan kemarahan. Sampai-sampai terdengar jelas suara kemarahan yang mengerikan itu keluar dari Neraka dari jarak yang sangat jauh. Mendengar suara mengerikan itu mereka sangat ketakutan seakan-akan hampir copot jantungnya (disarikan dari Adhwaaul Bayaan dan Tafsir as-Si’diy).

ุฅِุฐَุง ุฑَุฃَุชْู‡ُู…ْ ู…ِู†ْ ู…َูƒَุงู†ٍ ุจَุนِูŠุฏٍ ุณَู…ِุนُูˆุง ู„َู‡َุง ุชَุบَูŠُّุธًุง ูˆَุฒَูِูŠุฑًุง 

Apabila Neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kemarahannya dan suara nyalanya (zafir) (Q.S al-Furqaan ayat 12)

Itu adalah keadaan saat masih jauh terlihat. Neraka sudah sangat marah. Lalu bagaimana ketika orang-orang tersebut dilemparkan ke dalam Neraka?! Semoga Allah melindungi kita dari Neraka.

ุฅِุฐَุง ุฃُู„ْู‚ُูˆุง ูِูŠู‡َุง ุณَู…ِุนُูˆุง ู„َู‡َุง ุดَู‡ِูŠู‚ًุง ูˆَู‡ِูŠَ ุชَูُูˆุฑُ (7) ุชَูƒَุงุฏُ ุชَู…َูŠَّุฒُ ู…ِู†َ ุงู„ْุบَูŠْุธِ ...(8) 

Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara Neraka yang mengerikan, sedang Neraka itu menggelegak . Hampir-hampir (Neraka) itu terpecah-pecah lantaran sangat marah (Q.S al-Mulk ayat 7-8) 

Pada ayat yang lain Allah menjelaskan bahwa Neraka itu memanggil orang-orang yang memang akan memasukinya. Yaitu orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dengan hatinya dan berpaling dari mengerjakan amal sholih dengan anggota tubuhnya. Ditambah lagi mereka suka mengumpulkan harta dan bersikap kikir tidak mau mengeluarkan di jalan Allah.

ุชَุฏْุนُูˆุง ู…َู†ْ ุฃَุฏْุจَุฑَ ูˆَุชَูˆَู„َّู‰ (17) ูˆَุฌَู…َุนَ ูَุฃَูˆْุนَู‰ (18) 

Neraka memanggil orang-orang yang mendustakan (ayat Allah) dengan hatinya dan berpaling dengan anggota tubuhnya, serta mengumpulkan (harta) dan tidak mengeluarkannya (Q.S al-Ma’aarij ayat 17-18)

Ada orang-orang beriman yang saat akan diseret ke dalam Neraka, ia meminta perlindungan kepada Allah dari Neraka. Allah pun memerintahkan Neraka untuk tidak melalapnya. Demikian juga seseorang yang benar-benar yakin akan rahmat Allah. Disebutkan pula dalam hadits bahwasanya suara gelegak nyala api Neraka itu benar-benar mengerikan. Tidak ada seorang pun yang mendengarnya kecuali ia merasa takut.

ุนَู†ِ ุงุจْู†ِ ุนَุจَّุงุณٍ، ู‚َุงู„َ: ุฅِู†َّ ุงู„ุฑَّุฌُู„َ ู„َูŠُุฌَุฑُّ ุฅِู„َูŠ ุงู„ู†َّุงุฑِ، ูَุชَู†ْุฒَูˆِูŠ، ูˆَูŠَู†ْู‚َุจِุถُ ุจَุนْุถُู‡َุง ุฅِู„َู‰ ุจَุนْุถٍ، ูَูŠَู‚ُูˆْู„ُ ู„َู‡َุง ุงู„ุฑَّุญْู…ู†ُ: ู…َุง ู„َูƒَ؟ ูَุชَู‚ُูˆْู„ُ: ุฅِู†َّู‡ُ ู„َูŠَุณْุชَุฌِูŠْุฑُ ู…ِู†ِّูŠ! ูَูŠَู‚ُูˆْู„ُ: ุฃَุฑْุณِู„ُูˆْุง ุนَุจْุฏِูŠ. ูˆَุฅِู†َّ ุงู„ุฑَّุฌُู„َ ู„َูŠُุฌَุฑُّ ุฅِู„ู‰ ุงู„ู†َّุงุฑِ، ูَูŠَู‚ُูˆْู„ُ: ูŠَุง ุฑَุจِّ ู…َุง ูƒَุงู†َ ู‡َุฐุง ุงู„ุธَّู†ّ ุจِูƒَ؟ ูَูŠَู‚ُูˆْู„ُ: ู…َุง ูƒَุงู†َ ุธَู†ُّูƒَ؟ ูَูŠَู‚ُูˆْู„ُ: ุฃَู†ْ ุชَุณَุนَู†ِูŠ ุฑَุญْู…َุชُูƒَ، ู‚َุงู„َ: ูَูŠَู‚ُูˆْู„ُ ุฃَุฑْุณِู„ُูˆุง ุนَุจْุฏِูŠ. ูˆَุฅِู†َّ ุงู„ุฑَّุฌُู„َ ู„َูŠُุฌَุฑُّ ุฅِู„َู‰ ุงู„ู†َّุงุฑِ، ูَุชَุดْู‡َู‚ُ ุฅِู„َูŠْู‡ِ ุงู„ู†َّุงุฑ ุดُู‡ُูˆْู‚َ ุงู„ْุจَุบْู„َุฉ ุฅِู„َู‰ ุงู„ุดَّุนِูŠْุฑِ، ูˆَุชَุฒْูَุฑُ ุฒَูْุฑَุฉً ู„ุงَ ูŠَุจْู‚َู‰ ุฃَุญَุฏٌ ุฅِู„َّุง ุฎَุงูَ.

Dari Ibnu Abbas –semoga Allah meridhainya- ia berkata: Sesungguhnya seseorang benar-benar diseret menuju Neraka, kemudian Neraka melipat satu sama lain. arRahmaan berkata: Ada apa denganmu? Neraka berkata: Sesungguhnya ia meminta perlindungan (kepadaMu) dariku. Allah berfirman: Lepaskanlah hambaKu. Sesungguhnya seseorang benar-benar diseret menuju Neraka, kemudian ia berkata: Wahai Rabb, apakah persangkaanku ini kepadaMu? Allah bertanya: Apakah persangkaanmu? Orang itu berkata: Engkau melimpahkan rahmatMu kepadaku. Allah berfirman: Lepaskanlah hambaKu. Sesungguhnya seseorang benar-benar diseret menuju Neraka, hingga Neraka bersuara gemuruh seperti gemuruh suara baghal yang memakan gandum, dan Nereka mengeluarkan suara gelegak nyalanya yang tidak menyisakan seorangpun kecuali ia takut (riwayat atThobariy, dinyatakan sanadnya shahih oleh Ibnu Katsir) 

(dikutip dari buku "Surga yang Dirindukan, Neraka yang Ditakutkan", Abu Utsman Kharisman, penerbit atTuqa Yogya)

๐Ÿ’ก๐Ÿ’ก๐Ÿ“๐Ÿ“๐Ÿ’ก๐Ÿ’ก
WA al I'tishom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar