Sabtu, 07 Desember 2019

KEDUDUKAN HADITS MENGADZANI BAYI SETELAH LAHIR

KEDUDUKAN HADITS MENGADZANI BAYI SETELAH LAHIR

Pertanyaan di group al-I’tishom sebelumnya:

Bagaimana kedudukan hadits mengadzani bayi setelah lahir?

๐Ÿ’กJawaban:

Hadits mengadzani bayi setelah lahir memiliki 3 jalur periwayatan utama.

✅Riwayat jalur pertama:

ุนَู†ْ ุนُุจَูŠْุฏِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุจْู†ِ ุฃَุจِูŠ ุฑَุงูِุนٍ ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠู‡ِ ู‚َุงู„َ ุฑَุฃَูŠْุชُ ุฑَุณُูˆู„َ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุฃَุฐَّู†َ ูِูŠ ุฃُุฐُู†ِ ุงู„ْุญَุณَู†ِ ุจْู†ِ ุนَู„ِูŠٍّ ุญِูŠู†َ ูˆَู„َุฏَุชْู‡ُ ูَุงุทِู…َุฉُ ุจِุงู„ุตَّู„َุงุฉِ

Dari Ubaidillah bin Abi Rofi’ dari ayahnya beliau berkata: Saya melihat Rasulullah shollallahu alaihi wasallam adzan di telinga al-Hasan bin ‘Ali ketika dilahirkan Fathimah, dengan (adzan) sholat (H.R Ahmad, atTirmidzi, dan lainnya).

Jalur riwayat ini memiliki perawi bernama ‘Ashim bin Ubaidillah. Dia adalah perawi yang lemah menurut para Ulama. Abu Zur’ah dan Abu Hatim menyatakan dia adalah munkarul hadits. Sufyan bin Uyainah menyatakan: para syaikh menghindari hadits dari ‘Ashim bin Ubaidillah. Namun, Syu’bah bin al-Hajjaj meriwayatkan hadits darinya. Syu’bah bin al-Hajjaj dikenal sebagai seorang yang sangat selektif dalam mengambil periwayatan hadits. Al-Imam Malik heran dengan sikap Syu’bah bin al-Hajjaj yang mengambil periwayatan dari ‘Ashim bin Ubaidillah padahal dia adalah perawi yang lemah. Ibnu Hibban menyatakan bahwa ia lemah karena lemahnya hafalannya sehingga banyak salah. Ibnu ‘Adi menyatakan bahwa ia meski lemah, namun haditsnya ditulis (untuk dicari jalur penguat lainnya, pent). Al-‘Ijliy menyatakan bahwa ia tidak mengapa. Dimaklumi bahwa al-‘Ijliy termasuk Ulama yang bermudah-mudahan dalam penilaian terhadap perawi.

✅Riwayat jalur kedua:

ุนَู†ْ ุญُุณَูŠْู†ٍ ู‚َุงู„َ : ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆْู„ُ ุงู„ู„ู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ : ู…َู†ْ ูˆُู„ِุฏَ ู„َู‡ُ ูˆَู„َุฏٌ ูَุฃَุฐَّู†َ ูِูŠ ุฃُุฐُู†ِู‡ِ ุงู„ْูŠُู…ْู†َู‰ ูˆَุฃَู‚َุงู…َ ูِูŠ ุฃُุฐُู†ِู‡ِ ุงู„ْูŠُุณْุฑَู‰ ู„َู…ْ ุชَุถُุฑَّู‡ُ ุฃُู…ُّ ุงู„ุตِّุจْูŠَุงู†ِ

Dari Husain beliau berkata: Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang dilahirkan untuknya seorang anak, kemudian dia mengadzani di telinga kanan dan iqomat di telinga kiri, maka tidak akan memudhorotkannya Ummus Shibyaan (Jin yang mengikutinya atau hembusan angin)(H.R Abu Ya’la)

Di dalam sanad riwayat ini terdapat perawi yang bernama Marwan bin Salim al-Ghiffary yang dinyatakan matruk (ditinggalkan) oleh al-Haytsamiy dalam Majmauz Zawaaid. Ibnu Abi Hatim pernah bertanya kepada ayahnya, Abu Hatim tentang Marwan bin Salim al-Ghiffariy ini. Abu Hatim menyatakan: munkarul hadits jiddan, dhaiful hadits. Maka Ibnu Abi Hatim bertanya: Apakah haditsnya ditinggalkan? Abu Hatim menyatakan : Tidak. Tapi haditsnya ditulis (sebagai pertimbangan jika ada jalur penguat lain, pent)(al-Jarh wat Ta’diil (8/275)).

✅Riwayat jalur ketiga:

ุนَู†ِ ุงุจْู†ِ ุนَุจَّุงุณٍ : ุฃَู†َّ ุงู„ู†َّุจِูŠَّ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ :  ุฃَุฐَّู†َ ูِูŠ ุฃُุฐُู†ِ ุงู„ْุญَุณَู†ِ ุจْู†ِ ุนَู„ِูŠٍّ ูŠَูˆْู…َ ูˆُู„ِุฏَ ูَุฃَุฐَّู†َ ูِูŠ ุฃُุฐُู†ِู‡ِ ุงู„ْูŠُู…ْู†َู‰ ูˆَุฃَู‚َุงู…َ ูِูŠ ุฃُุฐُู†ِู‡ِ ุงู„ْูŠُุณْุฑَู‰

Dari Ibnu Abbas bahwa Nabi shollallahu alaihi wasallam adzan di telinga al-Hasan bin ‘Ali pada hari kelahirannya. Beliau adzan di telinga kanan dan iqomat di telinga kiri (H.R al-Baihaqiy dalam Syuabul Iman dan beliau menyatakan bahwa sanad hadits ini lemah)

Jalur periwayatan ini memiliki perawi yang bernama Muhammad bin Yunus al-Kudaimiy. Ibnu Hibban menyatakannya sebagai pemalsu hadits. Demikian juga Abu Dawud mengkategorikannya sebagai pendusta. Sedangkan Ahmad bin Hanbal menyatakan bahwa dulunya Muhammad bin Yunus al-Kudaimiy adalah dikenal baik dan haditsnya baik. Tidaklah didapati ada cela darinya kecuali karena ia bersahabat dengan Sulaiman asy-Syaadzakuuniy (Tahdziibut Tahdziib karya al-Hafidz Ibn Hajar (9/476)). Sedangkan Sulaiman asy-Syaadzakuuniy dikenal sebagai pendusta.

๐Ÿ“„๐Ÿ”นKetiga jalur periwayatan di atas masing-masingnya lemah. Namun yang menjadi perbedaan pendapat para Ulama adalah : bisakah ketiga jalur itu saling menguatkan sehingga paling tidak sampai derajat hasan? Syaikh al-Albaniy awalnya menghasankan hadits itu dalam Sunan atTirmidzi, namun setelah beliau mengkaji ulang beliau menilai bahwa riwayat Abu Rofi’ (jalur riwayat pertama) tidak bisa dikuatkan dengan jalur lain karena perawi-perawi yang pendusta. Beliau kemudian melemahkannya dalam Silsilah ad-Dhaifah. Syaikh Abdul Muhsin al-Abbad sepertinya cenderung pada pendapat Syaikh al-Albany yang terakhir ini dalam syarh Sunan Abi Dawud.

Sedangkan sebagian Ulama’ menyatakan bahwa adzan di telinga kanan bayi yang baru lahir bisa diamalkan. Jalur – jalur periwayatan yang ada bisa menguatkan.

Ulama yang berpendapat demikian di antaranya: atTirmidzi, al-Hakim, anNawawiy, Ibnu Qudamah, Ibnul Qoyyim, al-Mubarokfuriy penulis Tuhfatul Ahwadzi, asy-Syaukaaniy dalam Tuhfatudz Dzaakiriin, Syaikh Muhammad bin Ibrohim (mufti Saudi terdahulu), Syaikh Abdullah bin Abdil Aziz bin ‘Aqiil, Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin, Syaikh Abdul Aziz arRaajihiy. Sepertinya pendapat para Ulama ini adalah pendapat yang rajih, karena memang jalur-jalur periwayatan tersebut bisa menguatkan.

Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin dalam salah satu fatwanya berpendapat bahwa adzan di telinga bayi adalah sunnah, sedangkan iqomat tidak. Beliau menyatakan:

ุงู„ุฃุฐุงู† ุนู†ุฏ ูˆู„ุงุฏุฉ ุงู„ู…ูˆู„ูˆุฏ ุณู†ุฉ ูˆุฃู…ุง ุงู„ุฅู‚ุงู…ุฉ ูุญุฏูŠุซู‡ุง ุถุนูŠู ูู„ูŠุณุช ุจุณู†ุฉ ูˆู„ูƒู† ู‡ุฐุง ุงู„ุฃุฐุงู† ูŠูƒูˆู† ุฃูˆู„ ู…ุง ูŠุณู…ุน ุงู„ู…ูˆู„ูˆุฏ ูˆุฃู…ุง ุฅุฐุง ูุงุช ูˆู‚ุช ุงู„ูˆู„ุงุฏุฉ ูู‡ูŠ ุณู†ุฉ ูุงุช ู…ุญู„ู‡ุง ูู„ุง ุชู‚ุถู‰

Adzan ketika kelahiran anak adalah sunnah sedangkan iqomat haditsnya lemah, bukan sunnah. Akan tetapi adzan ini adalah pertama kali yang didengar oleh anak yang dilahirkan. Adapun jika terlewat waktu kelahirannya, sunnah tersebut tidaklah diqodho’ (diganti di waktu lain) (Fataawa Nuurun Alad Darb (228/9)).

Wallaahu A’lam.

(Abu Utsman Kharisman)

๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ธ๐Ÿ”ท๐Ÿ”ถ๐Ÿ”น๐Ÿ”น
WA al-I'tishom

Klik Join
⏩ Channel Telegram
https://t.me/Nasehat_islamii




Tidak ada komentar:

Posting Komentar