Jumat, 02 Maret 2018

Bab Hutang dan Hukum-Hukumnya

๐Ÿ“š Fiqh Ringkas

๐Ÿ“œ *Bab Hutang dan Hukum-Hukumnya.*

✅ุจุงุจ ููŠ ุฃุญูƒุงู… ุงู„ู‚ุฑุถ

✅ุงู„ู‚ุฑุถ ู„ุบุฉ: ุงู„ู‚ุทุน؛ ู„ุฃู† ุงู„ู…ู‚ุฑุถ ูŠู‚ุทุน ุดูŠุฆุง ู…ู† ู…ุงู„ู‡ ูŠุนุทูŠู‡ ู„ู„ู…ู‚ุชุฑุถ،

✅ูˆุชุนุฑูŠูู‡ ุดุฑุนุง: ุฃู†ู‡ ุฏูุน ู…ุงู„ ู„ู…ู† ูŠู†ุชูุน ุจู‡ ูˆูŠุฑุฏ ุจุฏู„ู‡.

✅ูˆู‡ูˆ ู…ู† ุจุงุจ ุงู„ุฅุฑูุงู‚ ูˆู‚ุฏ ุณู…ุงู‡ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู…ู†ูŠุญุฉ؛ ู„ุฃู†ู‡ ูŠู†ุชูุน ุจู‡ ุงู„ู…ู‚ุชุฑุถ، ุซู… ูŠุนูŠุฏู‡ ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ู‚ุฑุถ.

✅ูˆุงู„ุฅู‚ุฑุงุถ ู…ุณุชุญุจ ูˆููŠู‡ ุฃุฌุฑ ุนุธูŠู…؛ ู‚ุงู„ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: "ู…ุง ู…ู† ู…ุณู„ู… ูŠู‚ุฑุถ ู…ุณู„ู…ุง ู‚ุฑุถุง ู…ุฑุชูŠู† ุฅู„ุง ูƒุงู† ูƒุตุฏู‚ุฉ ู…ุฑุฉ"، ุฑูˆุงู‡ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡.

✅ูˆู‚ุฏ ู‚ูŠู„: ุฅู† ุงู„ู‚ุฑุถ ุฃูุถู„ ู…ู† ุงู„ุตุฏู‚ุฉ؛ ู„ุฃู†ู‡ ู„ุง ูŠู‚ุชุฑุถ ุฅู„ุง ู…ุญุชุงุฌ، ูˆููŠ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู„ุตุญูŠุญ: "ู…ู† ู†ูุณ ุนู† ู…ุณู„ู… ูƒุฑุจุฉ ู…ู† ูƒุฑุจ ุงู„ุฏู†ูŠุง؛ ู†ูุณ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูƒุฑุจุฉ ู…ู† ูƒุฑุจ ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ".

✅ูุงู„ู‚ุฑุถ ูุนู„ ู…ุนุฑูˆู، ูˆููŠู‡ ุชูุฑูŠุฌ ู„ู„ุถุงุฆู‚ุฉ ุนู† ุงู„ู…ุณู„ู…، ูˆู‚ุถุงุก ู„ุญุงุฌุชู‡.
ูˆู„ูŠุณ ุงู„ุงู‚ุชุฑุงุถ ู…ู† ุงู„ู…ุณุฃู„ุฉ ุงู„ู…ูƒุฑูˆู‡ุฉ؛ ูู‚ุฏ ุงู‚ุชุฑุถ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู….

✅ Pengertian Hutang (Al-Qardh) secara bahasa adalah Al-Qath’u yang berarti memotong. Seorang yang memberi pinjaman memotong sebagian hartanya untuk diserahkan kepada orang yang meminjam,

๐Ÿ“š Sedangkan secara istilah syar’i makna Al-Qardh ialah menyerahkan harta  kepada orang lain yang akan memanfaatkannya kemudian orang tersebut mengembalikan  sebagai gantinya.

✔ Pinjaman merupakan bentuk tolong-menolong dan kasih sayang. Rasul ๏ทบ Menamainya dengan Maniihah/Anugerah sebab peminjamnya mendapat manfaat kemudian mengembalikan kepada yang meminjamkan.

๐Ÿ’Ž Memberi pinjaman hukumnya sunnah dan memperoleh pahala besar, Nabi ๏ทบ bersabda :

: "ู…ุง ู…ู† ู…ุณู„ู… ูŠู‚ุฑุถ ู…ุณู„ู…ุง ู‚ุฑุถุง ู…ุฑุชูŠู† ุฅู„ุง ูƒุงู† ูƒุตุฏู‚ุฉ ู…ุฑุฉ"، ุฑูˆุงู‡ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡.

Artinya :
_“Tidaklah seorang muslim memberi pinjaman kepada sesamanya dua kali pinjaman. Melainkan seperti bersedekah satu kali kepadanya”_
(Hadits Hasan Riwayat Ibnu Majah No 2430)

✅ Bahkan ada yang menyebutkan pinjaman itu lebih utama dari sedekah, sebab seseorang tidak akan menghutang melainkan sangat butuh.

✔ Dalam Hadits Shahih Disebutkan :

ู…ู† ู†ูุณ ุนู† ู…ุณู„ู… ูƒุฑุจุฉ ู…ู† ูƒุฑุจ ุงู„ุฏู†ูŠุง؛ ู†ูุณ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูƒุฑุจุฉ ู…ู† ูƒุฑุจ ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ"

Artinya :
_“Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allah akan melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat”_
(Hadits Riwayat Bukhariy No 2442)

✅ Jadi memberi pinjaman adalah perbuatan yang baik yang dapat menyelesaikan kesulitan sesama muslim dan memenuhi keperluanya. Meminjam bukanlah perbuatan meminta- minta yang tercela karena Rasul ๏ทบ juga pernah melakukanya.

๐Ÿ“ Akhukum Fillah Mahad Annashihah Cepu, dikutip dari (Kitab Mulakhos Fiqh Syaikh Sholeh Bin Fauzan _hafidzahullah_)

๐Ÿ“ฑ@Pesantren Online

๐Ÿ“‘✒ _Al-Ustadz Abu Amina_ ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡

➖ ➖ ➖ ➖ ➖
๐Ÿ•Œ _“Tetaplah hadir di majelis ilmu syar'i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan barokah lebih banyak dan lebih besar, insyaAllah.”_

๐Ÿ“ฒ *TURUT PUBLIKASI* :
➖➖➖➖➖➖➖➖➖
*Fawaaid, Info Khatib Jum'at & Kajian Dauroh (Tabligh Akbar) di BARLINGMASCAKEB dan Sekitarnya* :
๐Ÿ“š https://telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin

*Unduh Video Fawaid, Audio Kajian/Dauroh* :
๐Ÿ“ฅ https://telegram.me/AKSI_AudioKajianSalafyIndonesia


๐Ÿ“š Fiqh Ringkas 


๐Ÿ“œ *Jangan mudah berhutang dan kewajiban orang yang berhutang untuk menjelaskan kondisinya dalam pelunasan hutangnya.*


✅ ูˆ ู‚ุงู„ ุงู„ุดูŠุฎ ุงุจู† ุนุซูŠู…ูŠู† ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ :"ูู„ู‡ุฐุง ูŠู†ุจุบูŠ ู„ู„ุฅู†ุณุงู† ุฃู† ู„ุง ูŠู‚ุชุฑุถ ุฅู„ุง ู„ุฃู…ุฑ ู„ุง ุจุฏ ู…ู†ู‡ .ู‡ุฐุง ุฅุฐุง ูƒุงู† ู„ู‡ ูˆูุงุก ؛ ุฃู…ุง ุฅุฐุง ู„ู… ูŠูƒู† ู„ู‡ ูˆูุงุก ، ูุฅู† ุฃู‚ู„ ุฃุญูˆุงู„ู‡ ุงู„ูƒุฑุงู‡ุฉ ، ูˆุฑุจู…ุง ู†ู‚ูˆู„ ุจุงู„ุชุญุฑูŠู… ، ูˆููŠ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุญุงู„ ูŠุฌุจ ุนู„ูŠู‡ ุฃู† ูŠุจูŠู† ู„ู„ู…ู‚ุฑุถ ุญุงู„ู‡ ؛ ู„ุฃุฌู„ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุงู„ู…ู‚ุฑุถ ุนู„ู‰ ุจุตูŠุฑุฉ "

["ุงู„ุดุฑุญ ุงู„ู…ู…ุชุน ู„ุงุจู† ุนุซูŠู…ูŠู† ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡" (9/95)]


✅ Syaikh ibnu 'Utsaimin _rahimahullah_ berkata :


_“Oleh sebab itu tidak sepantasnya orang itu berhutang kecuali dalam perkara yang memang mendesak itupun jika dia mampu melunasinya, adapun apabila dia tidak mampu untuk melunasi, maka hukum paling ringannya berhutang pada saat itu adalah makruh bahkan munkin kami katakan haram. itupun dalam kondisi seperti ini tidak ada yang dia andalkan untuk melunasi wajib baginya untuk menjelaskan kondisinya pada orang yang akan menghutanginya sehingga yang menghutanginya dalam kejelasan akan menghutangi atau tidak._


๐Ÿ“ Akhukum Fillah Dipondok Annashihah Cepu, dikutip dari (Syarhul mumti' 9/95)


๐Ÿ“ฑ@Pesantren Online


๐Ÿ“‘✒ _Al-Ustadz Abu Amina_ ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡


➖ ➖ ➖ ➖ ➖

๐Ÿ•Œ _“Tetaplah hadir di majelis ilmu syar'i (tempat pengajian) untuk meraih pahala dan barokah lebih banyak dan lebih besar, insyaAllah.”_


๐Ÿ“ฒ *TURUT PUBLIKASI* :

➖➖➖➖➖➖➖➖➖

*Fawaaid, Info Khatib Jum'at & Kajian Dauroh (Tabligh Akbar) di BARLINGMASCAKEB dan Sekitarnya* :

๐Ÿ“š https://telegram.me/Riyadhus_Salafiyyin


*Unduh Video Fawaid, Audio Kajian/Dauroh* : 

๐Ÿ“ฅ https://telegram.me/AKSI_AudioKajianSalafyIndonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar