Sabtu, 25 November 2017

CARA MEMBANTAH PARA SUFI EKSTRIM SEPUTAR SYUBHAT PERAYAAN MAULID NABI

⛔ *CARA MEMBANTAH PARA SUFI EKSTRIM SEPUTAR SYUBHAT PERAYAAN MAULID NABI* ❌

💺 Mufti: asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah

❓ Pertanyaan:"Bila kaum Sufi yang ekstrem dan yang sejenis dengan mereka mengklaim bahwasanya keutamaan hari Senin karena Nabi ﷺ memerintahkan untuk berpuasa di hari itu dan menjelaskan keutamaannya, maka memperingati maulid setiap tahunnya dalam rangka mengingat beliau tentunya lebih utama lagi (dilakukan). Lalu apa yang harus kami jawab terhadap mereka?"

📌 Syaikh:"Aku katakan, bila mereka ingin merayakannya terkait dengan hari Senin, maka seharusnya mereka memperingatinya setiap pekan. Kenapa harus ada pengkhususan?"

🗓 Penanya:"Karena keutamaan hari Senin. Sebab beliau ﷺ dilahirkan pada hari itu"

Syaikh:"Mungkin yang kau maksud perayaan maulud?"

Penanya:"Betul"

Syaikh:"Jelas begitu?"

Penanya:"Tidak ada keraguan lagi"

👉🏻 Syaikh:"Mereka mengatakan: sesungguhnya Rasulullah ﷺ bersabda:(itu adalah hari dimana aku dilahirkan). Hadits ini menunjukkan agungnya hari tersebut, bukan (keagungan) hari Senin. Sebab hari kelahiran Rasulullah ﷺ bukanlah hari Senin, tetapi 12 Rabi'ul Awal sebatas keyakinan mereka."

✅ Akan tetapi kita katakan:"Sesungguhnya Rasulullah ﷺ apabila kita menetapkan agungnya hari kelahiran beliau, dengan cara bagaimana beliau mengagungkannya? Dengan berpuasa. Apakah beliau mengagungkan hari itu dengan perayaan yang mungkar ini? Maka ini adalah bantahan terhadap mereka, bukan hujjah yang membela mereka.

👍🏻 Kita katakan:"Jika kalian jujur dalam berittiba' (mengikuti) Rasulullah ﷺ, maka agungkanlah hari itu dengan cara beliau mengagungkannya yakni dengan berpuasa. Kemudian tidak warid (datang riwayat) bahwasanya beliau mengagungkan hari kelahiran beliau. Akan tetapi yang beliau kehendaki, beliau hendak menjelaskan bahwasanya Allah Ta’ala telah menjadikan pada hari itu sesuatu yang sangat penting bagi Bani Adam, yaitu: bahwasanya beliau dilahirkan di hari tersebut, diutus (sebagai Rasul) di hari tersebut, dan diturunkan al-Qur'an di hari itu pula.

❌ Aku katakan pula pada mereka:"Jika demikian, seharusnya kalian juga mengadakan hari duka cita dan berkabung. Karena Rasulullah ﷺ wafat pada hari Senin."

🍋 Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)

🖊 Penerjemah: Abu Abdillah Rahmat

🔎 Muraja'ah: Al-Ustadz Kharisman hafizhahullah

🗓 6 Rabi'ul Awwal 1439
      25 November 2017

🇸🇦 Arabic

اتباع السنة نجاة:
🔘 كيفية الرد على غلاة الصوفية في شبهة الاحتفال بالمولد 🔘

❍ لِلشَّــيْخ العَلّامـَـة ❍
مُحَمَّدٌ بنُ صَالِحُ العُثَيْمِين
     -رَحِــمَهُ الله- :

❪✵❫ السُّـــ↶ــؤَال:

【لو ادعى غلاة الصوفية وأشباههم بأن فضل يوم الإثنين أن النبي ﷺ أمر بصيامه وبيان فضله، وأن الاحتفال بذكراه سنويا من باب أولى، فماذا نرد عليهم؟】

الشّيْــــــخ :-
أقول إذا كانوا يريدون أن يحتفلوا بيوم الإثنين فالواجب أسبوعيا. لماذا يخصص

  السّـــــائل :-
لفضل يوم الإثنين لأنه ولد فيه.

الشّيْــــــخ :- لعلك تريد المولد؟

السـّــــائل :- نعم.

الشّيْــــــخ :- صرح به.

السـّــــائل :- لا هم.

❪✵❫ الجَــ↶ـــوَابُ:

❒ هم يقولون: إن الرسول ﷺ يقول: ذاك يوم ولدت فيه يدل على تعظيم اليوم الذي ولد فيه لا على يوم الإثنين؛ لأن مولد الرسول ﷺ ليس يوم الإثنين سيكون (12) ربيع على ما يعتقدون.

لكن نقول: إن الرسول ﷺ إذا قدرنا أنه عظم اليوم الذي ولد فيه، فبماذا عظمه؟ بالصيام، هل عظمه بهذا الاحتفال المنكر؟ فهذا حجة عليهم وليس حجة لهم.

نقول: إذا كنتم صادقين باتباع الرسول ﷺ فعظموه بما عظمه به وهو الصيام. ثم الرسول ﷺ لم يرد أن يعظم اليوم الذي ولد فيه، لكن أراد أن يبين أن الله تعالى جعل في هذا اليوم أشياء مهمة لبني آدم وهي: أنه ولد فيه، وبعث فيه، وأنزل عليه فيه.

وأقول لهم :- « إذاً أقيموا الحزن والمأتم لأن الرسول ﷺ مات يوم الإثنين. »

📚 سلسلة لقاءات الباب المفتوح لقاء الباب المفتوح (٨٦)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar