Selasa, 07 November 2017

Sebab-Sebab Yang Mendatangkan Cinta Alloh Ta'ala


🌷Nasehat Salaf Ringkas

✅Untukmu Yang Gersang Dan tandus Hatinya Renungilah Nasehat Ini

🍃Sebab-Sebab Yang Mendatangkan Cinta Alloh Ta'ala

✅Bismillah,

Saudaraku yang budiman, Setiap insan beriman menginginkan cinta sang penguasa yang maha rahman, dimana kecintaan ini tak akan diraih tanpa mengetahui dan menjalankan sebab-sebab yang mendatangkan kecintaan kepada-Nya, dengan sebab sebab tersebut Alloh Subhana wa ta’ala akan membalas kecintaan kita, tentu dengan memiliki niat yang kuat, bukti yang nyata & keistiqomahan yang teruji dalam mengamalkan sebaba sebab tersebut.

Sungguh banyak bukti kemajuan iman dan amal sholeh seorang hamba dengan menjalankan sebab-sebab yang akan kita jadikan inti bahasan ini,

Maka ketahuilah wahai saudaraku bahwa sebab-sebab yang mendatangkan kecintaan itu sebagaimana disebutkan Ibnul Qoyim Rahimahulloh :

✅Pertama:

أحدها: قراءة القرآن بالتدبر والتفهم لمعانيه وما أريد به.

Membaca Alquran Alkarim dengan tadabur serta memahami makna-maknanya seperti yang dikehendaki.

✅Kedua :

الثاني: التقرب إلى الله تعالى بالنوافل بعد الفرائض.

Mendekatkan diri kepada Alloh Subhana wa ta’ala dengan mengerjakan  amalan- amalan sunnah sesudah mengerjakan amalan- amalan yang  wajib ,

✅Ketiga:

الثالث: دوام ذكره على كل حال باللسان والقلب والعمل والحال، فنصيبه من المحبة على قدر هذا.

 Senantiasa mengingat (berdzikir) dan menyebut Asma-Nya dalam keadaan bagaimanapun, baik dalam hati maupun lisan, dalam perbuatan serta disetiap keadaan, Cinta yang didapatnya dipengaruhi oleh Dzikir  ini,

✅Keempat:

الرابع: إيثار محابه على محابك عند غلبات الهوى.

Lebih mementingkan cinta kepada Alloh Ta'ala dari pada cintamu pada saat engkau dikalahkan hawa nafsumu,

✅Kelima:

الخامس: مطالعة القلب لأسمائه وصفاته ومشاهدتها...

✅Mengarahkan perhatian hati kepada Asma dan Sifat-Nya, dan mempersaksikanya (Pent, Siapa yang mengetahui Alloh Aza wajal melalui sifat,asma’ dan perbuatan-Nya. tentu ia akan mencintai-Nya , Karena itu orang-orang  seperti Fir’aun dan Jahmiyah menjadi kan hatinya terhalang untuk mengenal Alloh).

✅Keenam :

السادس: مشاهدة بره وإحسانه ونعمه الظاهرة والباطنة.

Mempersaksikan dan menyebut-nyebut kebaikan, kemurahan, karunia, serta nikmat Alloh baik yang lahir maupun batin (Pent, karena yang demikian ini bisa memupuk cinta kepada Alloh Aza wa Jala).

✅Ketujuh:

السابع: – وهو أعجبها- انكسار القلب بين يديه.

Memasrahkan serta menghinakan diri secara total kepada Alloh Subhana wa Ta’ala.

✅Kedelapan :

الثامن: الخلوة وقت النزول الإلهي، وتلاوة كتابه ثم ختم ذلك بالاستغفار والتوبة

Menyendiri bermunajat kepada Alloh saat Dia turun kelangit Dunia, Memohon kepada-Nya, Membaca kalam-Nya menghadap dengan segenap hati kemudian menutup dengan istiqfar dan taubat kepadaNya.

✅Kesembilan :

التاسع: مجالسة المحبين الصادقين، والتقاط أطايب ثمرات كلامهم، ولا تتكلم إلا إذا ترجحت مصلحة الكلام وعلمت أن فيه مزيدا لحالك ومنفعة لغيرك.

Berkumpul dengan hamba-hamba lainya yang Mencintai-Nya dengan benar, memetik buah buah segar dari perkataan mereka, sebagaimana memetik buah segar dari pohonya, tidak berkata sehingga yakin perkataanya mendatangkan maslahat serta menambah kebaikan dan manfaat bagi saudara kamu yg lainya.

✅Kesepuluh:

 العاشر: مباعدة كل سبب يحول بين القلب وبين الله عز وجل . 

Menyingkirkan segala sebab yang dapat membuka jarak antara hati ini dengan Alloh Subhana wa ta’ala.

Allohua’lam bis showab.

📝Akhukum Fillah
Ma’had Salafiyah Annashihah Cepu

ditulis oleh al-ustadz Abu Amina Aljawiy

🌍Maraji’ Kitab Fathul Madjid Syarah Kitab Tauhid Syeihk Abdurahman Alu Syaikh, Madarijus Shalihin Ibnu Qayim Aljauziyah Rahimakumullah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar