Senin, 25 Juli 2016

Bagaimanakah Miskin Yang Dicintai Allah Ta'ala


BAGAIMANAKAH MISKIN YANG DICINTAI ALLAH TA'ALA
Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah:
Sesungguhnya miskin yang Allah tabaaraka wata'ala cintai dari hambaNya bukanlah kekurangan harta.
Akan tetapi adalah miskinnya hati yaitu hati yang tunduk pasrah, dan merasa rendah, khusyu', dan tawadhu' kepada Allah.
Miskin seperti ini tidaklah meniadakan kaya, juga tidak dipersyaratkan harus kurang harta,
Karena tunduk pasrahnya hati hanyalah karena Allah 'Azza wa Jalla,
☔️Miskinnya hati yang karena kegagungan Allah, dan kemuliaan-Nya, dan kesombonganNya, dan keagungan nama-namaNya dan sifat-sifatNya adalah lebih mulia daripada miskin berupa tidak adanya harta.
Sebagaimana sabar dari kemaksiatan kepada Allah dalam keadaan dia sukarela dan mampu melakukannya tapi karena takut kepada Allah, dan cinta kepada-Nya adalah lebih mulia daripada dia sabar karena dia memang kekurangan harta dan lemah/tidak ada kemampuan.
✏️Dan sungguh Allah telah memberi sekelompok dari Nabi-Nya dan Rasul-Nya kekayaan, kerajaan, dan tidak mengeluarkan yang demikian sebagai orang yang miskin di hadapan Allah 'Azza wa Jalla.
Sumber: 'Uddatush Shabirin (176)
Naskah dari channel Asy-Syaikh Fawaz Al-Madkhali hafizhahullah
قال ابن القيم رحمه الله : إن المسكنة التي يحبها الله ـ تبارك وتعالى ـ من عبده ليست فقر المال ، بل مسكنة القلب ، وهي انكساره ، وذله ، وخشوعه ، وتواضعه لله ، وهذه المسكنة لا تنافي الغنى ، ولا يشترط لها الفقر ، فإن انكسار القلب لله عز وجل ، ومسكنته لعظمته ، وجلاله ، وكبريائه، وأسمائه، وصفاته أفضل وأعلى من مسكنة عدم المال ، كما أن صبر الواجد عن معاصي الله طوعًا، واختيارًا، وخشية من الله، ومحبة له، أعلى من صبر الفقير العاجز، وقد آتى الله جماعة من أنبيائه ورسله الغنى ، والملك ، ولم يخرجهم ذلك عن المسكنة لله.  [عدة الصابرين / ص: 176].
Wallahu ta'ala a'lam bish-showab
Disajikan oleh Goresan Makkah
Join channel: http://bit.ly/makkahindonesia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar