Senin, 28 Desember 2015

Tanda-Tanda Diterimanya Amal

○●○●○●○
Renungan Pagi
——————————————————
TANDA-TANDA DITERIMANYA AMAL.
——————————————————
Al-Hafizh Ibnu Rojab Al-Hanbali rahimahullah:

『 Barangsiapa melakukan suatu ketaatan dari ketaatan-ketaatan yang ada dan telah menyelesaikannya, maka tanda-tanda diterimanya ketaatan tersebut ialah dengan berlanjut kepada amalan ketaatan lainnya, dan tanda tertolaknya ialah dengan berakibat dari ketaatan tersebut kepada kemaksiatan.

Betapa indahnya kebaikan setelah kejelekan yang dapat menghapuskan kejelekan! Dan betapa buruknya kejelekan setelah kebaikan yang menghapuskan kebaikan dan menggantikannya!

☝️ ❝ Satu dosa setelah taubat lebih buruk dari tujuhpuluh dosa sebelum bertaubat.

● Kambuhnya suatu penyakit lebih sulit (terobati) dari penyakit itu sendiri, dan terkadang membinasakan! ❞

▪️ Mintalah kepada Allah keteguhan hati di atas ketaatan hingga kematian, dan berlindunglah kepada Allah dari bolak-baliknya hati, dan dari kebinasaan setelah keselamatan.

▪️ Betapa buruknya kehinaan maksiat setelah kemuliaan ketaatan, dan betapa kejinya kefakiran dalam ketamakan setelah kecukupan dalam kesederhanaan. Kasihilah pemuka kaum yang menjadi hina karena kemaksiatan, dan orang terkaya suatu kaum yang menjadi miskin karena dosa-dosa (yang dilakukannya)! 』

            •┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•

Lathoif Al-Ma'arif, halaman (399).
——————————————————
▪️ قال العلاَّمة ابن رجب رحمه الله :

«من عمِلَ طاعة من الطاعات وفرغَ منها، فعلامةُ قَبولها أن يصلها بطاعةٍ أخرى، وعلامةُ ردِّها أن يعقِبَ تلك الطاعة بمعصية.

• ما أحسن الحسنة بعد السيئة تمحوها! وأحسنُ منها الحسنةُ بعد الحسنة تتلوها. وما أقبحَ السيئةَ بعد الحسنة تمحقُها وتعفُوها!

• ذنبٌ واحدٌ بعد التوبة أقبحُ من سبعين ذنباً قبلَها. النكسة أصعب من المرض، وربما أهلَكَت! سلوا الله الثَّبات على الطاعات إلى الممات، وتعوَّذُوا به من تقلُّب القلوب، ومن الحَوْرِ بعد الكَوْر.

• ما أوحش ذلُ المعصية بعد عزِّ الطَّاعة، وأفحشَ فقر الطمع بعد غنى القناعة. ارحموا عزيز قوم بالمعاصي ذَلَّ، وغنيَّ قومٍ بالذُّنوب افتقر» !

["لطائف المعارف" ص٣٩٩].
----------------------
Broadcast by :
Channel MutiaraASK :
http://bit.do/mutiaraASK
Website ASK :
http://bit.do/webASK
BBM Mutiara Salaf :
Pin:54ABD49E | Channel:C001C7FFE

➥ #renungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar