Selasa, 27 Februari 2018

HAKIKAT AQIDAH KHAWARIJ

📌 *HAKIKAT AQIDAH KHAWARIJ*

💺 Mufti: al-Imam Ibnu Baz rahimahullah

❓ Pertanyaan:”Apa bantahan anda terhadap orang yang mengatakan sesungguhnya aqidah Khawarij adalah aqidah Salafiyyah dan bahwasanya Khawarij adalah Salafiyyun?

📌 Jawaban:
"Ini adalah perkataan yang batil. Telah dinyatakan batil oleh Nabi ﷺ (dengan sabda beliau):
" Akan keluar dari agama ini suatu golongan dari ummatku. Salah seorang kalian (sahabat) akan meremehkan shalatnya dibanding shalat mereka, bacaan al-Qur'annya dibanding bacaan mereka. (Tetapi) mereka keluar dari Islam seperti keluarnya anak panah menembus binatang buruannya. Dimana saja kalian temui mereka, bunuhlah mereka. Karena pada pembunuhan terhadap mereka terdapat pahala bagi orang yang membunuh.¹`²

✅ Dalam lafazh yang lain dari Nabi ﷺ beliau bersabda tentang Khawarij sesungguhnya "mereka membunuh orang Islam dan membiarkan penyembah berhala"

✳ Dan telah diketahui diantara aqidah mereka bahwasanya mereka mengkafirkan pelaku maksiat dari kalangan kaum muslimin dan menghukumi para pelakunya sebagai orang-orang yang kekal di dalam an-nar (neraka). Oleh karena itu mereka diperangi oleh Ali radliyallahu 'anhu dan para sahabat yang bersama beliau dan selain mereka (tabi'in). Ali memerangi mereka dan membunuh mereka di hari Nahrawan. Semoga Allah meridhai beliau dan para sahabat seluruhnya. Allah lah satu-satunya pemberi taufiq.

📚 Majmu'ul Fatawa 28/253

🖋 Catatan:

1. H.R. al-Bukhari dan Muslim dari Ali bin Abi Thalib radliyallahu 'anhu

2. Akan tetapi memerangi dan membunuh Khawarij tidak boleh dilakukan oleh masing-masing individu muslim. Harus di bawah perintah dan komando pemerintah agar tidak terjadi kekacauan.

🍋 Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)

🖊 Abu Abdillah Rahmat

🔎 Muraja'ah: al-Ustadz Kharisman hafizhahullah

🗓 10 J. Akhirah 1439
       26 Februari 2018

🇸🇦 Arabic

حقيقة عقيدة الخوارج))
〰〰ابن باز رحمه الله تعالى 〰〰
✍س: ما ردكم على من يقول: إن عقيدة الخوارج كانت عقيدة سلفية، وأنهم، أي: الخوارج سلفيون؟.

✍ج: هذا قول باطل، وقد أبطله النبي صلى الله عليه وسلم بقوله في الخوارج: « تمرق مارقة على حين فرقة من أمتي، يحقر أحدكم صلاته مع صلاتهم، وقراءته مع قراءتهم، يمرقون من الإسلام مروق السهم من الرمية، أينما لقيتموهم فاقتلوهم ، فإن في قتلهم أجرًا لمن قتلهم» وفي لفظ آخر عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال في الخوارج : إنهم « يقتلون أهل الإسلام ويدعون أهل الأوثان» وقد علم من عقيدتهم أنهم يُكفرون العصاة من المسلمين، ويحكمون بخلودهم في النار؛ ولهذا قاتلوا عليًا رضي الله عنه، ومن معه من الصحابة وغيرهم، فقاتلهم علي وقتلهم يوم النهروان، رضي الله عنه، وعن الصحابة أجمعين، والله الموفق.مجموع(28/253📚).

WA Al-I'tishom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar