Senin, 12 Februari 2018

SUBHANALLAH..KEDERMAWANAN MACAM APAKAH INI? ( _Salah Satu Kisah Kedermawan Salafush Shalih_)

⚠ *REVISI*

*SUBHANALLAH..KEDERMAWANAN MACAM APAKAH INI?*
( _Salah Satu Kisah Kedermawan Salafush Shalih_)

✅ Orang yang lebih faqih daripada al-Imam Malik, bahkan  al-Imam asy-Syafi'i berkata (tentangnya):
"aku menyesal karena terluput dari bersahabat dengannya." Siapakah dia?

💰 Dahulu beliau bershadaqah setiap harinya kepada 300 orang miskin. Beliau juga membuat halwa (manisan) untuk penuntut ilmu dan meletakkan di dalamnya beberapa (mata uang) dinar emas.

🌰  Al-Imam Malik rahimahullah menghadiahkan untuknya talam yang berisi tamr (kurma kering), lalu beliau mengembalikan talam tersebut penuh dengan emas.

🍮  Beliau membuatkan untuk sahabat-sahabatnya al-Faludzaj (makanan mewah sejenis puding) dan meletakkan padanya beberapa dinar (emas) agar masing-masing orang makan lebih banyak daripada temannya.

👍🏻  Wajahnya selalu berseri-seri, lembut hatinya, memberi makan anak-anak kecil dengan tangannya sendiri, dan melayani orang-orang miskin. Tidaklah seseorang meminta padanya sesuatu kecuali diberinya.
Dan tidak ada orang yang menyampaikan hajat padanya kecuali dia menunaikannya

💸  Penghasilannya per tahun sebanyak 80.000 dinar (emas). Allah tidak mewajibkan kepadanya zakat satu dirham pun, karena saking banyaknya infaqnya di jalan Allah, tidak pernah sampai haul (waktu setahun sebagai batas kewajiban membayar zakat harta) bahkan tidak pula tercapai nishabnya {batas minimal suatu harta dizakati} (yakni tidak pernah harta beliau memenuhi syarat zakat mal karena saking banyaknya harta yang diinfakkan-faidah dari Ustadz Musa hafizhahullaah).

🍖 Beliau biasa duduk untuk menjamu manusia. Manusia mengelilinginya, lalu mereka meminta (sesuatu) padanya. Beliau juga menunaikan hajat orang-orang. Tidak ada satu pun yang meminta padanya lalu dia tolak, baik itu kebutuhan besar atau pun kecil.

🍱  Beliau memberi makan manusia pada musim dingin dengan bubur dicampur madu lebah dan lemak sapi.
Dan pada musim panas dengan tepung gandum yang halus dicampur kacang almond dengan gula, sedangkan beliau adalah penjual madu.

💳  Beliau memberi hadiah untuk 3 orang dengan 3000 dinar emas.
Pada saat itu, rumah Ibnu Lahi'ah¹ terbakar, lalu beliau memberikan padanya 1000 dinar emas. Beliau pernah menunaikan haji, lalu Imam Malik bin Anas menghadiahkan untuk beliau satu talam ruthab (kurma setengah matang). Lalu beliau mengembalikan talam tersebut dengan mengisinya uang sebanyak 1000 dinar emas.

💰  Beliau juga memberi pada Qadhi Manshur bin 'Ammar 1000 dinar. Lalu beliau berkata:"Jangan engkau perdengarkan ini pada putraku sehingga dia menganggapnya remeh." Lalu ucapan itu sampai pada putranya, Syu'aib. Lalu dia pun berinfak 999 dinar sembari berkata:"Hanyalah aku mengurangi infak ini satu dinar agar apa yang kulakukan ini tidak menyamai pemberian syaikh itu kepadamu!" Yakni yang dia maksud (dengan syaikh) adalah ayahnya (yakni ayah dan anak pun sama-sama sangat dermawan)

🍯  Seorang wanita pernah mendatanginya dengan membawa cangkir. Lalu dia berkata:"sesungguhnya suamiku mengeluh.."sembari sang istri menyebutkan kepadanya tentang madu (yakni sang suami menginginkan madu). Lalu beliau berkata:"Pergilah pada Abu Qasimah (yakni pegawai beliau) lalu kau katakan padanya agar dia memberikan padamu satu curah madu ( seukuran 120 rithl² madu)." Lalu dia pun pergi. Tak lama kemudian datanglah Abu Qasimah sembari membisikkan sesuatu. Aku tidak mengetahui yang dia bisikkan padanya. Lalu beliau mendongakkan kepalanya (ke arah) Abu Qasimah seraya berkata:"Pergilah engkau, lalu berikan padanya satu curah. Sesungguhnya wanita itu meminta seukuran yang dia bawa (cangkir). Maka kita berikan padanya ukuran kita (120 rithl)."

📌  Beliau adalah *al-Laits bin Sa'd*, seorang ulama besar Mesir. Beliau dihormati oleh orang-orang di zamannya sehingga wakil (amir) dan qadhi (hakim) Mesir berada di bawah perintahnya dan selalu meminta nasehatnya.

💦  Al-Imam asy-Syafi'i merasa menyesal karena tidak sempat bersua dengan beliau. Beliau bagus dalam bacaan al-Qur'an dan nahwu serta menghafal sya'ir Arab dan hadits, bagus dalam mudzakarah.
Dulu al-Imam asy-Syafi'i pernah berkata:
"Al-Laits lebih faqih (berilmu) daripada Malik (bin Anas). Hanya saja para sahabatnya tidak menunaikan haknya (yakni dengan menyebarkan ilmunya)."

🕌 Berkata Qutaibah bin Sa'id:"Adalah al-Laits bin Sa'd menaiki kendaraan menuju masjid jami' untuk menunaikan shalat 5 waktu. Dan beliau *bershadaqah setiap harinya kepada 300 orang miskin.*"

✅  Al-Laits bin Sa'd rahimahullah lahir di Qalqasyandah (salah satu kampung di Provinsi al-Qalyubiyah di Mesir) pada tahun 94 H dan wafat tahun 175 H di Mesir pada hari Jum'at, di pertengahan bulan Sya'ban tahun 175 H pada usia 81 tahun.

✏ Khalid bin Abdus Salam ash-Shadafi berkata:"Aku menghadiri jenazah al-Laits bin Sa'd bersama ayahku. Maka aku tidak pernah melihat satu jenazah pun yang lebih agung dari beliau. Aku melihat semua manusia ditimpa duka cita. Mereka saling mengucapkan ta'ziah satu sama lain dan mereka menangis. Maka aku berkata:"Wahai ayah, seolah-olah semua orang adalah sahabat jenazah ini."
Maka ayahku berkata:"Wahai anakku, engkau tidak akan pernah melihat yang semisal dia selamanya."

✋🏻 Akan tetapi madzhab beliau tidak tersebar karena murid-murid beliau tidak menunaikan hak beliau. Padahal ilmu beliau melampaui al-Imam Malik

📚 Sumber:

1⃣. Tarikh Dimasyq karya Ibnu Asakir (50/377)

2⃣. Al-Wafi bil Wafayat (24/312)

3⃣. Tarikh Baghdad karya al-Khatib al-Baghdadi (14/524)

4⃣. Hilyatul Auliya karya Abu Nu'aim (7/319)

5⃣. Siyar A'lamin Nubala' (7/213)

💦 Semoga Allah merahmati sang Imam (al-Laits bin Sa'd), ahli fiqh dan al-Qur'an

🍋 Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)

🖊 Abu Abdillah Rahmat

🔎 Muraja'ah:

-Al-Ustadz Kharisman hafizhahullah
-Al-Ustadz Musa bin Hadi Karawang hafizhahullah

🗓 24 Jumadal Ula 1439
       12 Februari 2018

✏ Catatan:

1. Abdullah bin Lahi'ah, ahli hadits Mesir bersama al-Laits bin Sa'id. Beliau dhabtul kitab (hafalannya kokoh apabila menyebutkan hadits dari kitabnya-pent). Tetapi ketika rumah dan kitab-kitabnya terbakar, para ulama tidak lagi mengambil hadits darinya kecuali bila berasal dari murid-muridnya yang mengambil hadits darinya sebelum kitabnya terbakar.

2. Para ulama berbeda pendapat tentang takaran rithl menjadi 3 golongan: rithl Syam, Mesir, dan Iraq. Jumhur fuqaha' Iraq menyatakan 1 rithl=382,5 gr. Adapun menurut fuqaha Mesir 449,28 gr. Sedangkan menurut jumhur fuqaha Syam menyatakan 1 rithl=1785 gr (al-Makayil wal Mawazin asy-Syar'iyyah melalui Wikipedia Arab). Bila mengambil ukuran terkecil (rithl Iraq=382,5 gr), maka madu yang beliau sedekahkan pada wanita tersebut adalah 45.900 gr atau 45,9 kg madu!
Wallahu a'lam

🇸🇦 Arabic

🔶شخص كان أفقه من الامام مالك وقال الشافعى ندمت على عدم صحبته فمن هو ؟؟

🔻كان يتصدق كل يوم على 300 مسكين،
ويصنع الحلوى لطلبة العلم ويضع فيها دنانير الذهب!

🔻أهدى إليه الإمام مالك صينية فيها تمر،
فأعادها مملوءة ذهباً.
🔻 وَكَانَ يصنع لأَصْحَابه (الفالوذج) وَيضع فِيهِ الدَّنَانِير؛
ليحصل لكل من أكل كثيرًا أَكثر من صَاحبه
🔻. كان باش الوجه
رقيق القلب
يطعم الصغار بيده
ويمشي في خدمه المساكين
، ما سأله أحد عطاء إلا وصله،
ولا حاجه إلا قضاها.

🔻كَانَ دَخْلُه فِي كُلِّ سَنَةٍ ثَمَانِيْنَ أَلْفَ دِيْنَارٍ
، مَا أَوْجَبَ اللهُ عَلَيْهِ زَكَاةَ دِرْهَمٍ قَطُّ؛
من كثرة إنفاقه في سبيل الله
، فما حال حول على هذه الأموال، ولا حتى ما يبلغ النصاب منها.

🔻كان يجلس للمسائل
، يغشاه الناس، فيسألونه،
ويجلس لحوائج الناس
، لا يسأله أحدٌ فيرده،
كبُرت حاجته أو صغُرت،
🔻وكان يُطعم الناس في الشتاء الهرائس بعسل النحل وسمن البقر،
وفي الصيف سويق اللوز في السكر؛ حيث أنه كان تاجر عسل.

🔻أهدى ثلاثة أنفسٍ بثلاثة آلاف دينارٍ:
احترقت دار ابن لهيعة؛ فبعث إليه بألف دينارٍ،
🔻وحج فأهدى إليه مالك بن أنسٍ رطبًا على طبقٍ، فرد إليه على الطبق ألف دينارٍ،
🔻 ووصل منصور بن عمارٍ القاضي بألف دينارٍ،
وقال: لا تسمع بهذا ابني فتهون عليه، فبلغ ذلك شعيب ابنه، فوصله بألف دينارٍ إلا دينارًا، وقال: إنما نقصتك هذا الدينار؛ لئلا أساوي الشيخ في عطيته!. يعني والده.

🔻أتته امرأةٌ ومعها قدحٌ، فقالت: إن زوجي يشتكي، وقد نعت (وُصف) له العسل، فقال: اذهبي إلى أبي قسيمة (عامله) فقولي له يعطيك مطرًا من عسلٍ، (والمطر: الفَرَق، والفَرَق عشرون ومائة رطلٍ)، فذهبت، فما لبث أن جاء أبو قسيمة، فسارَّه بشيءٍ، لا أدري ما قال له، فرفع رأسه إليه فقال: اذهب فأعطها مطرًا، إنها سألت بقدرها، وأعطيناها بقدرنا.

🔸إنه اللَّيْث بن سعد، كَبِير مصر، أميز من بهَا فِي عصره، بِحَيْثُ أَن النَّائِب وَالْقَاضِي تَحت أمره ومشورته.

وَكَانَ الشَّافِعِي يتأسف على فَوَات لقِياه، وَكَانَ يحسن الْقُرْآن والنحو ويحفظ الشّعْر والْحَدِيث، حسن المذاكرة.
كان يقول عنه الشافعي: اللَّيْث أفقه من مَالك إِلَّا أَن أَصْحَابه لم يقومُوا بِه.

قال قتيبة بن سعيد: كان اللَّيْث بن سعدٍ يركب في جميع الصلوات إلى الجامع، ويتصدق كل يومٍ على ثلاثمائة مسكينٍ.

🔻ولد الليث بن سعد رحمه الله في قلقشندة (إحدى قرى محافظة القليوبية بمصر) سنة 94هـ، وتوفي رحمه الله بمصر، يوم الجمعة، في النصف من شعبان، سنة 175هـ، وكان عمره إحدى وثمانين سنة.

قال خالد بن عبدالسلام الصدفي: شهدت جنازة اللَّيْث بن سعدٍ مع والدي، فما رأيت جنازةً قط أعظم منها، رأيت الناس كلهم عليهم الحزن، وهم يعزي بعضهم بعضًا، ويبكون، فقلت: يا أبت، كأن كل واحدٍ من الناس صاحب هذه الجنازة، فقال: يا بني، لا ترى مثله أبدًا.
ولم يشتهر مذهبه لأن تلامذته لم يقوموا به وقد فاق في علمه الإمام مالك.

🔳المصادر:

▪️تاريخ دمشق لابن عساكر  (50/377).

▪️الوافي بالوفيات (24/ 312).

▪️تاريخ بغداد للخطيب البغدادي (14 /524).

▪️حلية الأولياء لأبي نعيم (7/ 319).

▪️سير أعلام النبلاء (7/ 213).
رحم الله الإمام صاحب الفقه والقرآن

Tidak ada komentar:

Posting Komentar