Sabtu, 06 Desember 2014

HUKUM SHOLAT DENGAN KAIN BERGARIS

------------------------------
Silsilah Fatawa Fiqih Ibadah
------------------------------
♨ HUKUM SHOLAT DENGAN KAIN BERGARIS.
------------------------------
Fadhilatus Syaikh Al-Muhaddits Muqbil bin Hadi al-Madkholi rohimahulloh.

Pertanyaan:
Apa hukum sholat dengan kain bergaris?

Jawaban:
Kain itu apabila menyibukkan orang sholat maka tergolong makruh, dan semoga Alloh membalas saudara kita penanya dengan kebaikan, sungguh kami telah menasehati saudara-saudara kami tidak hanya sekali, hanya sekedar menasehati saja, bahwa sesungguhnya seharusnya menggunakan imamah (penutup kepala, pent) berwarna putih, demikian pula dengan pakaian, atau kain dengan satu warna hitam dari satu warna, maka nabi shollallohu 'alaihi wa sallam ketika sholat dengan khomishoh beliau bersabda:

«أتوني بأنبجانية أبي جهم فإنها أشغلتني عن صلاتي»

"Datangkanlah untukku kain anbijaniyah (yakni kain yang kasar milik orang yaman, pent) dari Abu Jahm karena kain itu telah menyibukkan aku dari sholatku".

Dan khomishoh adalah kain bergaris, dan ketika Nabi sholat dengan kain faruj -yaitu kain yang bercampur dengan sedikit sutra - maka beliau melepaskannya seakan-akan beliau membencinya dan bersabda:

«إنه شغلني عن صلاتي»
"Sesungguhnya dia telah menyibukkan aku dari sholatku".

Maka kain-kain jenis ini yang dinamakan di negeri kami dengan futhoh (yakni sejenis kain celemek yang tidak bersambung, pent) dapat menyibukkan orang yang berada di belakang Anda dan yang berada di samping Anda, dan terkadang dapat menyibukkan Anda sendiri.

Maka saya nasehatkan saudara-saudara insya Alloh agar mereka memakai baju berwarna putih karena Rosul shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda:

«البسوا من ثيابكم البيض وكفنوا فيها موتاكم فإنها من خير ثيابكم» أو بهذا المعنى.

"Kenakanlah pakaian dari pakaian kalian yang putih dan kafankanlah padanya orang-orang mati kalian karena kain itu termasuk dari sebaik-baik kain kalian". Atau yang semakna dengannya.

Apabila Anda berpakaian dengan pakaian berwarna hitam dengan satu warna maka tidak mengapa, atau Anda mengenakan kain dan sarung demikian juga tidak mengapa, yang penting tidak bergaris yang dapat menyibukkan.

Adapun imamah maka dia laksana mahkota bagi bangsa Arab dan dia alhamdulillah imamah, jenggot dan gamis (jubah) akan menambah penghormatan bagi seseorang dan mereka dapat mengenal bahwa orang ini adalah seorang penuntut ilmu, terkadang jika Anda berbicara dalam keadaan Anda memakai kain imamah, dengan futhoh atau dengan syamiz mereka akan berkata: diamlah, ulama sedang berbicara, adapun kamu seperti kami awam, sekalipun Anda memiliki ilmu yang tidak seberapa.

Maka saya nasehatkan dengan berpakaian dengan pakaian Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam wallohul musta'an.

Dari kaset: pertanyaan-pertanyaan Syaikh Wushobi dan para tamu.

Audio dapat didengar di:
http://www.muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=3115

__✏ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu Abduh.
------------------------------
حكم الصلاة بالثياب المخططة

للشيخ مقبل الوادعي رحمه الله

السؤال:
ما حكم الصلاة بالثياب المخططة ؟

الإجابة:
هي إذا كانت تشغل المصلين تعتبر مكروهة ، وجزى الله أخانا السائل خيراً ، فقد نصحنا إخواننا غير مرة ، من باب النصح فقط ، أنه ينبغي أن تكون العمامة بيضاء ، وهكذا الثوب ، أو تكون من لون واحد سوداء من لون واحد ، فالنبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - عند أن صلى بخميصة قال : " أتوني بأنبجانية أبي جهم فإنها أشغلتني عن صلاتي " ، والخميصة كساء مخطط ، وعند أن صلى بفروج - وهو شيئ من الحرير - خلعه كالكاره له وقال : " إنه شغلني عن صلاتي " .

فهذه الأزر التي تسمى عندنا بالفوطة تشغل الذي بعدك والذي بجانبك ، وربما تشغلك نفسك .
فأنا أنصح الإخوان إن شاء الله بأن يلبسوا لباساً أبيض والرسول - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - يقول : " البسوا من ثيابكم البيض وكفنوا فيها موتاكم فإنها من خير ثيابكم " أو بهذا المعنى .

إذا لبست أيضاً لباساً أسود من لون واحد فلا بأس ، أو لبست إزاراً ورداء كذلك أيضاً لا بأس ، المهم لا يكون مخططاً يشغل .
على أن العمامة تعتبر تيجان العرب وهي بحمد الله عمامة ولحية وقميص يزيد الناس إحتراماً للشخص ويعرفون أن هذا طالب علم ، ربما أنت تتكلم وأنت في ثياب العامة بفوطة أو بشميز ويقولون لك : اسكت يتكلم العلماء ، أما أنت مثلنا عامي ، حتى ولو كان عندك من العلم ما عندك .

فأنا أنصح باللباس الذي هو لباس النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - والله المستعان .

〰〰〰〰〰

▪ من شريط : ( أسئلة الشيخ الوصابي والزائرين )

الفتوى الصوتية :
http://www.muqbel.net/fatwa.php?fatwa_id=3115
------------------------------
WA Ahlus Sunnah Karawang.
Via WA Ittiba'us Sunnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar