Jumat, 12 Desember 2014

KISAH KESABARAN ULAMA DALAM MENCARI DAN MENYEBARKAN ILMU (2)


KISAH KESABARAN ULAMA DALAM MENCARI DAN MENYEBARKAN ILMU (2)
................................................................
Bismillah...

al-Hamdulillah
Wahai saudaraku...
-semoga kita dirahmati Allah ta'aalaa-
telah kita nikmati kisah perjalanan Kalimullah Musa 'alaihissalam di dalam mencari ilmu. Sungguh begitu menakjubkan betapa tabah dan sabarnya beliau didalam mencari ilmu. Maka sebagai bentuk kasih sayang Allah terhadap hambanya Allah subhanahuwata'aalaa abadikan kisah yang mulia ini di dalam al-Qur'an sampai hari kiamat kelak, sebagai pelajaran dan petunjuk bagi hamba-hamba Allah yang beriman begitu juga sebagai  hujjah bagi hamba-hambanya yang lalai.

Maka pada fase berikut ini insya Allah kami sajikan untuk saudaraku kaum muslimin secara umum dan para penuntut ilmu secara khusus, "Kisah bagaimana kesungguhan dan kesabaran al-Faruq Umar bin Khattab-semoga Allah meridhainya -dalam mencari ilmu".

Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari didalam kitab sahihnya, dari sahabat yang mulia 'Umar bin Khattab -semoga Allah meridhai-Nya- Beliau mengatakan: ''Dahulu aku dan tetanggaku dari kalangan Anshar(Aus bin khawalli al-Anshari) bekerja di perkebunan Bani Umayyah Ibnu Zaid yang tinggal di 'Awaali (satu tempat di bagian timur kota Madinah). Dan dahulu kami setiap hari bersilih ganti menghadiri majelis Nabi shallallah 'alaihi wasallam, maka ketika datang hari giliranku tidaklah aku pergi dan kembali kecuali membawa faedah-faedah yang aku dengar dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam untuk aku sampaikan kepada saudaraku dari kalangan Anshar dan begitu pula setelah datang gilirannya Diapun melakukannya seperti apa yang aku lakukan.

Wahai saudaraku...
-semoga kita dirahmati Allah ta'aala-
lihatlah...! Betapa indah dan mulianya dua sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dalam kesungguhan dan kesabaran mereka untuk menghadiri majelis Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam , di mana keduanya saling berta'awun untuk senantiasa menghadiri majelis Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan berbagi faedah setelah pulangnya mereka dari majelis tersebut.

sumber :
صور من صبر العلماء على شدائد العلم و التحصيل

Wahai saudaraku ...
Tidakkah suatu hal yang menyedihkan jika seseorang dimudahkan oleh Allah subhanahuwata'aalaa untuk bisa bermajelis di hadapan para Ulama kemudian bersantai-antai dan bermalas-malasan dari beristifadah dengannya...?!!!

Ataukah syaithan memalingkannya kepada hal-hal yang utama dari yang paling utama (bertafaqquh dalam mencari ilmu) ...?!!!

Tidak...wahai saudaraku,
Maka bersungguh-sungguhlah dalam mencari ilmu dan senantiasa mintalah pertolongan dan petunjuk kepada Allah subhanahu wata'aalaa.

Semoga Allah ta'aalaa membantu kita semua. Amin...
..............................................................

✒Disusun oleh : Abu Ridha al-Jawi
.....................................................

WA. THULAB FIYUSY
WA SALAFY LINTAS NEGARA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar