Minggu, 14 Desember 2014

KISAH KESABARAN ULAMA DALAM MENCARI DAN MENUNTUT ILMU (3)

Bismillah...

KISAH KESABARAN ULAMA DALAM MENCARI DAN MENUNTUT ILMU (3)
¤~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~¤

Alhamdulillah ,dengan karunia Allah ta'aalaa Rabb pemilik langit dan bumi,sampai detik ini kita masih digolongkan sebagai hamba-hamba yang di kehendaki-Nya dengan kebaikan. Di beberapa pertemuan yang lalu, telah kita resapi dan renungi kisah al-Faruq Umar bin al-Khattab dengan tetangganya al-Anshari dalam mencari ilmu. Sungguh, Nampak pada keduanya kesungguhan dan kecemburuan yang tinggi dalam menghadiri Majelis Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam- , sehingga merekapun menggilir harinya ,sehari untuk bekerja dan sehari untuk menghadiri Majelis yang mulia tersebut. Tidak berhenti sampai disitu,rasa saling cinta mencintai diantara merekapun nampak, dengan saling berbagi faedah sepulangnya mereka dari Majelis yang mulia tersebut,berupa wahyu yang mereka dengar dari lisan Nabinya -shallallahi a'laihi wa sallam- .
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Subhanallah..,
Betapa mahal dan agungnya ilmu ,yang tidak bisa dibandingakan dengan dunia dan seisinya.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Wahai Saudaraku -yang semoga kita senantiasa dirahmati Allah ta'aalaa-, Insya Allah pada kesempatan ini mari kita kaji bersama tantang, ''SOSOK MU'ADZ BIN JABAL SEBAGAI PEMIMPIN ULAMA PADA HARI KIAMAT ''.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Diriwayatkan dari Hadits yang di shahihkan dengan banyak jalannya dari Shahabat yang mulia Umar bin al-Khattab -semoga Allah meridhainya- , berkata Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam- ,''Bahwasanya Para Ulama ketika mereka menghadap Allah ta'aalaa maka jarak antara Mu'adz dengan mereka (Para Ulama )disisi Allah ta'aalaa sejauh mata memandang ( )''.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Dan di riwayatkan pula secara mursal oleh Abu Nu'aim di dalam kitabnya al-Hilya dan Imam at-Tabarani di dalam kitab al-Mu'jam al-Kabir dari Muhamad bin Ka'ab (seorang Tabi'i) berkata Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam- , ''Bahwasanya Mu'adz bin jabal memimpin Para Ulama di Hari Kiamat sejauh mata memandang ''.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Dan dua Hadits diatas di shahihkan oleh Syeikh al-Albani di dalam kitabnya Shahih al-Jami'. Dan diriwayatkan dari Mu'adz bin Jabal ketika ajal mau menjemput dia mengatakan ,''Ya Allah, Sesungguhnya Engkau tahu bahwasanya aku tidak menginginkan masa hidupku di dunia ini seperti orang yang mengalirkan air atau orang yang menanam,akan tetapi aku menginginkan hidupku didunia ini seperti orang yang bermunajat dimalam yang panjang dan orang yang menahan rasa dahaga disaat panas yang amat,dan juga seperti orang yang berdesak-desakan di Majelis Para Ulama''.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Maka jika engkau ingin mengetahui tinggi dan agungnya cita-cita Mu'adz dalam mencari ilmu, maka perhatikanlah berapa tahun masa dia dalam mencari ilmu,dari awal masa keislamannya sampai datang masa wafatnya.

...........................
Sumber :
Kitab: صور من صبر العلماء على شدائد العلم والتحصيل  ‏
Karya: صلاح الدين محمود السعيد

..............................
✒Penyusun :
Abu Ridha al-Jawi

WA. MAJMU' THULLAB FIYUSY

WA SALAFY LINTAS NEGARA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar