Rabu, 09 Maret 2016

Orang-orang Yang Bertakwa Dicinta di Dunia dan Selamat di Akhirat

○●○●○●○
Renungan Pagi
——————————————————
ORANG-ORANG YANG BERTAKWA DICINTA DI DUNIA DAN SELAMAT DI AKHIRAT.
——————————————————
Berkata Al-Hāfizh Ibnul Jauzi råhimahulläh:

《 ▪️ Penguasa yang adil dan tentaranya; mereka memerangi musuh dan membuka kota-kota serta mendapatkan harta-harta rampasan sehingga hal itu bagi mereka merupakan kelezatan di dunia mereka dan pahala di akhirat mereka.

▪️ Dan ulama yang mengajarkan manusia ilmu-ilmu agama; maka mereka di dunia di tengah-tengah manusia dimuliakan sedangkan di akhirat mendapatkan pahala atas bimbingan mereka terhadap makhluk kepada Allah.

▪️ Dan orang-orang yang mendidik anak-anak mereka dengan adab yang baik dan ilmu yang bermanfaat maka orangtua akan merasakan kebaikan anaknya; sehingga dia menjadi wajah yang berseri-seri, penyejuk pandangan di dunia, pengangkat derajat dan pahala yang besar di akhirat.

▪️ Orang yang bermu'amalah dengan manusia dengan cara yang baik dan selamat dalam bertetangga dengan mereka dan dalam bergaul dengan mereka maka di dunia akan menjadi wajah yang berseri-seri dan di akhirat mendapatkan pahala yang besar.

▪️ Orang yang dermawan kepada keluarganya yang bersumber dari usahanya yang baik maka dia bahagia karena keadaan mereka yang baik di dunia dan akan mendapatkan pahala atas perbuatan ihsannya kepada mereka di akhirat.

▪️ Orang-orang yang mendekatkan diri kepada Allah Ta'āla dengan hewan kurban dan kurban lainnya yang mengandung kemanfaatan bagi orang lain padanya maka mereka akan selalu mendengarkan pujian yang baik dari manusia bersama dengan dipersiapkan bagi mereka sebaik-baik pahala.

▪️ Orang yang zuhud lagi ahli ibadah yang dia menghadap Råbb-nya dan berpaling dari syahawat nafsunya maka dia di dunia menjadi dicinta banyak orang dan di akhirat dia akan dibangkitkan ke dalam barisan orang-orang yang beruntung dan shaleh. 》

          •┈┈┈••✦✿✦••┈┈┈•

At-Tadzkiråh Fi Al-Wa'zh, halaman (30-31).
——————————————————
اﻟﻤﺘﻘﻮﻥ ﻣﺤﺒﻮﺑﻮﻥ ﻓﻲ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻓﺎﺋﺰﻭﻥ ﻓﻲ اﻻﺧﺮﺓ.

قال الحافظ ابن الجوزي رحمه الله تعالى :

●» اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ اﻟﻌﺎﺩﻝ ﻭﺟﻨﺪﻩ ﻳﺤﺎﺭﺑﻮﻥ اﻻﻋﺪاء ﻭﻳﻔﺘﺤﻮﻥ اﻻﻣﺼﺎﺭ ﻭﻳﻐﻨﻤﻮﻥ اﻻﻣﻮاﻝ ﻓﻴﻜﻮﻥ ﺫﻟﻚ ﻟﻬﻢ ﻟﺬﺓ ﻓﻲ ﺩﻧﻴﺎﻫﻢ ﻭﻣﺜﻮﺑﺔ ﻓﻲ ﺁﺧﺮﻫﻢ.

●» ﻭاﻟﻌﻠﻤﺎء اﻟﺬﻳﻦ ﻳﻌﻠﻤﻮﻥ اﻟﻨﺎﺱ ﻋﻠﻮﻡ اﻟﺪﻳﻦ ﻓﻬﻢ ﻓﻲ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﺑﻴﻦ اﻟﻨﺎﺱ ﻣﻜﺮﻣﻮﻥ ﻭﻓﻲ اﻵﺧﺮﺓ ﻋﻠﻰ ﻫﺪاﻳﺔ اﻟﺨﻠﻖ اﻟﻰ اﻟﻠﻪ ﻣﺄﺟﻮﺭﻭﻥ.

●» ﻭاﻟﻤﺆﺩﺑﻮﻥ اﻭﻻﺩﻫﻢ ﺑﺎﻻﺩاﺏ اﻟﺤﺴﻨﺔ ﻭاﻟﻌﻠﻮﻡ اﻟﻨﺎﻓﻌﺔ ﻓﺎﻟﻮاﻟﺪ ﻳﺤﺲ ﺣﺎﻝ ﻭﻟﺪﻩ ﻓﻬﻮ اﺑﻴﺾ اﻟﻮﺟﻪ ﻗﺮﻳﺮ اﻟﻌﻴﻦ ﻓﻲ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﺭﻓﻴﻊ اﻟﻤﻨﺰﻟﺔ ﻋﻈﻴﻢ اﻟﻤﺜﻮﺑﺔ ﻓﻲ اﻻﺧﺮﺓ.

●» ﻭاﻟﻤﻌﺎﻣﻞ ﻟﻠﻨﺎﺱ ﺑﺎﻟﺼﺤﺔ ﻭاﻟﺴﻼﻣﺔ ﻓﻲ ﻣﺠﺎﻭﺭﺗﻬﻢ ﻭﻣﻌﺎﺷﺮﺗﻬﻢ ﻓﻬﻮ ﻓﻲ اﻟﺪﻧﻴﺎ اﺑﻴﺾ اﻟﻮﺟﻪ ﻭﻓﻲ اﻻﺧﺮﺓ ﻋﻈﻴﻢ اﻻﺟﺮ.

●» ﻭاﻟﻤﻮﺳﻊ ﻋﻠﻰ ﻋﻴﺎﻟﻪ ﻣﻦ ﺻﺎﻟﺢ ﻛﺴﺒﻪ ﻓﻬﻮ ﻣﺴﺮﻭﺭ ﻟﺤﺴﻦ ﺣﺎﻟﻬﻢ ﻓﻲ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﻣﺄﺟﻮﺭ ﻋﻠﻰ اﺣﺴﺎﻧﻪ اﻟﻴﻬﻢ ﻓﻲ اﻻﺧﺮﺓ.

●» ﻭاﻟﻤﺘﻘﺮﺑﻮﻥ اﻟﻰ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﻘﺮﺑﺎﻥ اﻻﺿﺎﺣﻲ ﻭﺳﺎﺋﺮ ﻣﺎ ﻓﻴﻪ اﻟﻨﻔﻊ اﻟﻤﺘﻌﺪﻱ ﻓﻬﻢ ﻻ ﻳﺰاﻟﻮﻥ ﻳﺴﻤﻌﻮﻥ اﻟﻨﺎﺱ ﺣﺴﻦ اﻟﺜﻨﺎء ﻣﻊ ﻣﺎ اﺩﺧﺮ اﻟﻠﻪ ﻟﻬﻢ ﻣﻦ ﺣﺴﻦ اﻟﺠﺰاء.

●» ﻭاﻟﺰاﻫﺪ اﻟﻌﺎﺑﺪ اﻟﺬﻱ ﻗﺪ اﻗﺒﻞ ﻋﻠﻰ ﺭﺑﻪ ﻭاﻋﺮﺽ ﻋﻦ ﺷﻬﻮاﺕ ﻧﻔﺴﻪ ﻓﻬﻮ ﻓﻲ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﺣﺒﻴﺐ اﻟﻘﻠﻮﺏ ﻭاﻻﺭﻭاﺡ ﻭﻓﻲ اﻻﺧﺮﺓ ﻣﺒﻌﻮﺙ ﻓﻲ ﺯﻣﺮﺓ اﻫﻞ اﻟﻔﻮﺯ ﻭاﻟﺼﻼﺡ.

التذكرة في الوعظ صـ ٣٠-٣١
----------------------
Broadcast by :
Channel MutiaraASK :
http://bit.ly/MutiaraASK
Website ASK :
http://bit.ly/BlogASK
BBM Mutiara Salaf :
Pin:54ABD49E | Channel:C001C7FFE

➥ #renungan #takwa #penguasa #ulama #zuhud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar