Kamis, 26 Mei 2016

10 Jenis Tangisan Manusia


1⃣0⃣ *Jenis Tangisan Manusia*

قال ابن القيم رحمه الله :
عشرة أنواع للبكاء :
* بكاء الخوف والخشية .
* بكاء الرحمة والرقة .
* بكاء المحبة والشوق .
* بكاء الفرح والسرور .
* بكاء الجزع من ورود الألم وعدم احتماله .
* بكاء الحزن .... وفرقه عن بكاء الخوف ، أن الأول " الحزن " : يكون على ما مضى من حصول مكروه أو فوات محبوب وبكاء الخوف : يكون لما يتوقع في المستقبل من ذلك ، والفرق بين بكاء السرور والفرح وبكاء الحزن أن دمعة السرور باردة والقلب فرحان ، ودمعة الحزن : حارة والقلب حزين ، ولهذا يقال لما يُفرح به هو " قرة عين " وأقرّ به عينه ، ولما يُحزن : هو سخينة العين ، وأسخن الله به عينه .
* بكاء الخور والضعف .
* بكاء النفاق وهو : أن تدمع العين والقلب قاس .
* البكاء المستعار والمستأجر عليه ، كبكاء النائحة بالأجرة فإنها كما قال أمير المؤمنين عمر بن الخطاب رضي الله عنه : تبيع عبرتها وتبكي شجو غيرها .
* بكاء الموافقة : فهو أن يرى الرجل الناس يبكون لأمر عليهم فيبكي معهم ولا يدري لأي شيء يبكون يراهم يبكون فيبكي .
#زاد_المعاد  (185،184/1)

Ibnul Qoyyim rahimahullaahu berkata,

"Ada sepuluh macam jenis tangisan, yaitu:

1. Tangisan karena rasa takut dan khawatir.

2. Tangisan karena rasa kasih sayang dan kelemah lembutan.

3. Tangisan karena rasa cinta dan rindu.

4. Tangisan karena rasa senang dan bahagia.
5. Tangisan karena ketidak sabaran dan ketidak kuatan dalam menghadapi penyakit yang diderita.

6. Tangisan karena rasa sedih.

Adapun perbedaan antara tangisan kesedihan dan tangisan karena rasa takut atau kekhawatiran ialah bahwasannya tangisan kesedihan ialah tangisan yang disebabkan karena terjadinya perkara yang tidak disukai atau terluputnya perkara yang disukai pada waktu yang telah lalu. Sedangkan tangisan karena rasa takut atau kekhawatiran ialah tangisan yang disebabkan karena mengkhawatirkan terjadinya dua perkara tadi pada waktu yang akan datang.

Sedangkan perbedaan antara tangisan kebahagiaan atau kegembiraan dengan tangisan kesedihan ialah bahwasanya air mata karena kebahagiaan itu terasa sejuk dan hati dalam keadaan bahagia. Sedangkan air mata kesedihan itu terasa panas dan hati dalam keadaan sedih.

Oleh karena itu, dikatakan pada sesuatu yang membahagiakan, "Ia adalah Qurrotu 'Ain (penyejuk mata) dan Allah menyejukkan matanya dengan sesuatu yang membahagiakan tersebut". Dan dikatakan untuk sesuatu yang menyedihkan, "Ia adalah Sakhinatul 'Ain" ( yang menjadikan mata panas) dan Allah menjadikan matanya panas dengan sesuatu yang menyedihkan tersebut."

7. Tangisan karena keterpurukan dan kelemahan.

8. Tangisan kemunafikan, yaitu mata menetaskan air matanya sedangkan hati dalam keadaan keras.

9. Tangisan sewaan dan bayaran, yaitu seperti tangisan wanita yang meratapi mayit untuk mendapatkan bayaran. Sesungguhnya keadaan wanita yang seperti itu ialah sebagaimana yang dikatakan oleh Amirul Mu'minin Umar bin Khaththab radhiyallahu 'anhu, "Dia menjual airmatanya dan menangisi kesedihan orang lain.

10. Tangisan mengikuti orang lain tanpa sebab, yaitu seseorang yang melihat manusia menangis karena peristiwa yang menimpa mereka kemudian diapun ikut menangis bersama mereka, sedangkan dia tidak mengetahui apa yang menyebabkan mereka menangis. Hanya karena dia melihat manusia menangis kemudian diapun ikut menangis.

Zaadul Ma'ad (184, 185)

Tim Salafy Cirebon

========================

WhatsApp Salafy Cirebon

┄┄┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉┄┄
Bergabunglah bersama kami di chanel telegram pada link berikut ini
http://bit.ly/penuhduniailmu
Untuk faedah lain kunjungi www.jendelasunnah.com
---------------------------------------
  Jendela Sunnah
---------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar