Sabtu, 14 Mei 2016

Tafsir Surat Al-Fatihah Ayat ke 6 dan 7

SILSILAH DURUS TAFSIR AL-FATIHAH DAN JUZ ‘AMMA:

TAFSIR SURAT AL-FATIHAH

Ayat ke 6 dan 7

{ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ (6) غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ (7) }

Maknanya: “Ya Rabbi, berikanlah aku petunjuk dan taufiq-Mu untuk menempuh ash-Shirath al-Mustaqim tersebut, yakni jalannya orang-orang yang telah Engkau berikan kenikmatan dari kalangan para Nabi, para shiddiiqiin (orang-orang yang membenarkan Rasul-Mu), para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan orang-orang yang shaleh, bukan jalannya orang-orang yang Engkau murkai dari kalangan Yahudi yang mana mereka tahu kebenaran, akan tetapi tidak mau tunduk dan mengikutinya, dan bukan pula jalannya orang-orang yang tersesat dari kalangan Nashara yang mana mereka meninggalkan kebenaran diatas kejahilan dan kesesatan.”

Inilah jalannya hamba-hamba Allah yang diberikan kenikmatan oleh-Nya;

{وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا}

“Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.” [QS. An-Nisaa:69]

FAEDAH DARI AYAT KE 6 dan 7:
1. Kenikmatan yang paling agung adalah seorang hamba diberikan hidayah dan taufiq untuk menempuh jalannya para Nabi, para shiddiiqiin, para syuhada dan orang-orang yang shaleh.

2. Jalan orang-orang yang dimurkai adalah jalannya orang-orang Yahudi, yang mana mereka tahu kebenaran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, akan tetapi tidak mau tunduk dan mengikutinya, bahkan menentang dan mendurhakainya. Adapun jalan orang-orang yang tersesat adalah jalannya orang-orang Nashara, karena  mereka jahil dengan kebenaran yang dibawa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, sehingga mereka tersesat amalannya di dunia.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

«فَإِنَّ اليَهُودَ مَغْضُوبٌ عَلَيْهِمْ، وَإِنَّ النَّصَارَى ضُلَّالٌ»

"Sesungguhnya Yahudi dimurkai, sedangkan Nashara sesat." [HR. at-Tirmidzi, dihasankan al-Albani]

Al-Imam asy-Syinqithi rahimahullah berkata: Orang-orang Yahudi dan Nashara meskipun (pada kenyataannya) tersesat dan dimurkai semuanya, namun kemurkaan Allah dikhususkan untuk Yahudi, walaupun sebenarnya termasuk padanya Nashara, karena mereka (Yahudi) tahu kebenaran, akan tetapi mereka mengingkarinya dan justru mendatangkan kebatilan dengan sengaja (untuk menentangnya) sehingga mendapat kemurkaan menjadi sifat khusus bagi mereka, sedangkan Nashara jahil tidak mengenal kebenaran, sehingga disifati kesesatan menjadi sifat khusus bagi mereka. [Adhwaul Bayan: 1/9]

3. Wajib bagi setiap muslim wasapada dari jalannya orang-orang Yahudi dan Nashara, karena Allah Ta’ala telah memperingatkan darinya.

4. Barangsiapa tahu kebenaran, akan tetapi tidak mau tunduk dan mengikutinya, maka sungguh dia telah menyerupai Yahudi, dan sedangkan orang-orang yang beramal tanpa ilmu dan tidak mau mempelajari ilmu atau kebenaran, maka sungguh dia telah menyerupai Nashara.

5. Wajib bagi setiap muslim membenci dan memusuhi musuh-musuh Allah, dari kalangan orang-orang Yahudi dan Nashara atau yang semisal dengan mereka.

6. Allah membagi manusia menjadi 3 golongan;
a. Manusia yang tahu kebenaran kemudian tunduk dan mengikutinya. Inilah jalannya orang-orang yang beriman.
b. Manusia yang tahu kebenaran, akan tetapi tidak mau tunduk dan mengikutinya. Inilah jalannya orang-orang Yahudi.
c. Manusia yang tidak tahu kebenaran, sehingga jalannya pun tersesat. Inilah jalannya orang-orang Nashara.

Dengan ini selesailah sudah kita dari tafsir surat al-Fatihah, Alhamdulillah. Waffaqallahul jami’ lima yuhibbuhu wayardhaahu.

Wallahu a’lam bish shawab.

----------------------------
✒ Disusun oleh: Abu 'Ubaidah bin Damiri al-Jawy, 26 Rabiuts Tsani 1437/ 5 Pebruari 2016_di kota Ambon Manise.

Silahkan kunjungi blog kami untuk mendapatkan artikel kami yang lainnya dan mengunduh PDF-nya serta aplikasi android Forum KIS di:
www.pelajaranforumkis.com atau www.pelajarankis.blogspot.com

Ikuti pula channel Forum kami di aplikasi TELEGRAM!
https://bit.ly/ForumKIS
-----------------------

WA. FORUM KIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar