Selasa, 03 Mei 2016

Tafsir Surat Al Asr (العصر)

*___________*
*PELAJARAN PENTING UNTUK UMAT (6)*
*Tafsir Surat Al Asr (العصر)*
تفسير سورة العصر
              ـــ﷽ـــ
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
{وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)}
www.haddady.com
Surat ini termasuk surat Makiyah
Firman Allah
وَالْعَصْرِ
"Demi masa."
Allah bersumpah dengan masa (waktu) dimana waktu adalah tempat iman, beramal solih, dan mempersiapkan bekal untuk akhirat. Allah عزوجل bersumpah dengan apa saja yang Dia kehendaki, adapun makhluk, maka tidak boleh bagi mereka bersumpah kecuali dengan Allah semata.
Firman Allah
إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ
"Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,"
Semua manusia mereka dalam keadaan rugi  didalam neraka Jahannam
Firman Allah
إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
_"kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal salih dan nasehat menasehati dalam mentaati kebenaran dan nasehat menasehati dalam kesabaran."_
Kecuali bagi mereka yang disifati dengan empat sifat ini, maka mereka adalah orang-orang yang beruntung dan tidak merugi, selamat dan tidak binasa, bahagia dan tidak sengsara.
Empat sifat ini merupakan poros dari kebahagiaan, maka seharusnya bagi mereka yang berakal untuk berusaha agar mendapatkan sifat-sifat ini semampu dia
Berikut ini 4 sifat yang tersebut dalam ayat:
1⃣ IMAN
Beriman kepada Allah عزوجل, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-Nya, hari akhir, dan juga mengimani takdir baik dan buruk.
Dan iman harus diawali dengan ilmu, barang siapa yang tidak mengetahui apa yang Allah perintahkan kepadanya untuk mengimaninya, maka bagaimana dia akan beriman dengan sesuatu tersebut? Dan beriman dengan apa dia?
2⃣ AMAL SOLIH
Tidaklah suatu amalan dikatakan amalan yang solih kecuali jika terpenuhi padanya dua syarat:
- Ikhlas kepada Allah
- Mencontoh Rasulullah
Dan amalan merupakan bagian dari keimanan dan termasuk rukun dari rukun-rukun iman, tidak benar keimanan seseorang tanpa ada amalan, sebagaimana tidak akan benar amal tanpa didasari keimanan.
Namun disendirikan penyebutan amal dari iman dikarenakan perkara amal ini sangat penting, Allah berfirman:
وَتِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
_"Dan itulah surga yang diwariskan kepadamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan."_
Allah berfirman;
هَلْ تُجْزَوْنَ إِلَّا مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
_"Tidaklah kamu dibalas melainkan dengan apa yang dahulu kamu kerjakan,"_
3⃣ MENDAKWAHKAN KEBENARAN
Yaitu mengajak manusia kepada kitab (Alquran) dan sunnah, memerintahkan kepada yang baik dan melarang dari perkara yang mungkar dengan ilmu, lemah lembut dan niat yang baik.
4⃣ BERSABAR
Bersabar dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah, bersabar dalam meninggalkan kemungkaran, dan bersabar atas takdir Allah yang menyakitkan, tidak berkeluh kesah tidak pula melakukan tindakan yang membuat murka Allah ketika turun musibah, seperti mencela takdir atau menolak takdir dengan meratapi, berteriak histeris, menangis, memukul-mukul pipi, merobek kantong baju, menggunduli kepala, atau yang semisalnya dari kebanyakan apa yang dilakukan manusia dan wanita ketika muncul musibah, terlebih lagi ketika ada musibah ketika ada kematian.
Begitu besarnya makna surat ini bersamaan dengan sedikitnya kata yang ada dalam surat tersebut, sungguh telah mengumpulkan pokok-pokok kebaikan, kesuksesan, dan kebahagiaan. Wallahu a'lam.
✍ Dr. Ali bin Yahya Al-hadady -حفظه الله-
Haddady.com
┄┄┉┉✽̶»̶̥»̶̥✽̶┉┉┄┄
http://bit.ly/penuhduniailmu
Untuk faedah lain kunjungi www.jendelasunnah.com
-----------------------------------
  Jendela Sunnah
-----------------------------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar