Senin, 23 Mei 2016

Inilah Tujuanmu Ketika Membaca Al-Qur'an

INILAH TUJUANMU KETIKA MEMBACA AL-QUR'AN

Mutiara Salafiyyah yang Berkilauan

Hendaklah engkau jadikan keinginanmu ketika membaca Al-Qur`an adalah "Kapan aku bisa mengambil pelajaran dari yang aku baca" bukan "Kapan aku menyelesaikan surah ini."

Al-Imam al-Ajurry _rahimahullaah_ berkata:

Adalah keinginannya pada saat membaca sebuah surah, ketika memulai membacanya adalah “kapan aku bisa mengambil pelajaran dari yang aku baca?” Tidaklah keinginannya itu “kapan aku menyelesaikan surah ini.”

Tetapi yang dia ingingkan hanyalah:
▫️Kapan aku memahami firman Allah?
▫️Kapan aku bisa mengambil peringatan?
▫️Kapan aku bisa mengambil pelajaran?

Karena sesungguhnya membaca Al-Qur`an adalah ibadah, tidak boleh dikerjakan dalam keadaan lalai. Semoga Allah memberi taufik kepada kita untuk mengamalkannya.

*Akhlaq Hamalati al-Qur`an* hal. 55

الـدّرَرُ السـنيّة السلفيّة:
‏ليكن همك عند تلاوة السورة: « متىٰ أتعظ بما أتلو » ، لا « متىٰ أختم السورة » .

▪️قال اﻹمام الآجري :

وكان همه عند تلاوة للسورة إذا افتتحها متى أتعظ بما أتلو ؟ ولم يكن مراده متى أختم السورة .

وإنما مراده :
- متى أعقل عن الله الخطاب .
- متى أزدجر .
- متى أعتبر .
لأن تلاوة القرآن عبادة لا تكون بغفلة والله الموفق بذلك .

[أخلاق حملة القرآن (ص 55)]

Majmu'ah Manhajul Anbiya
▶ Join Telegram https://tlgrm.me/ManhajulAnbiya
Situs Resmi http://www.manhajul-anbiya.net

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar