Minggu, 28 Januari 2018

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN MADZHAB SALAFY?

❓ *APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN MADZHAB SALAFY?*

💺 Mufti: Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah

❓ Pertanyaan:

1⃣. Sering terulang di lisan-lisan sebagian manusia ucapan bahwa si fulan ini seorang Salafy, sedangkan fulan yang ini bukan Salafy. Maka apakah yang dimaksud dengan madzhab Salafy?

2⃣. Siapakah orang yang terdepan yang mengajak pada madzhab ini di kalangan ulama kaum muslimin?

3⃣. Apakah boleh menamakan mereka dengan Ahlussunnah wal Jama'ah atau al-Firqatun Najiyah (golongan yang selamat)?

4⃣. Lalu apakah pernyataan begini tidak teranggap sebagai bentuk merekomendasi diri (yang dilarang)?

📌 Jawaban:

1⃣. Yang dimaksud dengan madzhab Salafy adalah apa (madzhab) yang ditempuh oleh para Salaf (pendahulu) ummat ini dari kalangan sahabat, tabi'in, dan para imam yang mu'tabar, berupa aqidah yang shahih, manhaj yang selamat, iman yang jujur, dan berpegang erat dengan Islam, baik dalam aqidah, syari'at, adab, dan suluk (tingkah laku). Berbeda dengan apa yang ditempuh para ahlul bid'ah, orang-orang yang menyimpang, dan orang-orang yang merusak.

2⃣. Dan orang yang terdepan dalam mengajak kepada madzhab Salaf adalah para imam yang empat, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan murid-muridnya, asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan murid-muridnya, dan selain mereka dari setiap orang yang melakukan perbaikan dan mujaddid (pembaharuan), dimana tidak ada satu pun zaman yang kosong dari orang yang tegak dengan membawa hujjah karena Allah.

3⃣. Tidak mengapa menamakan mereka dengan Ahlussunnah wal Jama'ah. Untuk membedakan antara mereka dengan para pengikut madzhab yang menyimpang.

4⃣. Dan hal ini bukanlah termasuk perbuatan mentazkiyah (rekomendasi) diri (yang dilarang). Ini hanyalah bagian dari upaya untuk membedakan antara ahlul haq dengan ahlul batil.

📚 Sumber: al-Muntaqa Min Fatawa asy-Syaikh Shalih al-Fauzan hafizhahullah

🍋 Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)

🖊 Abu Abdillah Rahmat

🔎 Muraja'ah: Al-Ustadz Kharisman hafizhahullah

🗓 10 Jumadal Ula 1439
       28 Januari 2018

🇸🇦 Arabic

📌 المقصود بالمذهب السلفــي

  ❐ للشَّيخ العـــلّامہ
صَالِــح بنُ فَوزان الــفَوزَان
         حَـفظہُ الله تـعالــى -

السؤال
يتردَّد على ألسنة بعض الناس أن فلانًا هذا سلفي، وفلانًا غير سلفي؛ فما المقصود بالمذهب السلفي‏؟‏ ومن أبرز من دعا إليه من علماء المسلمين‏؟‏ وهل يمكن تسميتهم بأهل السنة والجماعة أو الفرقة الناجية‏؟‏ ثم ألا يُعتبَرُ هذا من باب التّزكية للنفس‏؟‏ .

الجَــــــوَابُ :
المقصود بالمذهب السّلفي هو ما كان عليه سلف هذه الأمة من الصحابة والتابعين والأئمة المعتبرين من الاعتقاد الصّحيح والمنهج السّليم والإيمان الصّادق والتمسُّك بالإسلام عقيدة وشريعة وأدبًا وسلوكًا؛ خلاف ما عليه المبتدعة والمنحرفون والمخرِّفون‏.‏

ومن أبرز من دعا إلى مذهب السّلف الأئمة الأربعة، وشيخ الإسلام ابن تيميَّة، وتلاميذه، والشيخ محمد بن عبد الوهَّاب، وتلاميذه، وغيرهم من كلّ مصلح ومجدِّد، حيث لا يخلو زمان من قائم لله بحجَّةٍ‏.‏

ولا بأس من تسميتهم بأهل السنة والجماعة؛ فرقًا بينهم وبين أصحاب المذاهب المنحرفة‏.‏

وليس هـذا تزكية للنفس، وإنّما هو من التمييز بيـن أهل الحق وأهل الباطل‏. 

📓📔 المُنتقى من فتاوى العلّامة الفوزان

تطبيق فتاوى الشيخ الفوزان على الأندرويد. للتحميل:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wahid.fawzan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar