Selasa, 02 Januari 2018

PERBEDAAN BESAR ANTARA WANITA MUKMINAH PENGHUNI JANNAH DENGAN BIDADARI SURGA

⛲ *PERBEDAAN BESAR ANTARA WANITA MUKMINAH PENGHUNI JANNAH DENGAN BIDADARI SURGA*

📝 Berkata al-Imam al-'Allamah al-Qurthubi rahimahullah:

" ```Keadaan seorang wanita mukminah di Jannah lebih utama daripada kondisi bidadari. Demikian pula wanita mukminah (yang masuk surga) lebih tinggi derajatnya dan jauh lebih cantik (dibanding bidadari).

💎 Seorang wanita yang shalihah dari penduduk dunia jika masuk Jannah, maka dia memasukinya hanyalah sebagai balasan atas amal shalih dan pemuliaan dari Allah kepadanya, karena (bagusnya) agamanya dan keshalihannya.

✅ Adapun bidadari yang merupakan salah satu kenikmatan Jannah, dia diciptakan di Jannah hanyalah untuk selain dirinya sendiri. Dan dia dijadikan sebagai balasan bagi seorang mukmin karena amalan shalihnya.

📍 Maka tentunya ada perbedaan besar antara wanita yang masuk Jannah karena amal shalihnya, dengan wanita yang diciptakan sebagai balasan bagi pelaku amal shalih

👍🏻👍🏻 Yang pertama adalah seorang ratu, nyonya besar, dan seorang wanita pemimpin.

👍🏻 Dan yang kedua (bidadari)-dengan segala keagungan kedudukan dan kecantikannya (yang luar biasa)-dia tidak lain-berdasarkan yang manusia ketahui-bukanlah seorang ratu. Justru dia adalah pihak yang diperintah oleh tuannya yang beriman, yang mana Allah menciptakan dia (sang bidadari) sebagai balasan bagi sang tuan.```"

📚 Tafsir al-Qurthubi 16/154

🍋 Thuwailibul 'Ilmisy Syar'i (TwIS)

🖊 Abu Abdillah Rahmat

🔎 Muraja'ah: Al-Ustadz Kharisman hafizhahullah

🗓 14 R. Tsani 1439
       02 Januari 2018

🇸🇦 Arabic

📌 حال المرأة المؤمنة في الجنَّة⤵

● قال العلامة القُرطبِي -رحمه الله- :

■ حال المرأة المؤمنة في الجنَّة أفضل من حال الحور العين وأعلى درجة وأكثر جمالاً ..
● فالمرأة الصالحة من أهل الدنيا إذا دخلت الجنة فإنما تدخلها جزاءً على العمل الصالح وكرامة من الله لها لدينها وصلاحها ..
● أمَّا الحور التي هي من نعيم الجنة فإنما خلقت في الجنة من أجل غيرها وجُعِلَت جزاء للمؤمن على العمل الصالح.

■ وشتان بين من دخلت الجنة جزاء على عملها الصالح، وبين من خلقت ليُجَازَى بها صاحب العمل الصالح ..
● فالأولى ملكة سيِّدة آمِرَة ..
● والثانية -على عظم قدرها وجمالها- إلا أنها ـفيما يتعارفه الناسـ دون الملكة، وهي مأمورة من سيِّدها المؤمن الذي خلقها الله تعالى جزاء له.
ــــــــــــ ❁ ❁ ❁ ❁ ــــــــــــ
تفسير القرطبي 16/154 .



🔆🎁🌷WANITA SHALIHAH DI JANNAH  LEBIH CANTIK  DARI PARA BIDADARI



✍Berkata Al Imam Al Qurthuby رحمہ الله تـــعالـــﮯ :


🌸Keadaan wanita mukminah di Jannah lebih afdhal, lebih tinggi derajatnya, dan lebih cantik dari keadaan para bidadari.


💐Wanita shalihah dari penduduk dunia apabila masuk ke Jannah  merupakan balasan dari amal shalih dan pemuliaan dari Allah terhadap agama dan keshalehannya.


🌼Adapun para bidadari adalah memang bagian dari kenikmatan Jannah dan mereka diciptakan di dalamnya karena ditujukan untuk selain diri mereka(bagi ahlul jannah) dan diciptakan sebagai balasan bagi seorang mukmin atas amal shalihnya.


☑️Maka sangat berbeda tentunya antara seorang yang masuk ke dalam Jannah sebagai balasan atas Amal Shalihnya dengan seorang yang memang diciptakan di Jannah sebagai balasan bagi orang yang beramal shalih.


🌹Yang pertama (wanita shalihah) adalah Ratu dan Tuan yang memerintah.

🌺 Sedang Yang kedua (para bidadari) - walau besar kedudukan dan kecantikannya- hanya saja kedudukannya masih di bawah kedudukan seorang ratu, yang (bidadari tersebut) senantiasa diperintah dari tuannya yang mukmin yang Allah ciptakan (bidadari tersebut) sebagai balasan baginya.


📚 Tafsir Al Qurthuby (16/154)



❍ قَالَ الإمِام القُرطبِي رحمه الله :

 

《 حال المرأة المؤمنة في الجنَّة أفضل من حال الحور العين وأعلى درجة وأكثر جمالاً؛ فالمرأة الصالحة من أهل الدنيا إذا دخلت الجنة فإنما تدخلها جزاءً على العمل الصالح وكرامة من الله لها لدينها وصلاحها، أمَّا الحور التي هي من نعيم الجنة فإنما خلقت في الجنة من أجل غيرها وجُعِلَت جزاء للمؤمن على العمل الصالح.


وشتان بين من دخلت الجنة جزاء على عملها الصالح، وبين من خلقت ليُجَازَى بها صاحب العمل الصالح؛ فالأولى ملكة سيِّدة آمِرَة، والثانية - على عظم قدرها وجمالها - إلا أنها ـ فيما يتعارفه الناس ـ دون الملكة، وهي مأمورة من سيِّدها المؤمن الذي خلقـها الله تعالـى جـزاء له 》.


ــــــــــــــ

 « تفسير القرطبي » (16/ 154)


➖➖➖➖➖➖➖➖➖🔏


🌏💫 *Minhajussunnah An-Nabawiyyah*


📮*JOIN Channel Telegram*||

📲https://telegram.me/minhajussunnah_m


~~~~~~~~~~~~~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar