Senin, 15 Januari 2018

KEUTAMAAN MAJELIS 'ILMU

🌎 https://www.fawaidsolo.com
╚═══════🔎📚

💡🖋📚
KEUTAMAAN MAJELIS 'ILMU

💺Imam Muslim رحمه الله meriwayatkan hadits dalam Shahih-nya dalam Kitab كتاب الذِّكْرِ وَالدُّعَاءِ وَالتَّوْبَةِ وَالِاسْتِغْفَارِ dan Bab بَابُ فَضْلِ الِاجْتِمَاعِ عَلَى تِلَاوَةِ الْقُرْآنِ وَعَلَى الذِّكْرِ hadits no. 2701 :

(2701) حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا مَرْحُومُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، عَنْ أَبِي نَعَامَةَ السَّعْدِيِّ، عَنْ أَبِي عُثْمَانَ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ: خَرَجَ مُعَاوِيَةُ عَلَى حَلْقَةٍ فِي الْمَسْجِدِ، فَقَالَ: مَا أَجْلَسَكُمْ؟ قَالُوا: جَلَسْنَا نَذْكُرُ اللهَ، قَالَ آللَّهِ مَا أَجْلَسَكُمْ إِلَّا ذَاكَ؟ قَالُوا: وَاللهِ مَا أَجْلَسَنَا إِلَّا ذَاكَ، قَالَ: أَمَا إِنِّي لَمْ أَسْتَحْلِفْكُمْ تُهْمَةً لَكُمْ، وَمَا كَانَ أَحَدٌ بِمَنْزِلَتِي مِنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَقَلَّ عَنْهُ حَدِيثًا مِنِّي، وَإِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ عَلَى حَلْقَةٍ مِنْ أَصْحَابِهِ، فَقَالَ: «مَا أَجْلَسَكُمْ؟» قَالُوا: جَلَسْنَا نَذْكُرُ اللهَ وَنَحْمَدُهُ عَلَى مَا هَدَانَا لِلْإِسْلَامِ، وَمَنَّ بِهِ عَلَيْنَا، قَالَ: «آللَّهِ مَا أَجْلَسَكُمْ إِلَّا ذَاكَ؟» قَالُوا: وَاللهِ مَا أَجْلَسَنَا إِلَّا ذَاكَ، قَالَ: «أَمَا إِنِّي لَمْ أَسْتَحْلِفْكُمْ تُهْمَةً لَكُمْ، وَلَكِنَّهُ أَتَانِي جِبْرِيلُ فَأَخْبَرَنِي، أَنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يُبَاهِي بِكُمُ الْمَلَائِكَةَ»

Dari Abu Sa’id Al-Khudri رضي الله عنه, ia berkata : Mu’awiyah رضي الله عنه pernah keluar menuju suatu halaqah di masjid. Lalu ia bertanya : “Majelis apakah ini ?”. Mereka menjawab : “Kami duduk untuk berdzikir kepada Allah”. Mu’awiyah bertanya lagi : “Demi Allah, benarkah kalian duduk hanya untuk itu?”. Mereka menjawab : “Demi Allah, kami duduk hanya untuk itu”. Mu’awiyah berkata : “Sungguh aku tidak menyuruh kalian bersumpah karena mencurigai kalian, sebab tidak ada orang yang menerima hadits dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم lebih sedikit daripada aku. Sesungguhnya Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah melewati satu halaqah para shahabatnya, lalu beliau bertanya : “Majelis apakah ini ?”. Mereka menjawab : “Kami duduk untuk berdzikir kepada Allah. Kami memuji-Nya atas hidayah-Nya berupa Islam dan atas anugerah-Nya kepada kami”. Beliau bertanya lagi :“Demi Allah, apakah kalian duduk untuk itu ?”. Mereka menjawab : “Demi Allah, kami duduk hanya untuk itu”. Kemudian Rasulullah bersabda : “Sungguh, aku tidaklah menyuruh kalian bersumpah karena mencurigai kalian, tetapi karena aku didatangi Jibril عليه السلام yang memberitahukan bahwa Allah ‘azza wa jalla membanggakan kalian di depan para malaikat”
 [1].

💺 Imam An-Nawawi​ رحمه الله menjelaskan bahwa makna "Allah membanggakan kalian di depan para malaikat" adalah :
"Menampakkan kemuliaan kalian di hadapan mereka(para malaikat), dan memperlihatkan bagusnya amalan kalian dan juga menyanjung kalian di hadapan malaikat."
[2]

🔰Allah سبحانه وتعالى membanggakan hamba-hamba-Nya yang duduk di majelis 'ilmu untuk menuntut 'ilmu agama di depan para malaikat yang mulia.

📔 Masihkah kita malas untuk meluangkan waktu sejenak meninggalkan kesibukan dunia untuk menuntut 'ilmu di majelis 'ilmu yang mulia?

Atau bahkan kita tersibukkan dengan perkara yang sia-sia.

زادنا الله علما وحرصا.
والله المستعان.

📔Rujukan :
[1] Shahih Muslim, 4/2075
[2] Syarah Shahih Muslim, 17/23

📤@KajianIslamLsm
╚═══════
📡 Publikasi Salafy Solo:
📮 Telegram || https://t.me/salafysolo
╚═══════🔎📚

🌎 https://www.fawaidsolo.com
╚═══════🔎📚
📔📒
KEUTAMAAN MAJELIS ILMU
2️⃣🌹🌺

☑️✔️ Majelis ilmu memiliki keutamaan-keutamaan yang luar biasa

🖐👉Di dalam haditsnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

إذا مررتم برياض الجنة فارتعوا. قال: وما رياض الجنة؟ قال: حلق الذكر

'Apabila kalian melewati taman-taman surga maka singgahlah. '

☑️ Ditanya oleh shahabat 'Apa itu taman-taman surga ?'

✅💬 Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, "Halaqoh-Halaqoh ilmu"

📗 Sumber :
Ash-Shahihah no.2562

📝 Admin Kajian Islam Lhokseumawe
📤@KajianIslamLsm
╚═══════
📡 Publikasi Salafy Solo:
📮 Telegram || https://t.me/salafysolo
╚═══════🔎📚

🌎 https://www.fawaidsolo.com
╚═══════🔎📚
📗💡📕
KEUTAMAAN MAJELIS ILMU 3️⃣

🌹Anas bin Malik radhiallahu 'anhu berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

ما جلس قوم يذكرون الله عز وجل إلا ناداهم مناد من السماء: قوموا مغفور لكم قد بدلت سيئاتكم حسنات

🍃 "Tidaklah suatu kaum duduk berkumpul mengingat Allah Azza wa Jalla melainkan akan datang penyeru dari langit,

🌻 'Bangunlah kalian dalam keadaan diampuni. Sungguh kesalahan -kesalahan kalian telah diganti menjadi kebaikan-kebaikan."

📗 Lihat Ash-Shahihah no.2210

📝 Admin Kajian Islam Lhokseumawe (Abu Fariq)
📤@KajianIslamLsm
╚═══════
📡 Publikasi Salafy Solo:
📮 Telegram || https://t.me/salafysolo
╚═══════🔎📚

Tidak ada komentar:

Posting Komentar