Minggu, 24 Desember 2017

BERJIHAD (PERJUANGAN) DALAM MEMBENAHI KEADAAN JIWA ATAU PRIBADI (JIHADUN NAFS)

🛡 *BERJIHAD (PERJUANGAN) DALAM MEMBENAHI KEADAAN JIWA ATAU PRIBADI (JIHADUN NAFS)*

✍🏼 Al-Imam Ibnul Qoyyim al-Jauziyyah rahimahullah menyatakan:

Perjuangan jiwa atau pribadi terbagi menjadi 4 tingkatan:

1⃣ Pertama: Berjuang untuk mempelajari petunjuk dan agama yang haq, yang tidak ada keberuntungan maupun kebahagiaan di dunia dan akhirat kecuali dengannya. Jika terlewatkan tidak mengetahui ilmu tentang ini, ia akan sengsara di dua kehidupan (dunia dan akhirat).

2⃣ Kedua: Berjuang untuk beramal setelah berilmu. Sekedar berilmu tanpa beramal, jika tidak menimbulkan mudharat, tidaklah bermanfaat.

3⃣ Ketiga: Berjuang untuk mendakwahkan dan mengajarkan orang yang belum mengetahuinya. Kalau seseorang berilmu tidak berbuat demikian, bisa jadi termasuk orang yang menyembunyikan ilmu yang Allah turunkan berupa petunjuk dan penjelasan. Ilmunya tidak bermanfaat dan tidak menyelamatkannya dari adzab Allah.

4⃣ Keempat: Berjuang untuk bersabar dalam menanggung penderitaan dalam dakwah maupun dalam menerima sikap menyakitkan dari para makhluk. Bersabar atas semua itu karena Allah. Jika keempat tingkatan ini sempurna dilaksanakan, jadilah orang itu sebagai Robbaniyyin (seperti dalam surat Ali Imran ayat 79, pent)

📖 Zaadul Ma’aad fii Hadyi Khoyril Ibaad halaman 9

Terjemahan oleh al-Ustadz Abu 'Uthman Kharisman

🇸🇦 Text Arab:

قال الإمام ابن القيم رحمه الله:

فجهاد النفس أربعُ مراتب أيضاً:
إحداها: أَنْ يُجاهِدَها على تعلُّم الهُدى، ودين الحق الذى لا فلاح لها، ولا سعادة فى معاشها ومعادها إلا به، ومتى فاتها عِلمُه، شقيت في الدَّارين.

الثانية : أن يُجاهدها على العمل به بعد علمه، وإلا فمجرَّدُ العلم بلا عمل إن لم يَضُرَّها لم ينفعْها.

الثالثة: أن يُجاهدها على الدعوة إليه، وتعليمِهِ مَنْ لا يعلمهُ، وإلا كان مِن الذين يكتُمون ما أنزل الله مِن الهُدى والبينات، ولا ينفعُهُ علمُهُ، ولا يُنجِيه مِن عذاب الله.

الرابعة : أن يُجاهِدَها على الصبر على مشاقِّ الدعوة إلى الله، وأذى الخلق، ويتحمَّل ذلك كله لله. فإذا استكمل هذه المراتب الأربع، صار من الربَّانِيين

زاد المعاد في هدي خير العباد (ص.٩)

▫▫▫▫▫▫▫▫
🌐 MAJMU'AH IBN SIREEN
🖥 maktabahibnsireen.com
📱 telegram.me/ibnsireen
📩 twitter.com/ibnsireen
💿 soundcloud.com/ibnsireen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar