Jumat, 31 Oktober 2014

RANTAI PERISTIWA TAHUN HIJRIYAH (Tahun 91 - 100 H)

RANTAI PERISTIWA TAHUN HIJRIYAH
(Tahun 91 - 100 H)

TAHUN 91 HIJRIYAH
-Al Walid memecat Pamannya, Muhammad sebagai gubernur di Jazirah, Azerbaijan dan Armeniah yang kemudian beliau ganti dengan saudaranya yaitu Maslamah. Maslamah melakukan pertempuran demi pertempuran pada tahun itu dan dia berhasil menguasai beberapa benteng dan kota.
-Qutaibah menguasai beberapa kota sehingga menjadikan orang-orang kafir semakin terhina dan ketakutan.
-Wafatnya as Sa'ib bin Yazid al Kindiy (pendapat lain: 88 H). Beliau pernah berkata: "Dahulu saya ikut ayahku ketika haji Wada' dan waktu itu saya berumur tujuh tahun."
-Wafatnya Abul Abbas Sahl bin Sa'ad as Sa'idiy al Anshoriy pada umur yang mendekati 100 tahun. Beliau merupakan sahabat di Madinah yang yetakhir wafat. Wallahu A'lam.

TAHUN 92 HIJRIYAH
-Dikuasainya wilayah al Andalus (Spanyol) oleh pasukan Thoriq maula Musa.
-Wafatnya Malik bin Aus al Hadatsan al An Nashriy. Beliau lahir pada masa jahiliyah. Meriwayatkan hadits dari Abu Bakr as Siddiq.
-Wafatnya Ibrohim bin Yazid at Taimiy. Umurnya tidak mencapai 40 tahun. Meriwayatkan hadits dari Amr bin Maimun.

TAHUN 93 HIJRIYAH
-Qutaibah menguasai beberapa negri dan berhasil mengalahkan Turki. Kemudian dia memasuki daerah Samarqand (kota di Uzbekistan) dengan pasukan yang besar maka datanglah bala bantuan Turki untuk bersekutu dengan Samarqand dan terjadilah pertempuran besar-besaran. Turki berhasil dipukul mundur.
-Kaum muslimin berhasil menguasai beberapa negri pada tahun ini, yaitu daerah Maghrib, Spanyol, Romawi, Hindia yang belum pernah terjadi sebelumnya meliputi timur dan barat selama 90 tahun terakhir.
- Wafatnya Khodimun Nabiy, Abu Hamzah Anas bin Malik. Ini menurut satu pendapat. Menurut pendapat lain: 90, 91 dan 20 H. Beliau menjadi pembantu Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam selama Sepuluh tahun.
-Wafatnya Bilal bin Abi Darda'
-Wafatnya Abu Sya'tsa' Jabir bin Zaid al Azdiy al Faqih. Berkata Ibnu Abbas: " Andai penduduk Bashrah menuruti ucapan Abu Sya'tsa'  maka akan luaslah pengetahuan mereka tentang Kitabullah."
-Wafatnya Abul 'Aliyah Rofi' bin Mihran al Muqri' al Mufassir (menurut pendapat lain: 90 H). Berkata Abu Bakr bin Abi Dawud: "Tidak ada yang lebih faham tentang Al Qur'an setelah para sahabat - selain Abul 'Aliyah dan yang setelahnya, Said bin Jubair."
-Wafatnya Zuroroh bin Aufa al 'Amiriy seorang Qodhi Bashroh. Di saat sholat subuh dia membaca ...
.فإذا نقر في الناقور
(Al Muddatsir: 8)
lalu beliau jatuh dan wafat. Rahimahullah.

TAHUN 94 HIJRIYAH
-Qutaibah berperang di Farghanah dan berhasil menguasainya setelah terjadi peperangan yang dahsyat.
-Wafatnya Abu Muhammad, Said bin Musayib al Makhzumiy al Faqih (berkata Ibnul Madiniy dan yang lainnya: 93 H). Beliau lahir pada zaman Umar bin Khatab. Berkata Mahkul, Qotadah, az Zuhriy dll: " Saya belum pernah melihat sosok manusia yang lebih alim dari Said bin Masayib."
Beliau adalah orang pertama dari tujuh ulama kibar tabi'in.
- Wafatnya Urwah bin Zubair bin al Awwam. Lahir pada tahun 29 H. Dahulu beliau puasa dahr dan beliau wafat dalam keadaan sedang berpuasa. Beliau tidak pernah meninggalkan shalat malam kecuali pada malam di saat kakinya dipotong. Beliau termasuk tujuh ulama kibar tabi'in.
-Pada malam Selasa, 14 Rabiul awal wafatnya Ibnu Hasan Zainal Abidin Ali bin al Husain (menurut Yahya bin Abdillah). Beliau lahir pada tahun 38/39 H.

=> Pujian ulama atasnya:
Berkata az Zuhriy: "Aku tidak pernah melihat orang yang lebih faqih darinya, hanya saja haditsnya sesikit."
Berkata Abu Hatim al A'roj: "Aku belum pernah melihat bani Hasyim yang lebih alim darinya."
Berkata Ibnul Musayib: "Belum pernah aku melihat orang lebih waro' darinya."
Berkata Malik: "Sesungguhnya dahulu dia sholat siang dan malam sebanyak seribu rakaat sampai wafatnya. Beliau dijuluki sebagai 'zainal abidin' karena kesungguhan ibadahnya."

-Wafatnya Abu Bakr bin Abdirahman bin bin Harits bin Hisyam. Beliau dijuluki sebagai Rahibnya quraisy karena kesungguhan ibadahnya. Beliau termasuk Tujuh ulama kibar tabi'in.
-Wafatnta Abu Salamah bin Abdirahman bin Auf (sebagian pendapat: 104 H). Termasuk Tujuh ulama kibar Tabi'in.
Berkata az Zuhriy: "Empat orang yang aku pandang mereka seperti lautan ilmu, yakni Urwah, Ibnul Musayib, Abu Salamah dan Ubaidullah."

TAHUN 95 HIJRIYAH
-Dicabutnya nyawa al Hajjaj bin Yusuf at Tsaqafiy pada umur 55 tahun. Namun Allah taqdirkan kematiannya bertepatan dengan malam tanggal 29 Ramadhan. Dia berkuasa di Hijaz selama dua tahun dan di Iraq selama 20 tahun. Dahulu dia adalah seorang yang pemberani, cerdas, sekaligus penumpah darah kaum muslimin.

TAHUN 96 HIJRIYAH
-Kematian Quroh bin Syarik Amir Mesir. Dia adalah seorang yang zhalim. Dikatakan bahwa setelah menyelesaikan pembangunan kota mesir dia menyeru manusia untuk berpesta pora di malam hari dan minum khomr. Dia mengatakan: "Mereka punya siang, kita punya malam."
Berkata Umar bin Abdul Aziz: "Al Walid di Syam, al Hajjaj di Iraq, Quroh di Mesir, Utsman bin Hayan di Hijaz - bumi penuh dengan kesewenang-wenangan, demi Allah."
-Kematian Khalifah al Walid pada bulan Jumadil Akhir. Dia adalah seorang yang zhalim, kejam dan kurang beradab. Namun dia juga banyak membaca Al Qur'an. Disebutkan bahwa dia mengkhatamkan Al Qur'an saat bulan Ramadhan sebanyak 17 kali. Dia juga banyak bersedekah.
-Terbunuhnya Qutaibah bin Muslim di negri Khurasan. Dia menjadi gubernur di sana selama sepuluh tahun. Dia dipecat oleh Sulaiman bin Abdil Malik lalu dia dibunuh.

TAHUN 97 HIJRIYAH
-Wafatnya Said bin Jabir al Masiniy, Shahib Abu Hurairah
-Wafatnya al Faqih Thalhah bin Abdirahman bin Auf az Zuhriy Qadhi di Madinah.
-Wafatnya Qais bin Abi Hazim al Bajaliy al Kufiy, salah satu ulama Kufah.
-Wafatnya Abu Abdirahman Musa bin Nashir al A'raj al Amir yang telah berhasil  menguasai Spanyol dan beberapa daerah di Maroko. Beliau wafat dalam rombongan haji bersama al kholifah Sulaiman bin Abdil Malik.

TAHUN 98 HIJRIYAH
-Pertempuran pasukan Maslamah melawan Konstantinopel
-Yazid bin al Mihlab berhasil menguasai negri Jurjan
-Wafatnya Said bin Iyas Abu Amr asy Syaibaniy al Kufiy pada umur 120 tahun.
-Wafatnya Abul Hasyim bin Abdullah bin Muhammad bin al Hanafiyah
-Wafatnya Ubaidullah bin Utbah bin Mas'ud (menurut pendapat yang rajih). Beliau termasuk tujuh ulama besar tabi'in.
-Wafatnya Kuraib maula Ibnu Abbas. Beliau juga terkenal dengan ilmunya.

TAHUN 99 HIJRIYAH
-Wafatnya Mahmud bin ar Rabi' al Anshariy
-Wafatnya Nafi' bin Jubair bin Muth'im an Naufaliy
-Wafatnya Abdullah bin Muhairiz an Jumahiy, seorang ahli ibadah di syam.
-Pada bulan Shafar, wafatnya al Khalifah Abu Ayyub Sulaiman bin Abdul Malik pada umur 45 tahun. Kepemerintahaannya tidak lebih dari tiga tahun. Beliau adalah orang faqih, cerdas dan cinta keadilan. Dahulu dia menjadikan anak pamannya yaitu Umar bin Abdil Aziz sebagai menterinya, kemudian dia mempercayakan kekhilafaan kepada beliau.

TAHUN 100 HIJRIYAH
-Wafatnya Abu Umamah As'ad bin Sahl al Anshoriy. Beliau lahir pada zaman nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam masih hidup.
-Wafatnya Abu Tufail Amir bin Wailah bin asqo' al Kinaniy (menurut pendapat lain: 110 H). Beliau merupakan orang yang terakhir meninggal di kalangan orang-orang yang dahulunya pernah melihat nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam.
-Wafatnya Khorijah bin Zaid bin Tasbit, salah satu kibar ulama tabi'in yang tujuh.
-Wafatnya Syahr bin Hausyab. Beliau adalah murid dari Ibnu abbas. Meriwayatkan banyak hadits namun Syu'bah bin Hajjaj menganggapnya lemah.
-Wafatnya Muslim bin Yasar al Makkiy kemudian al Bashriy. Termasuk ulama kibar di Bashroh dan ahli ibadah.
-Wafatnya Isa bin Thalhah at taimiy, seorang yang terhormat di kalangan quraisy.
Wallahu A'lam bishowab......

===============================
Maroji:
*AL 'IBAR Al Imam Adz Dzahabi
*TARIKH AL ISLAM Imam Adz Dzahabi
*SIYAR A'LAMIN NUBALA Adz Dzahabi

Oleh: Abu Dawud al Pasimiy
===============================
WA thullab fyusy & SLN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar