Minggu, 12 Oktober 2014

KEKHUSYU'AN IMAM AL BUKHORI-RAHIMAHULLAH- DALAM SHOLATNYA

KEKHUSYU'AN IMAM AL BUKHORI-RAHIMAHULLAH- DALAM SHOLATNYA

خشوع الإمام البخاري -رحمه الله- في صلاته
قال مسبح بن سعيد « كان محمد بن إسماعيل يختم في رمضان كل يوم ختمة ويقوم بعد التراويح كل ثلاث ليال بختمة. وكان رحمه الله يصلي ذات يوم أو ذات ليلة، فلسعه الزنبور سبع عشرة مرة، فلما قضى صلاته قال: انظروا أي شيئ آذاني في صلاتي،فنظروا فإذا الزنبور قد ورمه في سبعة عشر موضعا،ولم يقطع صلاته. وقد قيل:إن هذه الصلاة كانت التطوع بعد صلاة الظهر، وقيل له بعد أن فرغ من صلاته:« كيف لم تخرج من الصلاة أول ما لسعك؟ »،قال:« كنت في سورة فأحببت أن أتمها »

[سير أعلام النبلاء ١٢/٤٤٢ و صلاة المؤمن ص ٣١٠ ]

Berkata Musabbih bin Sa'id: "Dulu Muhammad bin Isma'il (al Bukhori) mengkhatamkan setiap hari satu kali dalam Ramadhan, dan berdiri setelah shalat tarawih pada setiap tiga malam dengan satu khataman,  dulu -rahimahullah- sholat pada suatu hari atau pada suatu malam, kemudian datang seekor tawon dan menyengatnya 17 kali sengatan, maka setelah ia selesai dari sholatnya beliau berkata: "Lihatlah apa yang telah menggangguku dalam sholatku”. Maka mereka pun melihatnya bahwa seekor tawon telah membuatnya bengkak pada 17 tempat, sedang beliau tidak memutus sholatnya !!

(Dikatakan bahwa sholat yang ia lakukan adalah sholat sunnah (rawatib) setelah Dzuhur), dan dikatakan kepadanya setelah ia selesai dari sholatnya: "Bagaimana (kenapa) kamu tidak keluar dari sholatmu pada saat pertama ia (tawon) menyengatmu”

Imam Bukhori berkata: "Ketika itu aku sedang berada dalam (bacaan.pen) suatu surat maka aku suka (jika) bacaan itu kusempurnakan”

[ Siyar A'lam Nubala 12/ 442 dan Sholat Mukmin hal. 310]

Faedah dari akhukum fillah...

Habib

WhatsApp Salafy Lintas Negara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar