Selasa, 20 Mei 2014

Hadits tentang niat



FAEDAH HADITS ARBA’IN NAWAWI

HADITS PERTAMA

عَنْ أَمِيرِ المُؤمِنينَ أَبي حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الخَطَّابِ - رضي الله عنه - قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ - صلى الله عليه وسلم - يَقُولُ : " إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ ، وَإنَّمَا لِكُلِّ امْرِىءٍ مَا نَوَى ، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلى اللهِ وَرَسُوله فَهِجْرتُهُ إلى اللهِ وَرَسُوُله ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا ، أَو امْرأَةٍ يَنْكِحُهَا ، فَهِجْرَتُهُ إِلى مَا هَاجَرَ إلَيْهِ "

Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh ‘Umar bin Khaththab, beliau berkata: saya mendengar Rasulullah --shallallahu 'alaihi wa sallam-- bersabda, “Semua amalan tergantung pada niatnya. Dan (balasan) bagi setiap orang (tergantung) apa yang diniatkan. Barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya dipersembahkan kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barang siapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya pun dipersembahkan kepada apa yang dia diniatkan"

(Muttafaqun ‘Alaihi)

Faedah Hadits:

✅ Hadits ini merupakan salah satu poros Islam. Ulama’ mengatakan, “Poros Islam ada pada dua hadits; ini salah satunya dan yang kedua hadits, ‘Barangsiapa beramal tanpa petunjuk kami, maka amalan tersebut tertolak.”

Hadits pertama berbicara tentang ikhlas dan hadits kedua tentang ittiba’ (mengikuti) sunnah Nabi. Dan dua hal ini merupakan syarat sah diterimanya suatu amalan.

✅ Fungsi niat adalah membedakan ibadah dengan kebiasaan, dan membedakan suatu ibadah dengan ibadah lainnya.

Contoh niat yang membedakan ibadah dengan kebiasaan adalah niat untuk mandi junub dan niat untuk mandi untuk membersihkan badan semata. Walaupun sama-sama mandi, namun niat membedakan antara keduanya.

Dan contoh niat yang membedakan suatu ibadah dengan ibadah lainnya adalah niat untuk sholat subuh dan niat untuk sholat sunah rawatib. Walaupun cara pengerjaannya sama, demikian pula bilangannya, namun terbedakan dengan niat.

✅ Pentingnya menjaga keikhlasan. Berkata Ibnul Mubarak, “Bisa saja amalan besar menjadi kecil disebabkan niat, dan bisa pula amalan kecil menjadi besar disebabkan niat.”

✅ Hijrah merupakan salah satu amalan yang harus dijaga keikhlasannya.

Wallahu A’lam.

Daarul Hadits, Fuyush
Abu Thalha Alwindany



Whatsapp Salafy Lintas Negara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar