Senin, 26 Mei 2014

Silsilah al-Fawaid as-Salafiyyah [ 15 ]

----- 

Silsilah al-Fawaid as-Salafiyyah
               ~~• [ 15 ] •~~

 Asy-Syaikh al-'Allamah Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah berkata,

"Tidak cukup bagi seseorang, bahwa dia sudah mengerti Tauhid dan mengamalkannya. Namun dia harus MENGERTI PULA LAWANNYA, yaitu SYIRIK. Karena khawatir bakal terjatuh padanya, dan merusak tauhidnya. Barangsiapa yang tidak mengerti tentang sesuatu, sangat dikhawatirkan dia terjatuh padanya.
 
✒ Sebagaimana dikatakan oleh Amirul Mukminin ‘Umar bin al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu, “Sangat dikhawatirkan akan lepas ikatan Islam seutas demi seutas, apabila muncul dalam Islam orang-orang yang tidak mengerti tentang Jahiliyyah.”
 
Karena dia tidak mengerti perkara-perkara jahiliyyah, atau mengiranya sebagai sesuatu yang baik padahal termasuk perkara jahiliyyah. Maka akibat kebodohannya terhadap hakekat sesuatu tersebut, sesuatu itu menjadi rancu bagi dia, sehingga dia pun melakukannya padahal itu termasuk perkara jahiliyyah.
 
Demikian pula, yang lebih berbahaya lagi, orang yang tidak mengerti tentang Syirik, tempat-tempat masuknya, dan macam-macamnya, serta bahaya-bahayanya, maka dia sangat-sangat dikhawatirkan untuk terjatuh dalam kesyirikan dalam keadaan dia tidak tahu/tidak menyadari. Karena jahil (kebodohan) itu merupakan penyakit yang mematikan.
 
 Seorang penyair mengatakan,

'Sesuatu itu akan ditampakkan keindahannya oleh lawannya. Maka dengan lawannya, sesuatu bisa menjadi jelas.'
 
...
 
Demikian pula, tidak akan tahu nilai mahal Tauhid, keutamaan Tauhid, dan tahqiq Tauhid, kecuali orang yang mengenal kesyirikan dan perkara-perkara jahiliyyah supaya dia menjauhinya, dan menjaga kemurnian Tauhidnya.
 
[ I'anatu al-Mustafid, Syarh Kitab at-Tauhid oleh Ma'ali asy-Syaikh DR. Shalih bin Fauzan al-Fauzan ]


--------------------------
WhatsApp MiratsulAnbiya Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar