Senin, 26 Mei 2014

Silsilah al-Fawaid as-Salafiyyah [ 16 ]

---------

Silsilah al-Fawaid as-Salafiyyah
            ~• [ 16 ] •~

Pentingnya Mengetahui Kebatilan dan Syubhat, untuk diketahui Bantahannya dan Dijauhi
          --------------

Asy-Syaikh al-'Allamah Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah berkata,

 " ... Dari sini tampaklah kesalahan kesalahan mereka yang mengatakan 'tidak ada perlunya kita mempelajari aqidah-aqidah yang batil, dan kita mengetahui madzhab-madzhab batil. Tidak ada perlunya kita membantah mu'tazilah dan jahmiyyah. Karena kelompok-kelompok tersebut telah hilang dan sirna. Ajarkan pada umat ini Tauhid, cukup sudah.'

 Atau sebagian lagi mengatakan, 'Mereka tidak perlu lagi diajari Tauhid, karena mereka adalah anak-anak fitrah, tumbuh di negeri muslimin. Ajarkan kepada mereka ilmu-ilmu dunia: ilmu produksi dan kemodernan. Adapun Tauhid, mereka sudah dapat pelajaran tersebut dengan fitrahnya atau dari lingkungannya.'

 Ada lagi yang mengatakan, 'Umat sudah melewati masa-masa khurafat. Karena mereka sekarang sudah mendapatkan wawasan dan pengetahuan. Sehingga tidak mungkin lagi mereka terjatuh dalam kesyirikan setelah itu. Syirik itu adanya pada zaman Jahiliyyah. Ketika manusia masih polos.'

 Mereka menamakan syirik dalam ibadah sebagai syirik polos/biasa. Adapun syirik sebenarnya menurut mereka adalah apa yang dinamakan dengan syirik politik, atau syirik penguasa, atau syirik hakimiyyah.

 Oleh karena itu mereka tidak mementingkan untuk mengingkari kesyirikan yang para rasul diutus untuk mengingkarinya (yaitu syirik Ibadah, pen). mereka meletakkan pengingkaran mereka pada syirik hakimiyyah saja.

 Ini semua di antara tipu daya syaitan terhadap Bani Adam. … sesungguhnya di sana ada orang-orang yang membuat umat tidak lagi mau mempelajari tauhid, mempelajari syirik, mengenali syubhat dan kesesatan, mengajak umat untuk meninggalkan perkara-perkarat tersebut.

Ini semua, bisa jadi karena kejahilan (kebodohan) mereka dan karena mereka tidak mengerti, atau bisa jadi karena mereka hendak 'menyusup'kan kesesatan di tengah-tengah muslimin dan ingin merusak aqidah muslimin.

 Maka kita HARUS WASPADA dari fenomena ini. Kita mendengar ada yang mengatakan, 'mempelajari aqidah mu'tazilah dan bagaimana membantah mereka, adalah seperti merajam kuburan. Karena mereka (tokoh-tokoh mu'tazilah itu) sudah mati.'

 Kita jawab, "Ya Subhanallah. Memang benar mereka telah mati sosok-sosok mereka. Namun aqidah mereka masih tetap ada. Syubhat-syubhat mereka tetap ada. Kitab-kitab mereka masih dicetak dan ditahqiq sekarang, dibiayai untuk itu, serta dipromosikan. Maka bagaimana kita akan dikatakan biarkan mereka karena sudah mati??!!

Allah Subhanahu wa Ta'ala menyebutkan syubhat-syubhat kaum musyrikin dari umat-umat terdahulu, baik Fir'aun, Haman, Qarun, kaum Nuh, 'Ad, dan Tsamud, dll padahal mereka adalah umat yang sudah musnah. Namun Allah menyebutkan syubhat-syubhat mereka dan bantahan atasnya.

Yang dilihat bukan sosok-sosoknya, namun yang dilihat adalah aqidah dan kebatilannya. Yang dilihat adalah syubhat-syubhatnya, dan masing-masing kaum itu ada pewarisnya."

  [ I'anatu al-Mustafid,Syarh Kitab at-Tauhid oleh Ma'ali asy-Syaikh DR. Shalih bin Fauzan al-Fauzan ]


---------------------------
WhatsApp MiratsulAnbiya Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar