-------------
✨APAKAH IMAN SAMA DENGAN TAUHID ?
Oleh:
Asy-Syaikh al 'Allaamah Muhammad bin Sholih al-'Utsaimin-rahimahullah-
✹✹✹
P E R T A N Y A A N:
Baarakallahu fiikum wahai Syaikh yang mulia seorang penanya berkata: "Aku bertanya pada pertanyaan yang kedua, aku katakan: "Apakah iman itu adalah tauhid?"
J A W A B A N:
Iman dan tauhid adalah dua perkara yang berbeda (lafadznya) dan dua perkara yang sama(ma'nanya).
فالتـــوحيد هو أفـــراد الله عز وجل بمــا يســــتحقه ويختص به من الـــربوبية والألـــوهية والأسمـــاء والصفــات
TAUHID adalah: Mengesakan Allah azza wajalla pada hak-hak yang khusus bagi-Nya dari perkara rububiyyah, uluhiyyah dan nama-nama serta sifat-sifat-Nya.
Oleh karena ini para Ulama' Rahimahumullah mengatakan bahwa tauhid terbagi menjadi tiga macam:
■ Tauhid Rububiyyah
■ Tauhid Uluhiyyah dan
■ Tauhid Asma' wassifat.
Tiga macam tauhid ini terdapat di dalam firman Allah azza wajalla :
﴿رَبُّ السَّمَـــاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمــــَا فَـــاعْبُدْهُ وَاصــْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ هَــلْ تَعْلَمُ لَــهُ سَمِيّاً﴾
"Rabb langit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya maka beribadahlah kepadaNya dan bersabarlah dalam beribadah kepadaNya. Apakah engkau mengetahui ada sesuatu yang semisal denganNya".
▪Firman Allah
رَبُّ السَّمَـــاوَاتِ وَالْأَرْض وَمَا بَيْنَهُمــــَا
{Rabb langit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya} yakni TAUHID RUBUBUIYYAH.
▪Firman Allah
فَـــاعْبُدْهُ وَاصــْطَبِرْ لِعِبَادَت
{maka beribadahlah kepadaNya dan bersabarlah dalam beribadah kepadaNya} yakni TAUHID ULUHIYYAH.
▪Firman Allah
هَــلْ تَعْلَمُ لَــهُ سَمِيّاً
{apakah engkau mengetahui ada sesuatu yang semisal denganNya} yakni TAUHID ASMA' WASSIFAT.
❗Pembagain tauhid ini mencakup IMAN secara kenyataannya karena bariman kepada Allah azza wajalla mencakup beriman kepada Rububiyyah Allah, UluhiyyahNya serta beriman kepada Nama-nama dan Sifat-sifatNya.
Dengan demikian maka orang yang mentauhidkan Allah berarti dia beriman kepadaNya dan orang yang beriman kepada Allah berarti dia mentauhidkanNya. Akan tetapi terkadang terdapat cacat dalam keimanan atau dalam tauhid sehingga berkurang.
ولهـــذا كان القـــول الـــراجح أن الإيمــان يزيد وينقص، يزيد وينقص في حقيقتــه، وفي آثـــاره ومقتضيــاته
☝Oleh karena ini pendapat yang KUAT adalah bahwa iman itu bisa bertambah dan bisa berkurang, bertambah dan berkurang hakikatnya, atsar(dampak)nya, dan konsekuensi-konsekuensinya.
Seseorang terkadang merasakan dalam hatinya ketenangan(keyakinan) yang mendalam seakan-akan dia melihat suatu yang tidak nampak yang dia imani tersebut, dan terkadang muncul kekurangan dalam keyakinan yang sempurna ini.
Apabila kamu ingin mengetahui bahwa keyakinan itu bertingkat-tingkat maka bacalah firman Allah tentang Nabi Ibrahim kekasihNya 'alaihis shalatu wassalam:
﴿وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِـــيمُ رَبِّ أَرِنِي كَيْفَ تُحْيِي الْمَوْتَى قَـــالَ أَوَلَمْ تُؤْمِنْ قَالَ بَلَى وَلَكِــنْ لِيَطْمَـــئِنَّ قَلْبِي﴾
Dan ketika Ibrahim berkata: "Wahai Rabbku perlihatkan kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang mati!" Allah menjawab: "Apakah kamu TIDAK BERIMAN?" Ibrahim berkata: "Tentu(aku beriman) tetapi agar hatiku tenang(yakin).}
Sebagaimana iman juga bertambah dengan (disebabkan) atsar (dampak) dan konsekuensinya, setiap kali seseorang bertambah amalan shalihnya, maka bertambah pula keimanannya hingga dia termasuk orang-orang mukmin yang sempurna (keimananya).
------
___________________
تطبيق فتاوى بن عثيمين رحمه الله - هل الإيمان هو التوحيد ؟
السؤال:
بارك الله فيكم فضيلة الشيخ يقول: أسأل في سؤالي الثاني أقول: هل الإيمان هو التوحيد؟
الجواب:
الشيخ: الإيمان والتوحيد شيئان متغايران، وشيئان متفقان؛ فالتوحيد هو أفراد الله عز وجل بما يستحقه ويختص به من الربوبية والألوهية والأسماء والصفات؛ ولهذا قال العلماء رحمهم الله: إن التوحيد ينقسم إلى ثلاثة أقسام: توحيد الربوبية، وتوحيد الألوهية، وتوحيد الأسماء والصفات، وأن هذه الأقسام جاءت في قول تعالى:
﴿رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهِ هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيّاً﴾
فقوله: رب السماوات والأرض وما بينهما يعني توحيد الربوبية وقوله فاعبده واصطبر لعبادته يعني توحيد الألوهية، وقوله: هل تعلم له سمياً يعني توحيد الأسماء والصفات، وهذا التقسيم يشمل الإيمان في الواقع؛ لأن الإيمان بالله عز وجل يتضمن الإيمان بروبيته وألوهيته وأسمائه وصفاته، وعلى هذا فالموحد لله مؤمن به، والمؤمن بالله موحد له؛ لكن قد يحصل خلل في التوحيد، أو في الإيمان فينقصان؛
❗ولهذا كان القول الراجح أن الإيمان يزيد وينقص، يزيد وينقص في حقيقته، وفي آثاره ومقتضياته، فالإنسان يجد من قلبه أحياناً طمأنينة بالغة؛ كأنما يشاهد الغائب الذي كان يؤمن به، وأحياناً يحصل له شيء من قلة هذا اليقين الكامل، وإذا شئت أن تعرف أن اليقين يتفاوت فاقرأ قول الله تعالى عن إبراهيم خليله عليه الصلاة والسلام:
﴿وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ أَرِنِي كَيْفَ تُحْيِي الْمَوْتَى قَالَ أَوَلَمْ تُؤْمِنْ قَالَ بَلَى وَلَكِنْ لِيَطْمَئِنَّ قَلْبِي﴾.
كما أنه أيضاً يزيد بآثاره ومقتضياته، فإن الإنسان كلما ازداد عملاً صالحاً ازداد إيمانه؛ حتى يكون من المؤمنين الخلص.
المصدر:
Sumber:
http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/Lw_250_02.mp3
[Durasi 02:40]
▪Alih Bahasa:
Abdullah Bantul حفظه الله - [FBF-3]
✲✹✲
__________________
مجموعــــــة توزيع الفــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF] | www.alfawaaid.net
Tidak ada komentar:
Posting Komentar