Minggu, 15 November 2015

KETIKA DAJJAL MASIH KALAH MENAKUTKAN


KETIKA DAJJAL MASIH KALAH MENAKUTKAN
-------
Kalau nama Dajjal disebutkan maka secara spontan alam pikiran kita langsung menggambarkan sebuah sosok yang sangat menakutkan lagi mengerikan.
Tidak heran kalau para nabi -alaihimus sholatu was salaam- mengingatkan umatnya dari sosok yang satu ini dan waspada terhadap fitnahnya.
Namun ternyata tahukah anda bahwa ada yang lebih menakutkan dari dari Dajjal, sosok Dajjal yang menakutkan ini seolah tidak berarti bila dibandingkan dengannya.
⌛ Kira-kira empat belas abad yang silam terucap sebuah pesan penting dari manusia yang paling mulia di alam raya, junjugan kita nabi Muhammad -Sholallahu alaihi wa sallam-, pesan inilah yang menunjukkan ternyata ada yang lebih menakutkan dari pada Dajjal.
وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مَرْفُوعًا: (أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِمَا هُوَ أَخْوَفُ عَلَيْكُمْ عِنْدِي مِنَ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ؟) قَالُوا: بَلَى يَا رَسُولَ اللهِ! قَالَ: (الشِّرْكُ الْخَفِيُّ، يَقُومُ الرَّجُلُ فَيُصَلِّي، فَيُزَيِّنُ صَلَاتَهُ، لِمَا يَرَى مِنْ نَظَرِ رَجُلٍ). رَوَاهُ أَحْمَدُ.
Dari Abu Sa’îd radhiyallâhu ‘anhu secara marfu’, (beliau berkata bahwa Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bertanya), “Maukah kalian kuberitahukan tentang sesuatu yang paling kukhawatirkan terhadap kalian daripada Al-Masîh Ad-Dajjâl?” (Para shahabat) menjawab, “Tentu, wahai Rasulullah!”
Beliau pun bersabda, “Yakni syirik tersembunyi, yaitu ketika seseorang berdiri untuk mengerjakan shalat, lalu memperindah shalatnya karena mengetahui bahwa ada orang lain yang memerhatikannya.”
Diriwayatkan oleh Ahmad.
Dari hadits tersebut terjawab sudah pertanyaan yang ada bahwa riya jauh lebih menakutkan dari pada Dajjal.
Terbukti Rasulullah -Sholallahu alaihi wa sallam-  lebih khawatir akan bahaya riya dari pada bahaya Dajjal untuk para sahabatnya, padahal mereka adalah umat terbaik yang tidak diragukan kekuatan imannya.
Yang jadi pertanyaan kenapa riya begitu menakutkan bahkan bisa mengalahkan imej yang ada pada Dajjal❔❔❔
Jawabannya ada pada ucapan Nabi ketika beliau berkhubah :
" خطبنا رسول الله صلى الله عليه وسلم ذات يوم فقال: يا أيها الناس اتقوا هذا الشرك، فإنه أخفى من دبيب النمل"
"Wahai umat manusia,takutlah kalian dari kesyirikan ini karena dia lebih samar dari jejak kaki semut" dalam riwayat yang lain disebutkan , " lebih samar dari jejak kaki semut diatas batu hitam pada malam gelap gulita."
Hadits datang dari beberapa Sahabat diantaranya Abu Bakr, Abu Musa, Hudzaifah dan Aisyah -Rodhiyallahu 'anhum-
Yang dikeluarkan oleh Abu Nuaim pada kitab Hilyah,Ibnu Abi Syaibah dalam mushonnafnya,dan Imam Bukhori dalam Adabul Mufrod.
Riya memang sangat menakutkan, dia bisa lebih mengerikan dari Dajjal karena bahayanya yang sangat samar dan halus  bagaikan virus berbahaya yang mematikan
⚠ Bahkan lebih berbahaya dari segala virus yang pernah ada. Hal ini karena orang yang terjangkiti virus ini dia merasa nyaman dan menikmatinya, berbeda dengan virus duniawi orang yang terjangkiti akan merasa sakit dan tidak nyaman.
⏩ Bersambung insya Allah . . . .
_______
✏ Abu Sufyan al-Musy -حفظه الله-
WA Berbagi Faedah [WBF] |  https://jendelasunnah.com
Join WBF di alamat: https://telegram.me/WABerbagiFaedah
------------------------------------------------
Telegram.me/salafiyyun
------------------------------------------------



Tidak ada komentar:

Posting Komentar