Jumat, 20 November 2015

Sebab Kokohnya Hafalan Al Qur'an


SEBAB KOKOHNYA HAFALAN AL QUR`AN
___________--------------__________

Asy Syaikh Ubaid Al Jabiry – Hafizhahullah

Tanya:
Apa saja sebab-sebab yang dapat membantu kita dalam mengokohkan (ضبط) Kitabullah – azza wa jalla?

Jawab:
Adh Dhabth adalah suatu hal yang lain, adh dhabth haruslah diambil dari seorang alim, sampai benar seluruh harakat (pada bacaan)mu, dan sampai engkau bisa memberikan kepada setiap huruf haknya berupa makhraj, dan ini diambil dari ulama. Akan tetapi tampaknya engkau bertanya tentang hafalan, engkau maksudkan adh dhabth yang berarti al hifdz (hafalan),

maka ini ada beberapa sebab:
1⃣Pertama: engkau mencari saat engkau bersemangat, maka apabila engkau mendapati dirimu merasa jenuh atau malas maka tinggalkan atau persedikit (menghafal/memurajaah Al Qur`an - pen).

2⃣Kedua: tidak adanya kesibukan-kesibukan atau hal-hal yang menyibukkan, karena apabila pikiran sedang sibuk atau tersibukkan maka tidak dapat memuat hafalan.

3⃣Ketiga: dan ini adalah waktuku (untuk menghafal/muroja’ah – pen), waktu terbaik adalah pada akhir malam, apabila engkau telah shalat (lail) sesuai yang telah ditetapkan untukmu dan engkau telah melakukan witir, maka bacalah semampumu.

Ada perkara yang
4⃣keempat: yaitu engkau memperhatikan tempat-tempat berhenti, contohnya kisah (yang ada dalam Al Qur`an – pen) apabila engkau telah selesai membaca suatu kisah maka janganlah engkau gabungkan dengan kisah yang lainnya, usahakan misalnya engkau menghafal kisah ini dulu.

Adapun wirid Nabi – shallallahu ‘alaihi wa sallam - (bagian yang dibaca per hari dari Al Qur`an) maka aku tidak mengetahuinya, belum pernah aku dapati tentangnya sampai saat ini, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam turun kepadanya Al Qur`an, maka tidak tertutup kemungkinan beliau mengkhatamkannya setiap bulan, akan tetapi aku mengetahui apa yang telah datang pula dari amalan salaf, bahwa waktu tercepat bagi mereka untuk mengkhatamkan Al Qur`an adalah dalam tiga malam,
wallahu a’lam.

✒ Alih bahasa: Al-Ustadz Abu Ahmad purwokerto

⏳Dipublikasikan :
ahlussunnahtarakan.blogspot.co.id/2015/11/sebab-kokohnya-hafalan-al-quran.html?m=1

___" BERBAGI ILMU SYAR'I " ___⏳

------------------------------------

One for all : telegram.me/salafymedia salafymedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar