Selasa, 11 November 2014

HUKUM SHOLAT DI MASJID YANG ADA KUBURAN PADANYA ATAU SEKITARNYA [1]

------------------------
Silsilah Fatawa Fiqih Ibadah
------------------------
HUKUM SHOLAT DI MASJID YANG ADA KUBURAN PADANYA ATAU SEKITARNYA [1]
------------------------
Syaikh Al-Muhaddits Muqbil bin Hadi Al-Wadi'y rohimahulloh.

__✒ Pertanyaan:

Sebuah masjid dikelilingi oleh kuburan dari segala penjuru maka apakah sah sholat dalam masjid tersebut?

Jawaban:

Perlu diketahui bahwa sebuah kuburan yang berada di dalam masjid -atau beberapa kuburan di dalam masjid - sekalipun tidak terkandung dalam pertanyaan - merupakan sunah dari sunah-sunahnya kaum Yahudi, diriwayatkan oleh Bukhori-Muslim di dalam shahih keduanya dari Aisyah rodhiallohu 'anha beliau berkata: Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda:

« لعنة الله على اليهود والنصارى، اتخذوا قبور أنبيائهم مساجد»

"Alloh melaknat kaum Yahudi dan Nashrani, mereka telah menjadikan kuburan-kuburan para Nabi mereka sebagai masjid-masjid".

Dan diriwayatkan Muslim di dalam shahihnya dari Jundub rodhiallohu 'anhu dari Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda:

« ألآ وإن من كان قبلكم كانوا يتخذون القبور مساجد ألا فلا تتخذوا القبور مساجد فإني أنهاكم عن ذلك»

"Ketahuilah dan sesungguhnya orang-orang sebelum kalian mereka menjadikan kuburan-kuburan sebagai masjid-masjid maka ketahuilah maka jangan kalian menjadikan kuburan-kuburan sebagai masjid-masjid maka sungguh aku melarang kalian dari yang demikian".

Dan di dalam kitab shohih dari 'Aisyah bahwa Ummu Salamah dan Ummu Habibah keduanya pernah memberitahu Rosululloh shollallohu 'alaihi wa sallam dengan beberapa gambar yang mereka lihat di dalam sebuah gereja di negeri Habasyah (Ethiopia) maka Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda:

« أولئك شرار الخلق عند الله، إذا مات فيهم الرجال الصالح أو العبد الصالح بنوا على قبره مسجدا وصوروا فيه تلك الصور»

"Mereka-mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk di sisi Alloh, apabila mati di tengah-tengah mereka orang sholeh atau seorang hamba yang sholeh mereka pun membangun di atas kuburnya sebuah masjid dan mereka menggambar di dalam masjid gambar-gambar tersebut."

Di dalam sunan Abu Daud bahwa Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda:

« اللهم لا تجعل قبري وثنا يعبد».

"Ya Alloh, jangan Engkau jadikan kuburku sebagai berhala yang diibadahi".

MAKA MASJID YANG TERDAPAT DI DALAMNYA KUBURAN TIDAK SAH SHOLAT PADANYA, tinggal (masalah): apakah masjidnya dibongkar atau bagaimana? Atau kuburan dikeluarkan (dari daerah masjid, pent)? Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata: APABILA MASJID LEBIH DULU (ADA) MAKA KUBURAN DIKELUARKAN DARI MASJID NAMUN JIKA KUBURAN LEBIH DULU MAKA MASJID DIBONGKAR.

Adapun saudara kita penanya mengatakan: bahwa masjid tidak ada di dalamnya kuburan, akan akan tetapi kuburan mengelilingi masjid dari segala penjuru, yang tampak APABILA KUBURAN TERSEBUT BERADA DI LUAR DARI DINDING MASJID MAKA SESUNGGUHNYA SHOLATNYA SAH apabila berada di luar dinding masjid. Tinggal (masalah) bahwa mereka memberi tahu aku bahwa orang yang lewat melintas di atas kuburan maka ini masalah yang wajib untuk dijauhi dari kuburan dan tidak ada jalan keluar kecuali harus menjauh dari kuburan, kenapa? Karena Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda:

« لأن يجلس أحدكم على جمرة فتحرق ثيابه حتى تخلص إلى جسده أهون من أن يجلس على قبر»

"Sungguh salah seorang dari kalian duduk di atas bara api kemudian membakar kainnya hingga tembus ke tubuhnya itu lebih ringan dari duduk di atas kuburan".

Dan Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda:

« لأن يطأ أحدكم على جمرة فتخلص إلى قدمه أهون من أن يطأ على قبر»

"Sungguh salah satu dari kalian berjalan di atas bara api kemudian tembus ke kakinya itu lebih ringan dari menginjak kubur".

Dan Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam pernah melihat seorang pria berjalan dengan kedua sandalnya di antara pekuburan maka beliau menegur:

« ياصاحب السبتيتين اخلعهما فقد آذيت»

"Wahai pemilik kedua utas tali sandal, lepaskanlah keduanya karena Anda sungguh telah menyakiti".

Yakni bahwa orang-orang yang telah mati tersakiti oleh sebab orang yang berjalan di atas kuburan mereka dengan sandal-sandal orang tersebut, dan tidak ada jalan di sana untuk Anda katakan: aku akan memindahkan kuburan dan aku akan menguburnya di tempat lain dan aku akan buatkan jalan untuk diriku, tidak, ini bukanlah solusi, kenapa? Karena Abu Daud telah meriwayatkan di dalam sunan nya dan imam Ahmad di dalam Musnad nya dari 'Aisyah rodhiallohu 'anha bahwa Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam bersabda:

« كسر عظم الميت ككسره حياً»

"Mematahkan tulang-tulang mayit seperti mematahkannya di kala hidup".

Maka jika Anda menemukan sebuah jalan masuk dari pemakaman tersebut menuju masjid dengan tanpa menginjak-injak kuburan maka tidak mengapa yang demikian, namun jika tidak maka kalian bangun masjid lain wallohul musta'an. Dan masjid ini dibiarkan tidak berfungsi karena berjalan di atas kuburan tergolong haram, wallohul musta'an.

Ijabatus Saail hal. 199 - 201.

__✏ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu Abduh.
------------------------

س ١٠٩: مسجد محيط به القبور من كل جانب فهل تصح الصلاة فيه؟

ج ١٠٩: ينبغي أن يعلم أن للقبر في المسجد -أو القبور في المسجد - وإن لم يكن مما تضمنه السؤال - سنة من سنن اليهود روى البخاري ومسلم في صحيحيهما عن عائشة رضي الله عنها قالت: قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم -:« لعنة الله على اليهود والنصارى، اتخذوا قبور أنبيائهم مساجد».

وروى مسلم في صحيحه عن جندب رضي الله تعالى عنه عن النبي -صلى الله عليه وسلم - أنه قال:« ألآ وإن من كان قبلكم كانوا يتخذون القبور مساجد ألا فلا تتخذوا القبور مساجد فإني أنهاكم عن ذلك» وفي الصحيح عن عائشة أن أم سلمة وأم حبيبة أخبرتا رسول الله -صلى الله عليه وعلى آله وسلم - بصور رأينها في كنيسة في الحبشة فقال النبي -صلى الله عليه وسلم -:« أولئك شرار الخلق عند الله، إذا مات فيهم الرجال الصالح أو العبد الصالح بنوا على قبره مسجدا وصوروا فيه تلك الصور». وفي سنن أبي داود أن النبي -صلى الله عليه وعلى آله وسلم - قال:« اللهم لا تجعل قبري وثنا يعبد».

فالمسجد الذي فيه قبور لا تصح الصلاة فيه، بقي: أيهدم المسجد أم ماذا؟ أم تخرج القبور؟ شيخ الإسلام ابن تيمية يقول: إن كان المسجد متقدما أخرجت القبور منه وإن كان القبر متقدما هدم المسجد.

أما أخونا السائل فيقول: إن المسجد ليس فيه قبور، لكن القبور محيطة بالمسجد من كل جانب، الذي يظهر إذا كانت خارجة عن جدار المسجد فإن الصلاة صحيحة إذا كانت خارج جدار المسجد. بقي أنهم أخبروني أن المار يمر من على القبور فهذه مشكلة يجب أن يبتعد عنها وليس لها حل إلا أن يبتعد عنها وليس لها حل إلا أن يبتعد عنها، لماذا؟ لأن النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم - يقول:« لأن يجلس أحدكم على جمرة فتحرق ثيابه حتى تخلص إلى جسده أهون من أن يجلس على قبر» ويقول النبي -صلى الله عليه وعلى آله وسلم -:« لأن يطأ أحدكم على جمرة فتخلص إلى قدمه أهون من أن يطأ على قبر» وقد رأى النبي -صلى الله عليه وعلى آله وسلم - رجلا يمشي بنعليه بين المقبرة فقال:« ياصاحب السبتيتين اخلعهما فقد آذيت» يعني أن الأموات يؤذون بسبب المشي عليهم بالنعال، وليس هناك سبيل أن تقول: أنا آخذ القبور وأدفتها في موضع آخر وأجعل لي طريقاً، لا، ليس هذا بحل، لماذا؟ لأنه روى أبو داود في سننه والإمام أحمد في مسنده عن عائشة رضي الله عنها أن النبي -صلى الله عليه وسلم - قال:« كسر عظم الميت ككسره حياً»

فإن وجدت طريقاً تدخل منها إلى المسجد من دون أن تطأ القبور فلا بأس بذلك، وإلا بنيتم مسجداً آخر والله المستعان. وهذا المسجد يعطل لأن المشي على القبور يعتبر محرماً، والله المستعان.

المصدر: إجابة السائل على أهم المسائل ص ١٩٩ - ٢٠١
------------------------
WA Ahlus Sunnah Karawang.
Via WA Ittiba'us Sunnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar