Senin, 10 November 2014

SILSILAH TANYA JAWAB BERSAMA SYAIKH HANI BIN BURAIK TERKAIT FITNAH DZULQORNAIN (1 ~ 4)

SILSILAH TANYA JAWAB BERSAMA SYAIKH HANI BIN BURAIK TERKAIT FITNAH DZULQORNAIN
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
(judul dari kami)

Malam rabu,tanggal 5 muharam 1436 H/29 Oktober 2014 M Di kota Aden, Yaman.

Segala puji hanya milik Allah -'azza wa jalla- shalawat dan salam semoga terus dilimpahkan ke pada Rasulullah,keluarga, para sahabat beliau serta para penolongnya.

Wahai Syaikh, kami memiliki beberapa pertanyaan yang diajukan oleh saudara-saudara kami yang berasal dari Indonesia baikah yang sedang menuntut ilmu di Darul Hadist Al-Fuyus maupun yang sekarang sedang di Negeri Indonesia.
1⃣Soal pertama :
Jarah ataupun tahdzir haruslah mu'tabar (yakni,dianggap/sah sebagai jarah -pen) baik secara lisan maupun tulisan, sementara kami belum mendengar sampai sekarang tahdzir dari Syaikh Rabi' atas Dzulqarnain, baik secara lisan maupun tulisan. Baarakallahu fiikum

Jawab :
(Kaidah) ini berjalan di atas kaidah Abul Hasan (sesat-red) yaitu kaidah TATSABBUT, ini adalah kaidah Abul Hasan, menggugurkan penukilan orang-orang terpercaya (yang didengar) dari para Ulama dan penuntut ilmu.

Agama yang sekarang sampai ke pada kalian,semuanya dalam bentuk apa ? Apakah kalian mendengar (secara langsung) dari Imam Bukhari ? Kalian pasti tidak mendengar darinya.
Shahih Bukhari telah sampai kepada kalian, siapa yang menukilnya ? Apakah kalian melihat tulisan tangan milik Imam Bukhari ? Kalian pasti tidak melihat tulisannya dan tidak pula mendengar darinya, tidak secara lisan maupun tulisan.

Hadits Bukhari telah sampai kepada kalian semua itu dinukil oleh Ulama terpercaya, bukankah demikian ?

Kalau kita perhatikan dengan seksama, kaidah ini (yaitu kaidah TATSABBUT -pen) adalah kaidah yang bertujuan untuk menggugurkan (syari'at) agama islam secara keseluruhan, karena makna dari kaidah ini ialah bahwa kita tidak mengambil (berita) kecuali jika disampaikan secara lisan maupun tulisan. Maka apabila datang kepada kita seorang yang terpercaya menyampaikan (suatu ucapan) dari seorang Ulama, maka kita tidak menerimanya sampai kita mendengar dan menta'kidnya (yakni, memastikan dengan bukti-bukti -pen). Ini adalah kaidah Abul Hasan yaitu kaidah TATSABBUT, dan as-Syaikh Rabi' telah membantah kaidah tersebut. Ini adalah perkataan yang batil, tidak benar !! .

Maka apabila seorang penuntut ilmu atau seorang yang dipercaya dari sisi agama dan tidak pula dituduh menukil (suatu perkataan), demikian juga seorang yang menjaga kehormatan dan agamanya, maka wajib bagi kita untuk menerima berita tersebut. Baarakallahu fiik

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله و على آله و صحبه و من والاه.
أما بعد
فهذه مجموعة أسئلة من إخواننا الإندونيسيين في دار الحديث بالفيوش و في إندونيسيا.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

١). س :
أن التحذير و الجرح لا بد أن يكون معتبرا إما شفويا أو كتابة و لم نسمع إلى الآن تحذير الشيخ ربيع لذي القرنين لا شفويا و لا كتابة . فكيف التوجيه ؟ بارك الله فيكم

ج :
هذا يمشي على قاعدة أبي الحسن يعني قاعدة التثبت،الآن أن البعض ما‎ ‎‏هضم و لا استوعب، لماذا فاصل أهل السنة أبا الحسن ؟
هذه من قواعد أبي الحسن إسقاط نقل الثقات من العلماء و طلاب العلم. الدين الآن الذي وصل إليك، كله بأيش ؟ أنت سمعت البخاري ؟ ما سمعته. وصلك الخبر صحيح البخاري بنقل  من ؟ رأيت خط البخاري ؟ ما ترى خط البخاري و لم تسمع  لا خطا و لا مشافهة، إنما وصل لك حديث صحيح البخاري بنقل الثقات صح ؟
أصلا هذه القاعدة لو تأملنا هي إسقاط الدين كاملا ، لأن معناه أنا لا نأخذ إلا مكتوبا أو مشافهة، فإذا جاءنا ثقة ينقل عن عالم ما نقبل خبره حتى أسمعه حتى أتأكد. هذه قاعدة أبي حسن التثبت. و قد رد عليه الشيخ ربيع، و هذا كلام باطل غير صحيح.
إذا نقل طالب علم أو حتى شخص مأمون في دينه غير متهم و رجل صين دين، فوجب علينا أن نأخذ خبره. بارك الله فيك
WA thullab fyusy & SLN

Unduh Audio di sini: Tanya Jawab 1
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Soal ke dua :
Salah seorang pengagum Dzulqarnain berkata : ''Sesungguhnya kami tidak takut dengan tahdzir Syaikh Rabi', karena Syaikh Rabi' tidak dapat menjamin kami masuk ke dalam surga. Tidak ada dalil yang menunjukan bahwa syarat untuk masuk ke dalam surga mesti mendapat izin dari Syaikh Rabi'.

Jawab :
Wahai saudaraku, ucapan ini -baarakallahu fiik- dahulu pada awalnya seorang berkata,'' Syaikh Rabi' bukan al-Qur'an,Ia bukan wahyu''.

Siapa yang mengatakan bahwa perkataan Syaikh Rabi' adalah wahyu ?
ini adalah kekufuran bila diyakini bahwa perkataan Syaikh Rabi' adalah wahyu dan bahwasanya beliau ma'sum (terpelihara dari kesalahan),dan tidak datang dari beliau suatu kebatilan.

Akan tetapi semua ini hanyalah mukadimah yang sebenarnya tujuannya adalah menolak ucapan para Ulama dan manhaj yang haq dimana Syaikh Rabi' dan para Ulama Sunnah berjalan di atasnya.

Semua ini hanyalah mukadimah, 'Kami tidak takut, aku tidak tahu apa itu, tidak wajib bagiku,dan tidak..dan tidak...semua ini hanyalah mukadimah.

Abul Hasan berkata,'' telah pergi zaman ketakutan'' ketika Syaikh Muqbil meninggal. Demikian pula di negara Urdun, Muhammad Syaqra' berkata semisal dengan apa yang dikatakan oleh Abul Hasan ketika Syaikh al-Albani meninggal.

Sebagaimana cahaya Sunnah keluar dari lentera kenabian dan Ulama salaf, ucapan mereka padanya terdapat sinar dan cahaya sunnah. Maka demikian pula ahlul bid'ah ucapan mereka keluar dari kebodohan-kebodohan ini. Engkau dapati kalbu mereka sama, perkataan mereka berulang-ulang.
Baarakallahu fiik
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

٢). س :
هناك من يقول ؛
أننا لا نخاف من تحذير الشيخ ربيع لأنه لا يضمن لنا الجنة فلا دليل في شرط دخول الجنة لا بد بإذن الشيخ ربيع، وهو من اتباع ذي القرنين.

ج :
الكلام في هذا يا أخي بارك الله فيكم كان يقول في البداية، الشيخ ربيع ليس قرآنا هو ليس بوحي.
من قال لكم أن كلام الشيخ ربيع وحي ؟ هذا تكفير أصلا إذا اعتقدنا أن الشيخ ربيع كلامه وحي و أنه معصوم و أنه لا يأتيه الباطل. لكن هذه كلها مقدمات، يريدون أصلا رد كلام العلماء و رد منهج الحق الذي يسير به الشيخ ربيع و علماء السنة. هذه كلها مقدمات "لا نخاف و لا يلزمني و لا...و لا...ولا...كلها"، و أبي الحسن قال : ''ذهب زمان الخوف '' لما مات الشيخ مقبل، و هناك في الأردن محمد شقراء قال نحو هذا لما مات الشيخ الألباني.
كما أن نور السنة يخرج من مشكاة النبوة و علماء السلف كلامهم عليه بهاء السنة و نور السنة, فأهل البدع كذلك يخرج كلامهم من هذه الأفنات، تجد قلوبهم متشابهة و كلامهم يتكرر.
بارك الله فيك

Unduh Audio di sini: Tanya Jawab 2

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Soal ke tiga :
Wahai Syaikh, sebagaimana dalam ucapan anda ,''bahwasanya manusia terkadang benar dan terkadang salah, ucapannya diterima dan ditolak kecuali Nabi -shallallahu 'alaihi wa sallam-,maka demikian juga ucapan Syaikh rabi' bukanlah wahyu.

Jawab :
Katakan padanya,'' berikan kepada kami satu ucapan yang diucapkan oleh Syaikh Rabi' dan diputuskan untuknya lalu diterima oleh Ahlus Sunnah tanpa dibangun di atas dalil !!''. -Al-hamdulillah- para Ulama sunnah tidaklah mereka berbicara melainkan dengan dalil.

Di antara permasalahan yang paling banyak terjadi perselisihan antara Syaikh Rabi' dan Syaikh Faleh al-Harbi pada permasalahan apa ?! Yaitu bahwa dia mengharuskan manusia untuk menerima jarah (krititikan) tanpa harus melihat pada sisi pendalilan. Ia mengatakan, seorang Ulama tidak perlu ditanya tentang dalil pada jarahnya. Apabila Ulama menjarah seseorang maka wajib atasmu menerima jarah tersebut tanpa harus melihat ke pada dalil.

Maka apakah pantas dikatakan ke pada orang ini (yakni,Syaikh Rabi' -pen) -yang ia berpendapat wajibnya menegakkan hujjah bagi setiap orang yang mengucapkan atau menganggap suatu ucapan- untuk ia mendatangkan hujjah ?! Baarakallahu fiik
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

٣). س :
قول قائل؛
بأن الإنسان يخطئ و يصيب و يؤخذ و يرد إلا النبي صلى الله عليه و سلم، فكلام الشيخ ربيع كذلك ليس بوحي. فكيف التوجيه ؟

ج:
قل له هات لنا قولا أتى به الشيخ ربيع وقضى له قبله أهل السنة بدون الدليل !!! الحمد لله لا يتكلم علماء السنة إلا بأدلة، وكان من أكبر مشاكل الخلاف بين شيخنا ربيع و الشيخ صالح الحربي أيش ؟ أنه كان يريد الزام الناس قبول الجرح بدون النظر إلى الدليل. كان يقول لا يسأل العالم عن الدليل في جرحه. إذا جرح بالشخص يقبل جرحه دون أن تنظر في حجته، و الشيخ ربيع وقف له بالمرفاد. فهل يقال هذا في حق هذا الرجل الذي هو يرى فرضية إقامة الحجة على كل من أتى بقول و زعم قولا أن يأتي بحجة عليه ؟ بارك الله فيك

Unduh Audio di sini: Tanya Jawab 3

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Soal ke empat :
Salah seorang pengikut Dzulqarnain bertobat dan rujuk ke perkataan Ulama Kibar,kemudian salah satu pengikut Dzulqarnain berkata, Ini adalah keluar dari al-haq, karena Dzulqarnain telah rujuk dan bertobat sementara kalian masih terus mentahdzirnya. Baarakallahu fiikum

Jawab :
Wahai saudaraku, demi Allah yang tidak ada sesembahan yang Haq selain-Nya, bahwasanya Ahlus Sunnah adalah makhluk yang paling penyayang ke pada manusia dan sangat berbahagia dengan tobat seseorang.

Dan saya akan sebutkan kisah Syaikh Rabi' -hafizhohullah- semoga Allah memberikan kepuasan pada manusia di masa hidup beliau.
Seseorang datang ke pada beliau dalam keadaan orang itu telah mentahdzir beberapa mudzakirah Syaikh Rabi', di Aden ini, ia berkata,'' mudzakirah Syaikh Rabi' tidak boleh disebar, mudzakirah ini menimbulkan fitnah -terkait fitnah Abul Hasan-''. Maka tatkala ia bertobat dari ucapannya itu iapun datang ke rumah Syaikh Rabi' -pada waktu itu, sebagian ikhwah bersikap keras terhadapnya, yang satu berkata begini, dan yang lainnya berkata demikian, dan yang lainnya lagi berkata begini.
Mereka berkata tinggalkan dia !!

Dan sekarang orang itu telah rujuk -al-hamdulillah-, dia mengulurkan satu tangan kami sambut dengan kedua tangan. Dan Syaikh Rabi' tidak menuntutnya untuk mencabut tahdziran itu, Syaikh Rabi' -hafizhohullah- mencukupkan (sebagai bukti rujuknya) dengan bantahan orang ini atas Abul Hasan. Syaikh berkata,'' sudahlah, bantahan orang ini atas Abul Hasan cukup sebagai bukti atas rujuknya''.

Maka Ahlussunnah bukanlah orang-orang yang suka mempersulit  selamanya, mereka sangat bergembira dengan rujuknya seseorang. Akan tetapi pada saat yang sama, mereka juga bukanlah orang-orang bodoh. Seorang mukmin tidak disengat pada luka yang sama kedua kalinya.

Ia berkata,''aku telah bertobat'' lalu ia mengulanginya, ''aku telah bertobat dan rujuk'', lalu dia mengulanginya sambil tertawa, ia berputar dan berkeliling pada Ahlussunnah. Jika demikian keadaanya, maka taubatnya tidak diterima.

Oleh karena itu dikatakan,''Balasan bagi para pendusta adalah tidak diterima kejujurannya''. Saya berikan sebuah permisalan :
Dahulu ada seseorang berteriak di tepi pantai,''saya tenggelam'' maka orang-orang pun menolongnya, kemudian dia tertawa sambil berkata,'' aku mentertawakan engkau''. Kedua kalinya ia berteriak,''wahai manusia'', orang-orang lalu berkata,''engkau berdusta'' padahal pada saat itu dia benar-benar tenggelam, lalu diapun mati, engapa ? Sebagai balasan atas para pendusta tidak diterima taubatnya.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

٤). س :
احد أتباع ذي القرنين تاب و تراجع إلى قول كبار العلماء، وغيره (من اتاع ذي القرنين) يقول : " هذا خروج عن الحق لأن ذا القرنين قد تراجع و تاب و ما زلتم على تحذيره؟ ". فكيف التوجيه بارك الله فيكم

ج :
يا أخي بارك الله فيك و الله لا إله غيره أن أهل السنة أرحم الخلق بالناس و يفرحون بتوبة الشخص أشد فرحا. وأذكر شيخنا ربيعا -حفظه الله- امتع الله الناس بحياته، جاءه شخص و قد حذر من مذكراته في عدن هنا، قال: "مذكرات الشيخ ربيع لا توزع هي تصير فتنة" في قضية أبي الحسن، فلما رجع عن ذلك و أتى إلى بيت الشيخ ربيع ، و كان بعض الإخوة متشددون، قال شيخ كذا و كذا،و هذا قال كذا ،و هذا قال كذا اتركوه. فالآن رجع، و الحمد لله نمد له بدل اليد يدين، و لم يطلب منه الشيخ أن يتراجع عن تحذيره اكتفى الشيخ حفظه الله بأن رد هذا الرجل على أبي الحسن،قال : " هذا رده على أبي الحسن كاف في رجوعه. فأهل السنة غير متعنتين أبدا يفرحون برجوع، لكن في نفس الوقت هم ليسوا أغبياء " لا يلدغ المؤمن من جرح مرتين" يقول تبت و عدت و تبت ورجعت يضحك ،و يلف و يدور على أهل السنة فهذا لا يقبل. ولهذا قالوا قديما "أن عقوبة الكذابين أن لا يقبل صدقه"، أضرب لكم مثالا ؛
شخض كان في البحر على ساحل يصيح ؛"أنا غرقت "فأدركه الناس، أخذ يضحك وقال أنا أضحك عليكم. ثاني مرة غرق قال" يا ناس غرقت "
فقالوا أنت كذاب و هو بالفعل، فمات، لماذا ؟ عقوبة الكذاب أن لا يقبل.
فهاؤلاء للأسف أظهروا التوبة و الرجوع و مكروا و أظهروا التوبة و الرجوع و مكروا . بارك الله فيك
و نقول إذا صدق بعد ذلك كله و ثبت صدقه فما يسعنا إلا أن نقبله. بارك الله فيك

Unduh Audio di sini: Tanya Jawab 4

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar