Rabu, 26 November 2014

MENGERJAKAN SHOLAT SUNNAH KETIKA MENDENGAR IQOMAH

-------------

MENGERJAKAN SHOLAT SUNNAH KETIKA MENDENGAR IQOMAH

✿ وقد اختلف العلماء في هذه المسألة على أقوال كثيرة أرجحها عندي قول أهل الظاهر وجمهور السلف، وحاصله:

أن المصلي إذا سمع المؤذن يقيم الصلاة فلا يحل له الدخول في شيء من النوافل سواء مؤكدة أو غير مؤكدة، وسواء في المسجد أو في غيره، وإنما يجب عليه أن يتهيأ فور سماعه الإقامة لأداء فريضته وتسوية نفسه في الصف، والإتيان بتكبيرة الإحرام إثر تكبيرة إمامه مباشرة كما أمر.

قلت: اللهم إلا إذا سمع الإقامة وقد شرع في السنة لا سيما المؤكدة منها، وكان قد أوشك من الانتهاء فيتمها خفيفة وليسلم وليدخل مع إمامه؛ عملا بقول الله تعالى: {ولا تبطلوا أعمالكم}. والله أعلم.

[ الأفنان الندية - الجزء الثاني- ص191]

________________
Menurut Asy Syaikh Zaid bin Muhammad Hadiy al-Madkholy :

Dan sungguh para ulama telah berbeda pendapat tentang masalah ini hingga terdapat banyak pendapat.

☝Yang paling rajih (kuat) menurutku adalah pendapat Ahluz Zhahir dan jumhur salaf, dan ringkasnya adalah:

"Bahwa jika seorang yang mengerjkan sholat (sunnah) mendengar muadzin meng-iqomah-i sholat maka tidak boleh baginya untuk masuk ke dalam suatu gerakan dari sholat sunnah, sama saja untuk sunnah yang muakkadah ataupun yang ghoiru-muakkadah, baik di masjid atau di luar masjid.

❗Dan tiada lain yang wajib baginya adalah mempersiapkan diri untuk menunaikan sholat wajib begitu mendengar iqomah, meluruskan dirinya di dalam shof, dan mulai melakukan takbirotul ihrom mengikuti takbirnya imam secara langsung sebagaimana yang diperintahkan."

Maka aku katakan:
Ya Allah... Kecuali jika dia mendengar iqomah (dan sungguh dia telah tenggelam dalam suatu sholat sunnah, terlebih sunnah yang muakkadah) dan dia hampir selesai sholat, maka hendaknya dia menyempurnakannya dengan ringan, segera salam dan masuk ke sholat jama'ah bersama imamnya, dalam rangka mengamalkan firman Allah Ta'ala:

"Dan janganlah kalian membatalkan amalan-amalan kalian".

Wallaahu A'lam.

✏hm | al Afnaan an Nadiyah, juz ke2, hal 191 |
________________________
     مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد

WA Forum Berbagi Faidah. Dikutip dari WIS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar