Sabtu, 28 Juni 2014

Kumpulan Mutiara Salaf (06)


Mutiara Salaf: Bukan Sunnah Mengucapkan: Jumu'ah Mubarok!!

سئل شيخنا العلامة الوالد أبو إبراهيم محمد بن عبد الوهاب الوصابي العبدلي اليمني -حفظه الله تعالى-:
ما حكم قول جمعة مباركة؟
فأجاب فضيلته: ليس من السنة وخير الهدي هدي نبينا محمد -صلى الله عليه وسلم- ما كان الصحابة -رضي الله عنهم- يهنئ بعضهم بعضاً بالجمعة بهذه التهنئة.

Guru kami al-'Allamah al-Walid Abu Ibrohim Muhammad bin Abdil Wahhab al-Wushobi al-'Abdali al-Yamani hafizhohulloh ta'ala: apa hukum ucapan jumu'ah mubarokah?

Beliau menjawab: bukan termasuk sunnah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk nabi kita Muhammad -shollallohu 'alaihi wa sallam- dan tidak pernah para sahabat -rodhiallohu 'anhum- mengucapkan selamat satu sama lainnya di hari jum'at dengan ucapan ini".

[http: //www.olamayemen.com/index.php?article_id=8993]
______
Broadcast by BBM Mutiara Salaf. pin 7A494B39 (khusus lelaki).

Mutiara Salaf: Larangan Berpuasa Dihari Meragukan:

عن عمار بن ياسر رضي الله عنه قال: من صام اليوم الذي يشك فيه‌؛ فقد عصى أبا القاسم صلى الله عليه وسلم. رواه البخاري معلقاً.

Dari Ammar bin Yasir rodhiallohu 'anhu berkata: Barangsiapa berpuasa di hari yang meragukan; maka dia telah bermaksiat kepada Abul Qosim -shollallohu 'alaihi wa sallam-. [HR. Bukhori secara mu'allaq]
_____
Broadcast by BBM Mutiara Salaf. pin 7A494B39 (khusus lelaki).

Mutiara Salaf: Hari Yang Meragukan Adalah Hari ke-30 Sya'ban:

سئل العلامة مقبل بن هادي الوادعي رحمه الله عن اليوم الذي يشك فيه ما نصه: ما هو يوم الشك وما حكم صيامه؟ فأجاب رحمه الله: يوم الشك هو يوم الثلاثين من شعبان وشك الناس أهو من رمضان أم هو من شعبان، وبعض الناس يصومه احتياطا، ومن صام يوم الشك فقد عصى أبا القاسم.[ المصدر: شريط كيف نستقبل رمضان]

Ditanya al-'Allamah Muqbil bin Hadi al-Wadi'iy rohimahulloh ttg hari yg meragukan dgn pertanyaan: Apakah hari yg meragukan itu dan apa hukum puasanya? Beliau menjawab: Hari meragukan ialah hari ke 30 dari bulan Sya'ban dan orang-orang ragu apakah dia termasuk bulan Romadhon atau bulan Sya’ban, dan sebagian orang ada yg berpuasa karena berhati-hati, dan barangsiapa berpuasa pada hari yg meragukan maka dia telah bermaksiat kepada Abul Qosim.
[Sumber: kaset "Bagaimana kita menghadapi Romadhon"]
_____
Broadcast by BBM Mutiara Salaf. pin 7A494B39 (khusus lelaki).

Mutiara Salaf: Hukum Mengucapkan "Romadhon Karim":

الـسـؤال :
ما ﺣُـﻜْـم قـول { رمـضـان كـريـم } ؟

الـجـواب :
ﺣﻜـﻢ ﺫﻟـﻚ ﺃﻥ ﻫـﺬﻩ ﺍﻟﻜﻠﻤـﺔ { ﺭﻣﻀـﺎﻥ ﻛﺮﻳـﻢ } ﻏﻴـﺮ ﺻﺤﻴﺤـﺔ.
ﻭﺇﻧﻤـﺎ ﻳُﻘَـﺎﻝْ : [ رﻣـﻀـﺎﻥ ﻣـﺒـﺎﺭﻙ ] ﻭ ﻣـﺎ ﺃﺷـﺒـﻪ ﺫﻟـﻚ لأﻥ ﺭﻣﻀـﺎﻥ ﻟﻴـﺲ ﻫـﻮ ﺍﻟـﺬﻱ ﻳُﻌْﻄِـﻲ ﺣﺘـﻰ ﻳﻜـﻮﻥ ﻛﺮﻳﻤـﺎً ، ﻭﺇﻧﻤـﺎ ﺍﻟـﻠـﻪ ﺗﻌﺎﻟـﻰ ﻫـﻮ ﺍﻟـﺬﻱ ﻭﺿـﻊ ﻓﻴـﻪ ﺍﻟﻔﻀـﻞ ، ﻭﺟﻌﻠـﻪ ﺷﻬـﺮﺍً ﻓﺎﺿـﻼ ،ً ﻭﻭﻗﺘـﺎً ﻷﺩﺍﺀ ﺭﻛـﻦ ﻣـﻦ ﺃﺭﻛـﺎﻥ ﺍﻹﺳـﻼﻡ.
,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
|[ ﻣﺠﻤـﻮﻉ ﻓﺘـﺎﻭﻯ ﺍﻟﻌﻼﻣـﺔ ﺍﺑـﻦ ﻋﺜﻴﻤﻴـﻦ ~ صـ 93 _ جـزء 20 ~ ]|

Pertanyaan: Apa hukum mengucapkan "romadhon karim"?
Jawaban:
Hukum hal tersebut bahwa kalimat "romadhon karim" tidaklah benar.

Seharusnya dikatakan: "romadhon mubarok" dan semisal itu, karena romadhon bukanlah dia yang memberi hingga disebut "karim/dermawan", akan tetapi Alloh Ta'ala lah yang telah meletakkan padanya keutamaan, sehingga menjadikannya sebagai bulan yang mulia, dan waktu untuk menunaikan satu rukun dari rukun-rukun Islam". [Majmu’ Fatawa al-'Allamah Ibnu 'Utsaimin rohimahulloh hal. 93 juz. 20]
_____
Broadcast by BBM Mutiara Salaf. pin 7A494B39 (khusus lelaki).

Mutiara Salaf:  Silsilah Romadhiniyyah [1]:
Tentang Niat:

قال شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله:
كل من علم أن غداً رمضان وهو يريد صومه فقد نوى، وهذا فعل عامة المسلمين كلهم ينوي الصيام.[ مجموع الفتاوى( ٢٥/١٢٥)]

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rohimahulloh:
"Setiap orang yang tahu bahwa besok Romadhon dan dia ingin berpuasa di hari itu maka dia telah berniat, dan ini adalah perbuatan keumuman kaum muslimin semuanya ketika niat berpuasa". [Majmu’ al-Fatawa (25/125)]
_____
Broadcast by BBM Mutiara Salaf. pin 7A494B39 (khusus lelaki).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar