Sabtu, 28 Juni 2014

NASEHAT BERHARGA JELANG PUASA RAMADHAN

---------

NASEHAT BERHARGA JELANG PUASA RAMADHAN


Asy-Syaikh al-‘Allamah Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata:

"أما صيام رمضان فهو الركن الرابع من أركان الإسلام يجب أن تتقي الله فيه، فإذا جاء رمضان عليك أن تصوم مع الناس كما أمر الله، وتحفظ صومك عن اللغو وعن الغيبة والنميمة وسائر المعاصي ولا تجرح صومك بشيء منها، بل الواجب أن تصون صيامك عن كل المعاصي، لقول النبي صلى الله عليه وسلم: «مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ، وَالْعَمَلَ بِهِ وَالْجَهْلَ، فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِي أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ». أخرجه البخاري في صحيحه."
[مجموع فتاوى ابن باز 24/ 129]

“Adapun puasa Ramadhan, maka ia adalah rukun keempat dari rukun-rukun Islam.
Anda wajib bertaqwa kepada Allah dalam permasalahan puasa ini.
Maka jika datang Ramadhan, wajib bagi Anda berpuasa bersama kaum muslimin sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah dan menjaga puasa Anda dari sesuatu yang sia-sia, ghibah, adu-domba, dan seluruh kemaksiatan yang ada.
Jangan cemari puasa Anda dengan sesuatu darinya. Bahkan, wajib bagi Anda untuk menjaganya dari seluruh kemaksiatan. Hal itu berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:
“Barangsiapa tidak meninggalkan ucapan yang diharamkan oleh Allah, perbuatan yang diharamkan oleh Allah, dan kebodohan maka Allah tidak butuh terhadap upaya meninggalkan makan dan minum yang dilakukannya (puasanya).”
HR. Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya.

Majmu’ Fatawa Ibn Baz 24/129.

 WhatsApp Miratsul Anbiya Indonesia 1

----------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar