Rabu, 20 Agustus 2014

KITAB AQIDAH SHAHIHAH

KITAB AQIDAH SHAHIHAH

Taman Fatwa

Soal:
Apakah kitab yg paling utama yang membahas masalah tauhid dan aqidah yang shahihah?

Syaikh Shalih alFauzan hafizhahullaah menjawab:
"Kitab² yang membahas tentang tauhid dan aqidah yang shahihah sangatlah banyak, walillaahil hamd. Dan ringkasnya, aku sebutkan kepada anda sebagai bentuk contoh saja, seperti:
» kitab "Iqtidho' Shirothil Mustaqim" karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah, ini adalah kitab yang tercetak dan banyak beredar, walhamdulillaah.
» Demikian juga kitab "Ighotsatul Lahafaan min Mashoidis Syaithon" karya alImaam al'Allamah Ibnul Qoyyim, terkhusus pada juz yang ke2.
» Demikian juga "Kitaabut Tauhid" beserta syarh-nya, karya Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhaab. Dan syarh kitab tsb "Fathul Majid" karya Syaikh 'Abdur Rohman bin Hasan, atau "Taisiirul 'Aziizil Hamiid" karya Syaikh Sulaiman bin 'Abdillaah bin Muhammad bin 'Abdil Wahhab.
» Demikian pula "Tsalaatsatul Ushuul" karya Syaikh Muhammad bin 'Abdil Wahhab,
» Demikian pula "Kasyfus Syubhaat" karya Syaikh Muhammad bin 'Abdil Wahhab.
 Dan aku sebutkan juga kepada anda "Tath-hiirul I'tiqod 'an Idronil Ilhaad" karya Syaikh alImaam Muhammad bin Ismail ashShon'any.
» Demikian juga "adDurrun Nadhiid fiilkî Ikhlaashit Tauhid" karya Syaikh alImaam Muhammad bin Ali asySyaukani.
» Aku sebutkan juga sebuah kitab yang lengkap untuk bab² pembahasan aqidah, yaitu "Aqidah alImaam athThohawiyah" dan syarh-nya karya Ibnu Abil 'Izz alHanafy. Maka kitab "alAqidah athThohawiyah" dan syarh-nya adl kitab yang paling luas dalam masalah aqidah, yang paling lengkap dan paling bagus."

Hm

W.I.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar