Rabu, 27 Agustus 2014

JANGAN SEMBERONO

JANGAN SEMBERONO

Yفائدة
                       ____________

قال رسول الله ﷺ «لا يُشِرْ أحَدُكُمْ إلى أخيهِ بالسِّلاحِ، فإنَّهُ لا يَدْري لعلَّ الشَّيْطانَ يَنْزِعُ في يَدِهِ، فَيَقعَ في حُفْرَةٍ مِن النّار» متفق عليه

قال الشيخ ابن عثيمين
رحمه الله:
وكذلك أيضا ما يفعله بعض السفهاء، يأتي بالسيارة مسرعا نحو شخص واقف أو جالس أو مضطجع، يلعب عليه، ثم يحركها بسرعة إذا قرب منه؛ حتى لا يصدمه، هذا أيضا يُنهى عنه، كالإشارة بالحديدة؛ لأنه لا يدري لعل الشيطان ينزع في يده، فلا يتحكم في السيارة، وحينئذ يقع في حفرة من النار.

[شرح رياض الصالحين]

Rosulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Janganlah salah seorang kalian mengarahkan senjata kepada saudaranya, karena dia tidak tahu, dikhawatirkan syaithan menarik tangannya, lalu dia terjatuh ke dalam lubang neraka"
(Muttafaq 'alaih).

Berkata asySyaikh alUtsaimin:

"Demikian juga apa yg dilakukan oleh sebagian orang² yang sembrono. Dia datang dengan kendaraan yang cepat mengarahkannya kepada orang yang sedang berdiri, duduk atau berbaring santai, dia ingin mempermainkan orang tersebut. Ketika kendaraan hampir mendekati org tersebut, dia segera membelokkannya agar tidak terjadi tabrakan.

Tindakan sembrono seperti ini juga dilarang, persis seperti orang yang mengarahkan senjatanya (kepada saudaranya), karena dia tidak tahu, dikhawatirkan syaithan menarik tangannya, lalu dia tidak bisa mengendalikan kendaraannya, sehingga terjerumuslah dia ke dalam lubang neraka."

Wallaahu A'lam.

Syarh Riyadhus Shalihin

Alih bahasa al akh abu ishaq  hidayat

WA SALAFY LINTAS NEGARA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar