Rabu, 27 Agustus 2014

WUKUF DI ARAFAH (02)

WUKUF DI ARAFAH

Bagian Kedua

Bismillah

Alhamdulillah , di hari Arafah 9 Dzulhijjah , hari yang cuma terjadi sekali dalam setahun, oleh karena itu para jama’ah haji agar menjaga waktunya untuk memperbanyak berdoa dan berdzikir kepada Allah ta’ala , di antara keutamaan Hari Arafah adalah :

1. Wukuf di Arafah termasuk di antara rukun-rukun haji :

Rasulullah Shalallahu a'laihi wa salam bersabda :

الحج عرفة

Haji adalah wukuf di arafah

2. Hari Arafah Allah membangga-banggakan hambanya yg wukuf di Arafah di hadapan malaikat dan merupakan hari dimana hamba-Nya banyak dikeluarkan dari neraka :

Dari Aisyah radhiallahu anha bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

ما مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يَعْتِقَ اللهُ فِيْهِ عَبْداً مِنَ النّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُباهِى بِهِمُ الْمَلائِكَة
َ
“Tidak ada satu haripun yang Allah lebih banyak membebaskan hamba dari neraka kecuali hari Arafah. Di hari itu Dia mendekat kemudian membanggakan mereka (yang wukuf) di hadapan para malaikat.” (HR. Muslim no. 1348)

3. Bagi yang berpuasa di hari Arafah diampuni dosa-dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang (bagi yg tdk menunaikan ibadah haji) :

Dari Abu Qatadah Al-Anshari -radhiallahu anhu- dia berkata:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ , فَقَالَ: يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَة
َ
“Dan beliau -alaihish shalatu wassalam- ditanya tentang puasa pada hari Arafah, maka beliau menjawab, “Dia menghapuskan (dosa) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR. Muslim no. 1162)

4. Sebaik baik doa ialah doa pada hari Arafah:

Dari Amr bin Syuaib dari ayahnya dari kakeknya (Abdullah bin Amr bin Al-Ash) radhiallahu anhu bahwa Nabi -shallallahu alaihi wasallam- bersabda,

خَيْرُ الدُّعاءِ دعاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ. وَخَيْرُ ما قُلْتُ أَنا وَالنَّبِيُّوْنَ مِنْ قَبْلِي: لا إله إلا الله وَحْدَهُ لا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر
ٌ
“Doa terbaik adalah doa di hari Arafah. Dan ucapan terbaik yang saya dan para Nabi sebelumku pernah ucapkan adalah,
“LAA ILAHA ILLALLAHU WAHDAHU LAA SYARIKA LAHU, LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU WA HUWA ‘ALA KULLI SYAY`IN QADIR
(Tidak ada sembahan yang hak selain Allah semata tidak ada sekutu bagi-Nya, hanya milik-Nya semua kekuasaan, hanya milik-Nya semua pujian, dan Dia Maha Mampu atas segala sesuatu).”
(HR. At-Tirmizi no. 3585 dan dinyatakan hasan oleh Al-Albani dalam Shahih At-Tirmizi: 3/184)

5. Oleh karena itu manfaat kan waktu kalian ketika wukuf di Arafah dan.jangan gunakan kepada hal-hal yg sia-sia dan membuang waktu, seperti:
Pergi ke jabal Rahmah dan naik ke atasnya, bahkan lebih dari itu pergi berbuat syirik dengan mengambil batunya dan debunya, bahkan menulis nama keluarganya di batu, menyimpan foto dan teriak memanggil nama sanak keluarganya supaya bisa juga berangkat haji, ini semua bentuk kelalaian dan kebodohan di kalangan jama’ah haji di seluruh belahan dunia .

Semoga Allah menjauhkan kita dari kebodohan agama

Bersambung

WA DURUS HAJI DAN UMROH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar