Minggu, 07 September 2014

MENGAPA MEREKA MENYELISIHI KIBAR ULAMA? DAN APA AKIBATNYA?

MENGAPA MEREKA MENYELISIHI KIBAR ULAMA? DAN APA AKIBATNYA?

ITULAH HAWA NAFSU,IKUT TABIAT, DAN SIKAP GHULU

Lalu beliau al-Imam al-Barbahari rahimahullah ta'ala berkata: "Perhatikanlah -semoga Allah merahmatimu-, setiap orang yang engkau dengar ucapannya terlebih khusus dari kalangan ulama zaman kita, janganlah engkau tergesa-gesa, jangan memasukkan suatu perkara ke dalamnya hingga bertanya dan memperhatikan apakah shahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa'ala alihi wasallam membicarakan perkara tersebut atau mereka ambil dari ulama..? Jika engkau mendapatkan atsar yang bersumber dari mereka yang membicarakan perkara tersebut, pegangi dan jangan melampauinya karena suatu tujuan tertentu, bukan karena hawa nafsu, bukan karena kecenderungan tabiat manusia, dan jangan pula engkau ghulu terhadap seseorang (sehingga engkau memberlakukan hukum tersebut terhadap seseorang dan menafikannya terhadap orang lain). Perkara-perkara ini mengacaukan dan menghalangi pemilik tabiat ini untuk mengikuti ulama.

Berarti, jika seseorang membersihkan dirinya dari hawa nafsu, kecenderungan tabiat (hawa nafsu), dan sikap ghulu (berlebihan) terhadap seseorang, hendaklah dia bergembira karena dia meraih kebaikan sekaligus menikmati keselamatan dan keberuntungan. Sesungguhnya siapa saja yang dikuasai oleh hawa nafsu dan sikap ghulu terhadap seseorang, dia tidak akan mendengarkan kebaikan karena tidak ada yang ia inginkan melainkan mengikuti ucapan syaikhnya. Dia tidak ingin berbenturan dengan hawa nafsu, kecenderungan tabiat, dan tabiat yang rusak. Siapa saja yang membersihkan dirinya dari perkara (kotor) ini serta menjauhinya, berpegang teguh dengan manhaj salaf…

MANA USHUL TSALATSAHNYA....?

Berapa kali kita mendengar sebagian manusia berkata: "Kitab dan Sunnah di atas pemahaman salaf… Kita harus mengikuti kibar (ulama)... Kita harus mengikuti ulama..." Lalu muncul beberapa kejadian dan fitnah baru, ternyata dia menjauhi dan meninggalkan ucapan ulama. Padahal dia mengucapkan tidak hanya sekali, "Kalian harus mengikuti kibar ulama… Kalian harus mengikuti kibar ulama".. lalu dia menjauhi perkataan ulama.

Terus di mana "Ushul Tsalatsah" ini..? (Tiga Landasan Utama tersebut). Kitab sebagai landasan pertama, Sunnah sebagai landasan kedua, dan pemahaman salaf umat dan kibar ulama sebagai landasan ketiga. Wajib bagi kita untuk membersihkan diri kita dari hawa nafsu sehingga kita selamat dari berbagai kejelekan, fitnah, ujian, perpecahan, dan lain sebagainya. Kitab dan Sunnah sesuai dengan pemahaman salaf umat dan kibar ulama.

SEBABNYA ADALAH HAWA NAFSU DAN SIKAP GEGABAH

"Kemarin mereka adalah kibar ulama, urusan dirujuk kepada mereka... Hari ini bukan lagi kibar ulama, urusan tidak dirujuk kepada mereka..." Apa sebabnya…? Sebabnya adalah hawa nafsu dan sikap gegabah. Ketika muncul hawa nafsu dan gegabah, dia akan menjauh dari ucapannya yang lalu, yang telah ia tetapkan dan ajarkan kepada manusia. Jadi kita harus berhati-hati dari perkara-perkara ini yang akan menjauhkanmu dari perkataan kibar ahli ilmu dan salaf umat ini. Jadikan ketiga landasan utama ini sebagai perkara yang lazim (wajib) dan senantiasa mengiringi segala ucapan, perbuatan, dan keadaanmu.

AKIBAT MENYELISIHI (MENINGGALKAN) UCAPAN ULAMA

Al-Imam al-Barbahari berkata: "Janganlah engkau melampuai ucapan ulama karena suatu perkara. Jangan memilih yang lain sementara engkau tinggalkan ucapan ulama akibatnya engkau terjatuh ke dalam Neraka."

Makna ucapan beliau, "Engkau terjatuh ke dalam Neraka." Wallahu a'lam hal ini ditinjau dari akibat dan tempat kembalinya di akhirat. Sesungguhnya orang yang meninggalkan ucapan ulama, kibar ahli ilmu, dan ia biarkan hal ini, tidak jarang ini sebagai sebab dia terjatuh ke dalam Neraka. Karena seseorang yang meninggalkan salah satu ucapan dari sekian ucapan mereka pada hari ini karena mengikuti hawa nafsunya lalu ia membiarkannya sehingga ia meninggalkan seluruh ucapan ulama. Jika ia telah meninggalkan ucapan seluruh ulama, dia cenderung untuk mengikuti ucapannya sendiri.

Jika dia bersendirian dalam berucap dan berbuat tidak berjalan bersama seluruh ulama, keadaanya dikhawatirkan sehingga dia terjatuh di Neraka. Sehingga makna ucapan mushannif (al-Imam al-Barbahari) "Dia terjatuh ke dalam Neraka" ditinjau dari tempat akhir dan akibatnya. Atau hal ini menunjukkan bahwa sebagian ragam penyelisihan mengakibatkan hukuman semacam ini.


ثم قال رحمة الله تعالى عليه: فانظر -رحمك الله- كل من سمعت كلامه من أهل زمانك خاصة فلا تعجلن ولا تدخلن في شيء منه حتى تسأل وتنظر هل تكلم به أصحاب رسول الله صلى الله عليه وعلى آله وسلم أو أخذوا من العلماء, فإذا وجدت فيه أثرا عنهم فتمسك به ولا تجاوزه لشيء –لا لهوى ولا لميل إلى طبع ولا تجاوزه في شخص دون آخر, فهذه الأمور تُعرْقِل وكذلك تحول ما بين صاحب هذه الطباع وما بين إتباع العلماء.

إذاً الإنسان إذا جرد نفسه عن هوى والميل إلى هوى والغلو في بعض الأشخاص, فليسعد بالخير ولينعم بالعافية والسعادة. فإنَّ من دخل فيه الهوى والغلو في بعض الأشخاص لم يستمع إلى الخير لأنه لا يريد إلا كلام شيحه. وكذلك لا يريد المعارضة بهوى والمعارضة لطبعه وميله إلى الطبع الفاسد. فمن جرد نفسه عن ذلك وابتعد عن هذه الأشياء وتمسك بمنهج السلف.

كم نسمع من بعض الأشخاص وهو يقول: كتاب وسنة, على فهم السلف الأمة, علينا بالأكابر علينا بالعلماء, ثم تأتي بعض الحواديث وتأتي بعض الفتن فإذا هو يبتعد عن كلام الأكابر, يبتعد عن كلام العلماء الذين قال غير مرة, عليكم بالأكابر ... عليكم بالأكابر... ثم يبتعد. إذاً أين هذه الأصول الثلالة...؟ كتابٌ الأصل الأول, سنةٌ الأصل الثاني, على فهم سلف الأمة وكبار العلماء الأصل الثالث. فعلينا أن نجرد أنفسنا من الهوى, نسلَم من هذه الشرور وهذه الفتن وهذه المحن ومن التفرق إلى غير ذلك. كتاب وسنة على فهم السلف الأمة وأكابر العلماء.

في الأمس كانوا أكابر, يرجع إليهم, واليوم ليسوا بأكابر لا يُرجَع إليهم. إذاً ما هو السبب...؟ السبب هو الهوى والطيش. فلما وُجد الهوى والطيش فإنه ابتعد عن مقولته السابقة التي كان يقررها ويعلِّمها الناس. إذاً نحذر عن هذه الأشياء التي تبعدك عن كلام أكابر أهل العلم وعن كلام سلف هذه الامة. تجعل هذه الأصول الثلاثة لازمةً لك مقترنة بأقوالك وأعمالك وأحوالك.

قال رحمه الله: ولا تجاوزه لشيء ولا تختر عليه شايئا فتسقط في النار.
معنى تسقط في النار محمول –والله أعلم- على العاقبة والمآل, فإن من ترك كلام العلماء وأكابر أهل العلم واسترسل في ذلك لربما سقط في النار. لأنه إذا ترك اليوم قولا من أقوالهم عن هوى يسترسل فيترك جميع أقوالهم, وإذا ترك جميع أقوالهم فإنه سوف يميل إلى قوله. وإذا انفرد الإنسان بقول أو فعل عن سائر العلماء, يُخشَى عليه فيسطق في النار. فمعنى كلام المصنف رحمة الله عليه باعتبار المآل والعقبة. أو أن بعض المخالفات ربما تؤدي إلى هذه العقوبة.

Sumber:
Pelajaran Syarhus Sunnah karya al-Barbahari yang dikupas oleh asy-syaikh Yasin al-Adeni di Darul Hadits Fiyusy pada hari Jum’at malam Sabtu 11 Dzul Qa’dah 1435 H.

 Disalin oleh Abu Bakar Jombang hafizhahullah
Pada 12 Dzul Qa’dah 1435 H di Darul Hadits Fiyusy harasahallah

Baca juga faedah sebelumnya:
HAKIKAT ILMU HANYALAH APA YANG DATANG  DARI KIBAR ULAMA

WhatsApp Salafy Lintas Negara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar