Jumat, 26 September 2014

Kesalahan-Kesalahan Yang Terjadi Kepada Jama’ah Haji dan Umroh (04)

Kesalahan-Kesalahan Yang Terjadi Kepada Jama’ah Haji dan Umroh

Bagian Keempat

Bismillah

Kesalahan ketika di bukit Sofa dan Marwah ketika melakukan Sa'i dan ketika Tahallul , di antaranya :

1. Ketika menuju Sofa jama’ah sekedar lewat dan mengangkat tangan mengisyaratkan ke Kabah. Yang benar jama’ah berdiri menghadap Kabah berdoa mengangkat tangan karena bukit Sofa termasuk tempat yang dikabulkannya doa.

2. Ketika berjalan menuju Marwah sebagian jama’ah wanita ketika sampai di garis hijau melakukan lari-lari kecil sebagaimana yang dilakukan lelaki karena lari-lari kecil di garis hijau khusus untuk laki-laki.

3. Sebagian jama’ah lelaki melakukan Ittibah (menampakkan pundak kanan) ketika Sa'i sebagaimana mereka lakukan ketika Thowaf. Yang sunnah bagi jama'ah laki-laki ke Sa'i tidak melakukan Ittibah.

4. Sebagian jama’ah menyangka berdoa di atas bukit Marwah yang seperti bukit aslinya memiliki keutamaan atau barakoh sehingga mereka pun naik dan berdoa di tempat tersebut atau duduk di tempat tersebut, sehingga jama'ah saling menyakiti karena penuh sesak, yang sunnah Marwah semuanya tempat berdoa sedang naik bukit Sofa dan Marwah sunnah atau bisa berdoa di jalan yang jama’ah lewati tersebut.

5  Sebagian jama’ah ketika selesai Sa'i langsung melakukan Tahallul di Marwah dengan memotong sebagian rambutnya kemudian diikuti oleh jama’ah wanita sehingga auratnya kelihatan karena jilbabnya diangkat di tempat ramai. Tahallul boleh di mana saja tidak mesti di Marwah.

6. Sebagaimana disebutkan memotong rambut bagi lelaki seluruh kepalanya yang ditumbuhi rambut yang dipotong, adapun memotong sebagian rambut maka amalan ini tidak sah dan mengulangi memotong rambutnya seluruh yang ada di kepalanya .

Sumber :
WA DURUS HAJI DAN UMROH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar