Rabu, 24 September 2014

Kesalahan-Kesalahan Yang Terjadi Kepada Jama’ah Haji dan Umroh (03)

Kesalahan-Kesalahan Yang Terjadi Kepada Jama’ah Haji dan Umroh

Bagian Ketiga

Bismillah

Kesalahan kesalahan yang terjadi ketika di Maqom Ibrahim:

Ketika selesai thowaf disunnahkan shalat di Maqom Ibrahim karena shalat di Maqom Ibrahim dikenal sebagai shalat sunnah dua raka’at ba'da thowaf, adapun kesalahan tersebut di antaranya:

1. Ketika selesai thowaf mereka jama’ah mencari tempat yang paling dekat dengan Maqom Ibrahim bahkan ada yang shalat persis depan Maqom Ibrahim sehingga menganggu ibadah jama’ah yang sedang thowaf. Sedangkan shalat sunnah ba'da thowaf dibolehkan di mana saja di dalam Mesjid al Haram.

2. Selesai thowaf sebagian jama’ah tidak menutup kembali pundak kanannya ketika melakukan sholat,  karena perbuatan tersebut terlarang memperlihatkan pundak ketika shalat.

3. Ketika mencari tempat shalat,  jama’ah masuk ke tempat yang ramai dan sesak sehingga menganggu jama’ah lain yang sedang shalat sunnah ba'da thowaf.

4. Jama’ah selesai shalat sunnah 2 raka’at melakukan doa yang panjang sehingga tidak memberi kesempatan kepada jama’ah yang lainnya untuk shalat bahkan dari keterangan ulama, Nabi shalallahu a'laihi wa salam dan sahabat tidak berdoa setelah shalat sunnah ba'da thowaf.

5. Sebagian jama’ah masuk dan bercampur dengan jama’ah perempuan ketika shalat sunnah.

6. Sebagian mereka meninggalkan minum air zam-zam setelah shalat, karena Nabi shalallahu a'laihi wa salam meminum air zam-zam kemudian berdoa menghadap kabah dan menyiram kepalanya dengan air zam-zam.

7. Sebagian jama’ah memaksakan masuk dan berdesakan ketika ingin mencium hajar aswad sehingga menyakiti jama’ah yang lainnya, sedang hajar aswad cukup isyarat dengan tangan kemudian pergi menuju bukit shofaa untuk memulai sai'.

Allahu a'lam,barokallahu fiikum .

Bersambung

Sumber :

WA DURUS HAJI DAN UMROH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar