Senin, 01 September 2014

SETIAP KEBAIKAN ADALAH SEDEKAH

Sudahkah anda bersedekah hari ini?

✔ كل معروف صدقة

عن جابر بن عبدالله ،عن النبي صلى الله عليه وسلم قال :"كل معروف صدقة"

هذه جملة من قول النبي صلى الله عليه وسلم عامة "كل معروف صدقة"، ما عملته من معروف ،سواء فيما يتعلق بذاتك ونفعك ،أو فيما يتعلق بنفعك للناس، فكل معروف تسديه إلى الغير من تعليم العلم ،ومن نصيحة، وأمر بمعروف ونهي عن منكر ،ومن إحسان بالصدقات والإعانات ونحو ذلك ؛ كل ما يطلق عليه معروف فإنه صدقة لصاحبة.

فليست الصدقة مقصورة على المال ،وإنما أبوابها أوسع من ذلك ،فتعليم العلم صدقة ،والكلمة الطيبة صدقة والنصيحة صدقة ،والأمر بالمعروف والنهي عن المنكر صدقة ،وإعانتك لأخيك في قضاء حاجاته الشرعية من الصدقات ،وفي كل إحسان صدقة ،كما قال صلى الله عليه وسلم "إن الله كتب الإحسان على كل شيء"،وهو من الصدقات.

عون الاحد الصمد شرح الأدب المفرد ص٢٤٨ للشيخ العلامة زيد بن محمد هادي المدخلي رحمه الله

SETIAP KEBAIKAN ADALAH SEDEKAH
---------------

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallaahu 'anhu, dari Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda:

"Setiap kebaikan adalah sedekah".

Berkata asySyaikh Zaid bin Muhammad Hady alMadkholy rahimahullah:

"Ini adalah sebuah kalimat dari sabda Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam yang bersifat umum. "Setiap kebaikan adalah sedekah".

Apapun kebaikan yang anda lakukan, sama saja apakah yang terkait dengan fisik dan manfaat untuk diri anda, ataupun yang terkait dengan manfaat yang anda berikan kepada manusia. Maka setiap kebaikan yang anda ulurkan kepada orang lain, baik berupa mengajarkan ilmu, nasehat, menganjurkan kebaikan, mencegah kemungkaran, berbuat baik dengan berbagai bentuk sedekah dan bantuan, dan yang semisal itu, maka setiap sesuatu yang secara umum dianggap kebaikan maka semua itu adalah sedekah.

Jadi, sedekah itu tidak terbatas pada harta saja, pintu-pintu sedekah lebih luas dari yang seperti itu. Mengajarkan ilmu itu sedekah, kata-kata yang baik itu sedekah, nasehat adalah sedekah, menganjurkan kebaikan dan melarang kemungkaran itu juga sedekah, bantuan yang anda berikan kepada saudaramu dalam memenuhi kebutuhannya yang sesuai syariat termasuk sedekah, dan di dalam setiap kebaikan terdapat sedekah. Sebagaimana sabda Rosulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam:
'Sesungguhnya Allah menulis perbuatan baik pada segala sesuatu',
dan perbuatan baik itu termasuk sedekah."

Wallaahu a'lam.

 'Aunu alAhadi asShomadi Syarhu alAdabi alMufrod, hal 248
✏hm
-------
Dikirim oleh: abu muhammad hasan -hafizhahullah- tholib didarul hadits fyus -harosahallah-

WA SALAFY LINTAS NEGARA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar