Kamis, 04 September 2014

MABIT DI MINA

Dars Lanjutannya....

Kemudian kembali ke Mina  sebelum magrib pada hari i'ed 10 dzulhijjah untuk mabit di Mina karena mabit di Mina wajib di antara kewajiban haji dan beristirahat setelah seharian melakukan 4 amalan ibadah haji.

Perlu di ketahui bahwa pada 10 dzulhijjah jamarot yang di lempar cuma satu dgn 7 butir batu sebesar kacang merah.

Kemudian shalat di Mina hukumnya diqoshor tanpa dijama:  dhuhur dua raka’at pada waktunya, ashar dua raka’at pada waktunya,  magrib 3 raka’at pada waktunya,  isya 2 raka’at pada waktunya,  shubuh 2 raka’at pada waktunya, 
begitu pada hari hari tasrik shalat nya diqoshor pada waktunya tanpa dijama'. Ini pendapat asy-Syaikh Bin Baz rahimahullah dan yang kerjakan Nabi shalallahu a'laihi wa salam ketika berada di Mina .

Maka perhatikan gambar di bawah ini


Setelah berada di kemah di Mina pada malam ke 11 Dzulhijjah, manfaatkan waktu untuk istirahat dan menjaga amalan sunnah yang sering kita lakukan ketika di waktu hadir bukan safar seperti shalat malam atau witir serta shalat sunnah rawatib sebelum shubuh ,

~~ Ana lupa sebutkan bahwa talbiyah sudah tidak dibaca lagi setelah melempar jamarot kubro .
Kemudian manfaatkan selama berada di Mina untuk melakukan durur atau ta'lim ba'da shalat lima waktu karena di Mina berkumpul jama’ah haji .

Waktu melempar jamarot pada 11 Dzulhijjah dimulai setelah shalat Dhuhur (setelah matahari tergelincir) sampai masuk waktu shalat Shubuh.

Adapun pada pada hari tersebut jamarot yg di lempar adalah 3 jamarot yaitu :
1. Jamarot sugro
2. Jamarot wustho
3. Jamarot kubro

Jadi batu yang dipersiapkan sebanyak 21 batu kecil

Perlu diketahui bahwa melempar jamarot adalah ibadah berdasarkan hadist Rasulullah Shalallahu a'laihi wa salam:
((Sesungguhnya dijadikan thowaf di Kabah dan sa'i antara Sofa dan Marwah dan melempar jamarot dalam rangka dzikir kepada Allah))
(Riwayat imam Ahmad dan Abu Dawud).

Berdasarkan hadist ini maka hendaklah amalan ini sesuai dengan sunnah Nabi shalallahu a'laihi wa salam karena itu waktunya diatur oleh syariat begitu juga yang dipakai melempar dan cara melempar jamarot. ..

Bersambung

Sumber :

WA DURUS HAJI DAN UMROH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar