Selasa, 01 Juli 2014

MANUSIA DAN PUASA RAMADHAN


MANUSIA DAN PUASA RAMADHAN

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah berkata:
 
"الناس في الصيام:

١- الصوم واجب على كل مسلم، بالغ، عاقل، قادر، مقيم، سالم من الموانع.

٢- الكافر لا يصوم، ولا يجب عليه قضاء الصوم إذا أسلم.

٣- الصغير الذي لم يبلغ لا يجب عليه الصوم، لكن يؤمر به ليعتاده.

٤- المجنون لا يجب عليه الصوم ولا الإطعام عنه وإن كان كبيراً ومثله المعتوه الذي لا تمييز له، والكبير المهذري الذي لا تمييز له.

٥- العاجز عن الصوم لسبب دائم كالكبير والمريض مرضاً لا يرجىء برؤه يطعم عن كل يوم مسكيناً.

٦- المريض مرضاً طارئاً ينتظر برؤه يفطر إن شق عليه الصوم ويقضي بعد برئه.

٧- الحامل والمرضع إذا شق عليهما الصوم من أجل الحمل أو الرضاع أو خافتا على ولديهما تفطران وتقضيان الصوم إذا سهل عليهما وزال الخوف.

٨- الحائض والنفساء لا تصومان حال الحيض والنفاس وتقضيان ما فاتهما.

٩- المضطر للفطر لإنقاذ معصوم من غرق، أو حريق يفطر لينقذه ويقضي.

١٠- المسافر إن شاء صام وإن شاء أفطر وقضى ما أفطره، سواء كان سفره طارئاً كسفر العمرة، أم دائماً كأصحاب سيارات الأجرة (التكاسي والمرسدس) فيفطرون إن شاؤوا ماداموا في غير بلدهم."

مجموع فتاوى ورسائل الشيخ ابن عثيمين 20/95-96 نبذة في الصيام.

“(Klasifikasi) manusia dalam pelaksanaan puasa Ramadhan:

Puasa Ramadhan wajib atas setiap muslim, baligh, berakal, memiliki kemampuan berpuasa, muqim (tidak musafir), dan tidak ada penghalang untuk berpuasa.

Orang kafir tidak berpuasa, dan tidak ada kewajiban mengganti puasa yang dia tinggalkan (di masa kafirnya) setelah masuk ke dalam agama Islam.  

Anak kecil yang belum baligh tidak wajib berpuasa, namun tetap disuruh melaksanakannya agar terlatih dengan puasa.

Orang gila tidak wajib berpuasa dan tidak wajib membayar fidyah meskipun berusia dewasa. Seperti itu pula orang pandir (lemah akal) yang tidak mampu membedakan sesuatu, dan orang tua yang sudah pikun.

Orang yang tak mampu berpuasa karena sebab yang permanen, seperti orang yang telah lanjut usia (manula), dan orang sakit yang kecil harapan untuk sembuh, maka dia berkewajiban membayar fidyah dengan memberikan makanan (bahan makanan pokok mentah atau 1 porsi makanan matang siap saji, pen.) kepada orang miskin, satu orang miskin mewakili satu hari yang dia tidak berpuasa.    

Orang sakit yang bisa diharapkan kesembuhannya namun berat baginya untuk berpuasa, maka boleh tidak berpuasa dan menggantinya di hari lain ketika sudah sembuh.

Wanita hamil dan menyusui jika berat baginya berpuasa karena hamil, menyusui, atau khawatir terhadap kondisi anaknya/janinnya, boleh tidak berpuasa dan mengganti puasa yang ditinggalkannya itu di waktu yang memungkinkan.

Wanita yang mengalami haid dan nifas tidak boleh berpuasa, dan berkewajiban mengganti puasa yang ditinggalkannya.

Orang yang terpaksa berbuka (membatalkan puasa) karena harus menyelamatkan orang lain yang tenggelam atau kebakaran, boleh tidak berpuasa dan berkewajiban mengganti puasa yang ditinggalkannya.

Seorang musafir boleh berpuasa, boleh pula tidak berpuasa dan  berkewajiban mengganti puasa yang ditinggalkannya. Baik safarnya itu bersifat kondisional seperti menjalankan ibadah umrah, ataupun terus menerus seperti sopir kendaraan umum trayek luar kota. Mereka boleh tidak berpuasa selama berada di luar kotanya.”   

Majmu’ Fatawa wa Rasail asy-Syaikh Ibn Utsaimin 20/95-96
*Nubdzah fii ash-Shiyam*.
 
WhatsApp Miratsul Anbiya Indonesia 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar